rens09Avatar border
TS
rens09
[COCupang] Newbie Wajib Tahu: Tips Merawat serta Manfaat Ikan Cupang
Cupang Tak Jemu dipandang



Suka memelihara ikan cupang? Di balik wujud kecil, imut, dan berwarna, ikan cupang memiliki banyak manfaat bagi Agan Sista yang memeliharanya. Bukan hanya bisa dijadikan lahan uang, cupang tak jemu dipandang juga membuat berbagai manfaat lain. Simak informasi berikut, ya.


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus


Selain cantik dan menarik, ikan cupang juga menjadi trend di tengah pandemi. Beberapa artis dalam negeri pun memeliharanya, seperti Ashanty, Gisella, dan Baim Wong. Bahkan, harga yang fantastis tak menjadikan peminat ikan cupang undur diri. Banyak yang membandrol harga tinggi untuk ikan cupang yang berbentuk dan berwarna menarik dan langka.

Nah, apa saja, sih, manfaat ikan cupang? Berikut informasi lengkapnya:

1. Sebagai Hiburan
Spoiler for Foto Dokumentasi Pribadi:

Ikan cupang tak jemu dipandang, membuat sebuah hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Selain mudah dirawat, ikan cupang juga membuat kita lebih fresh memandang keindahan warna dan bentuknya dalam sebuah aquarium kecil. Tak perlu tempat yang besar, karena ikan cupang tidak hidup secara berkoloni.


2. Mencegah DBD
Spoiler for Foto Dokumentasi Pribadi:

Ikan cupang tak jemu dipandang, hewan kecil satu ini juga bermanfaat untuk mencegah demam berdarah atau DBD. Mengapa bisa demikian? Ikan cupang dalam aquarium yang diletakkan di beberapa ruangan akan menarik perhatian nyamuk untuk bertelur. Pada dasarnya, nyamuk suka bertelur di air yang tergenang. Nah, saat nyamuk-nyamuk ini bertelur, otomatis jentiknya akan dimakan oleh ikan cupang dan tidak berhasil terlahir menjadi nyamuk berbahaya DBD.

Quote:


Semakin banyak Agan dan Sista memelihara dalam aquarium kecil yang terpisah, semkin banyak jug kesempatan ikan cupang mencegah DBD. Agan dan Sista juga bisa meletakkan ikan cupang di wadah penampungan air yang terbuka. Masih mikir-mikir mau pelihara? Buruan!


3. Cocok untuk Mempercantik Rumah Minimalis
Spoiler for Foto Dokumentasi Pribadi:

Terkadang, pemilik rumah minimalis bingung menentukan hiasan yang cocok untuk rumahnya yang memiliki ruang terbatas. Selain mudah dirawat, ikan cupang juga memiliki seni tinggi. Aquarium kecil bisa dihias dengan bebatuan warna-warni dan beberapa tambahan tumbuhan plastik seperti foto di atas. Letakkan di meja atau sudut ruangan, bisa juga di dekat rak. Menghemat tempat, tetapi enak dipandang mata. Cocok untuk mempercantik rumah minimalis, bukan?


4. Membuat Rileks, Berbagai Penyakit Sembuh
Spoiler for Foto Dokumentasi Pribadi:

Melihat keindahan ikan cupang -tidak peduli harga terjangkau atau harga sultan- pastinya membuat Agan dan Sista menjadi lebih tenang, nyaman, dan rileks. Hal itu, memicu hormon kebahagiaan yang membuat Agan dan Sista bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti: hypertensi, insomia, bahkan maag. Mengapa demikian? Hati yang gembira adalah obat. Awal yang baik untuk mengurangi stress dan menyembuhkan penyakit yang dipicu oleh stress.

Selain itu, pemeliharaannya cukup mudah. Agan dan Sista tidak akan direpotkan jika memelihara ikan cupang karena kecil dan tidak memakan banyk tempat.



Spoiler for Foto Dokumentasi Pribadi:


Setelah mengetahui empat manfaat di ata, Agan Sista makin yakin memelihara ikan cupang, bukan? Selain informasi di atas, ada beberapa tips merawat ikan cupang yang wajib diketahui para newbiesebagai berikut:

1. Siapkan wadah atau tempat ikan cupang terlebih dahulu. Agan Sista yang masih newbie, bisa memilih aquarium kecil berukuran 20x15x15cm atau bisa menggunakan toples. Agan dan Sista bisa mengaplikasikan dengan bebatuan warna-warni seperti contoh foto milik Ane yang simple, tetapi enak dipandang mata.

