• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jepang Punya Kereta Supercepat, Seribu Kilometer Bisa Kurang Dari Dua Jam!

quae
TS
quae
Jepang Punya Kereta Supercepat, Seribu Kilometer Bisa Kurang Dari Dua Jam!

source image NHK


Selamat Siang Gan/Sist!
FYI :hari Kamis adalah satu-satunya hari dalam kalender
yang diawali oleh huruf 'K'

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang sebuah kereta peluru yang digadang-gadang akan menjadi kereta tercepat di dunia. Bagaimana tidak, Jepang tengah mengembangkan sebuah Shinkansen dengan teknologi Maglev, Shinkansen saja sudah cepat apalagi jika ditambahkan dengan teknologi Maglev pastinya tidak bisa terbayangkan bagaimana tekanan udara yang akan dihadapi oleh moncong kereta peluru tersebut.

Teknologi Maglev (magnetic levitation) sendiri merupakan teknologi yang bertujuan untuk mengurangi gaya gesekan antara roda dengan bantalan rel dengan mempertahankan kecepatan agar tetap maksimal. Percaya atau tidak gaya gesekan dapat mempengaruhi kecepatan maksimum pada sebuah kereta.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa setiap benda yang bergerak pastinya memiliki gaya gesek, pelicin atau pelumas hanya berperan memperkecil nilai gaya gesekannya. Ingat jangan teralihkan dengan gesek-gesek yang lain karena kenikmatannya.

Nah dari masalah tersebut lahirlah suatu terobosan dalam bidang teknologi transportasi, yakni dengan memanfaatkan levitasi magnetik sebagai pendorong kereta. Lebih rincinya penulis kurang tahu karena memang penulis sendiri tidak mempunyai kapasitas dalam masalah ini, sekip saja ya!


prinsip gaya dorong Maglev

FYI sampai hari ini hanya ada beberapa negara yang telah menggunakan teknologi ini, di antaranya adalah Amerika, Jepang, Jerman, Perancis, Tiongkok.

Bikin rel semacam ini mahal bre makanya tidak heran INKA belum ada pikiran untuk merevolusi perkeretaapian di Indonesia. Kita sepertinya terlalu betah dengan peninggalan Belanda sampai-sampai kita enggan untuk menggantinya dengan yang baru.

Bayangkan saja Indonsia mempunyai jaringan kereta peluru semacam ini, pastinya akan mengubah pola hidup masyarakat Indonesia, dari lelet menjadi gercep!

Jakarta - Surabaya berapa kilometer sih? Kurang lebih sekitar 663 Kilometer, dengan kereta yang sekarang butuh lebih dari 15 jam perjalanan dari Jakarta menuju ke Surabaya begitupun sebalik bak langit dan bumi jika dibandingkan dengan kereta Maglev Chuo Shinkansen di atas yang mampu melaju dengan kecepatan 603 kilometer pada tahap uji cobanya. Gak kebayang kan, Jakarta - Surabaya ditempuh dalam waktu satu jam! Amazing, semoga suatu saat ada teknologi semacam ini dalam perkeretaapian Indonesia.

Di bawah ini adalah spoiler mengenai inspirasi penulis!

Spoiler for inspirasi thread:


source image Wikipedia

Bagaimana? Penampakan keretanya sangar bukan? Ada yang tahu kenapa kereta peluru semakin cepat kok moncongnya semakin ceper..

Yep, sederhananya sih untuk meminimalisir tekanan udara pada moncong kereta sehingga tidak ada masalah meskipun melaju dengan kecepatan maksimum.


source image Wikipedia

Nah entah kenapa penulis mempublikasikan IMO bahwa pastinya akan ada saja orang yang melakukan bunuh diri dengan cara menjatuhkan dirinya didepan kereta yang melaju kencang, bunuh diri semacam ini sudah umum di Jepang dan bahkan sampai mengganggu jadwal keberangkatan kereta.

Pastinya kematiannya seperti ini rasa sakitnya cepat menghilang, karena proses kematiannya juga cepet!

Okeh sampai di sini thread kali ini, semoga bermanfaat dan menghibur. Jangan lupa tuliskan kesan dan pesannya di kolom komentar di bawah ya!

Sampai jumpa di thread penulis selanjutnya!


TERIMA KASIH!
buat siapa saja yang telah mengunjungi thread ini.


REFERENSI
Wikipedia | NHK | Wikipedia
Otak Penulis


Thread ini disponsori oleh :
farinamanyrichardus96raliakbarrr
raliakbarrr dan 46 lainnya memberi reputasi
47
10.9K
592
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.