2. Perhatikan air untuk ikan cupang. Ikan cupang merupakan ikan air tawar, baiknya Agan dan Sista menggunakan air sumur untuk memelihara ikan cupang. Jika tidak ada, bisa menggunakan air PDAM. Namun, perhatika untuk meletakkan air di ember selama beberapa saat sebelum digunakan mengisi aquarium ikan cupang. Ini bertujuan jika air mengandung sesuatu, terendap dahulu di dasar ember. Agan dan Sista bisa mengambil permukaannya yang jernih.

3. Memberi makanan ikan cupang secukupnya saja. Pemberian makanan ikan cupang yang banyak membuat aquarium cepat kotor. Jadi, walau gemas, Agan dan Sista jangan berlebihan memberi makan, ya?

4. Membersihkan aquarium secara rutin. Minimal seminggu sekali untuk membersihkan aquarium. Selain agar tidak mudah kotor, membersihkan aquarium secara rutin juga menghindarkan adanya jamur yang mengganggu hidupnya ikan cupang.

5. Memperhatikan suhu penempatan aquarium. Hal ini sering kali diabaikan oleh pemilik ikan cupang. Para newbie, sebaiknya meletakkan ikan cupang dalam suhu normal. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin agar menghindarkan pertumbuhan jamur pada sirip ikan cupang maupun jamur di dalam aquarium.


emoticon-Jempolemoticon-Jempol emoticon-Jempol



Cara Mengembangbiakan Ikan Cupang


1. Pilihlah indukan ikan cupang jantan dan betina terlebih dahulu. Ikan cupang jantang bisa mulai dikembangbiakan pada usia 4 sampai 8 bulan, sedangkan ikan cupang betina pada usia 3 sampai 4 bulan.

2. Setelah memilih indukan, Agan Sista bisa menyiapkan tempat pemijahan dengan air yang bersih dan jernih. Sebaiknya, diamkan air pada tempat selama semalam sebelum memindahkan ikan.

3. Siapkan tanaman air untuk tempat berlindung anakan ikan ke dalam tempat pemijahan.

4. Masukkan ikan cupang jantan yang sudah siap kimpoi ke dalam tempat untuk membuat gelembung-gelembung udara yang akan digunakan untuk menyimpan para telur yang sudah dibuahi. Hal ini memakan waktu satu hari.

5. Masukkan induk betina jika gelembung tersebut sudah siap. Letakkan di tempat yang tenang agar tidak terganggu karena ikan cupang cukup sensitif. Pemijahan ikan cupang biasanya terjadi pada rentang waktu pukul 07.00-10.00 dan pukul 16.00-18.00 kurang lebih sekitar itu.

6. Angkat indukan betina dari tempat pemijahan karena betina bisa memakan para telur. Ikan cupang jantan yang akan bertugas menjaga telurnya dan dipindahkan ke dalam gelembung.

7. Setelah tiga hari, telur akan menetas. Mereka tidak perlu diberi makan.

8. Setelah dia minggu telur menetas, ambil ikan cupang jantan dari tempat pemijahan. Pindahkan anak ikan ke tempat yang lebih luas serta beri kutu air atau larva nyamuk sebagai makananannya.

9. Setelah berusia satu setengah bulan, Agan dan Sista bisa memisah ikan cupang tersebut berdasarkan jenis kelaminnya.


Cara membedakan jenis kelamin ikan cupang:


Quote:


Quote:



Nah, sudah menambah wawasan dan minat Agan dan Sista yang ingin memelihara ikan cupang, 'kan?
Jangan lupa untuk berbagi cendol, rate bintang lima, serta berbagi wawasan seputar ikan cupang lainnya.
Terima kasih.
~Salam Belajar Bersama Bisa~


:terimakasih :terimakasih :terimakasih





Sumber referensi di sini
Narasi + foto dokumentasi pribadi
Tips memelihara menurut pengalaman pribadi
Diubah oleh rens09 23-08-2020 07:36
miniadila
rainydwi
tien212700
tien212700 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
3K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Freshwater Fish
Freshwater Fish
icon
1.7KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.