• Beranda
  • ...
  • Martial Arts
  • Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1

lonelylontongAvatar border
TS
lonelylontong
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1


Meskipun dunia bela diri di jaman sekarang, jauh berbeda dengan dunia bela diri dalam cerita silat. Namun dunia olahraga bela diri, tetap saja tidak lepas dari bumbu-bumbu yang tak kalah menarik dengan sebuah cerita silat yang fiktif. Seperti juga dalam cerita silat, seorang atlet bela diri di dunia nyata, bisa juga mendapatkan julukan yang keren, karena performanya di dalam ring.

Salah satunya adalah julukan dan cerita yang dilekatkan pada diri Kazushi Sakuraba. Seorang atlet MMA dari Jepang yang dalam dunia olahraga bela diri MMA berhasil mendapatkan julukannya sendiri, "The Gracie Hunter", atau "Si Pemburu Keluarga Gracie".

Mereka yang mengikuti secara setia perkembangan cabang olahraga tarung MMA, di mana pelaku bela diri dari berbagai aliran, bertanding dengan aturan yang memberi ruang bagi mereka untuk mengembangkan tehnik-tehnik mereka masing-masing, tentu mengenal nama keluarga Gracie dari Brazil, yang memperkenalkan Brazillian Jiujitsu pada dunia bela diri internasional.

Awalnya beberapa orang Gracie bersaudara, menerima warisan Jiu Jitsu dari Mitsuyo Maeda, seorang judoka dari Jepang yang berkelana sampai ke Brazil. Kemudian mereka mengembangkan bela diri ini dan mewariskannya secara turun temurun, menjadi satu aliran bela diri tersendiri yang mereka beri nama Brazillian Jiu jitsu.




Di awal dimulainya kompetisi bela diri MMA di bawah UFC, Brazillian Jiu-Jitsu yang diwakili oleh Royce Gracie, merajai kompetisi tersebut (mulai UFC 1-4). Atlet-atlet bela diri yang belum terbiasa dengan gaya bela diri Brazillian Jiu Jitsu dibuat mati kutu, dan Brazillian Jiu Jitsu pun seakan-akan menjadi aliran bela diri tradisional yang paling efektif untuk digunakan dalam sebuah pertarungan. Bahkan sampai sekarang pun, Brazillian Jiu-Jitsu masih merupakan salah satu "kurikulum" yang tidak boleh dilewatkan seorang atlet bela diri MMA.

Tapi di antara sejarah panjang Brazillian Jiu Jitsu yang cemerlang itu, nama Kazushi Sakuraba menjadi sebuah catatan sejarah yang mungkin ingin dilupakan oleh Keluarga Gracie.



Legenda Keluarga Gracie yang saat itu sepertinya tidak terkalahkan dalam tarung MMA, seperti tidak ada artinya di hadapan Kazushi Sakuraba. Selama rekor bertandingnya, Kazushi Sakuraba bukan hanya mengalahkan satu anggota keluarga Gracie.

Diawali dengan mengalahkan Royler Gracie di PRIDE ke-8, tahun 1999, dalam perjalanannya di dunia MMA Kazushi Sakuraba berhasil mengalahkan hampir setiap anggota keluarga Gracie yang maju menghadapi dia di dalam ring.

Perlu diingat di masa itu, nama Keluarga Gracie seperti menjadi jaminan bahwa mereka adalah petarung yang tidak terkalahkan. Ketika Kazushi Sakuraba berhasil mengalahkan salah satu anggota keluarga Gracie, dengan aliran bela diri bukan Brazillian Jiu Jitsu, saat itu pula dunia penggemar bela diri menjadi gempar.

Keluarga Gracie pun tidak tinggal diam, sang grand master Helio Gracie pun mengirimkan anggota keluarganya yang lain untuk memenangkan kembali nama besar mereka sebagai keluarga bela diri yang tak terkalahkan.

Akan tetapi satu per satu mereka semua kalah di tangan Kazushi Sakuraba.

- Royce Gracie, PRIDE Grandprix 2000 final, Mei 2000
- Renzo Gracie, PRIDE ke-10, Agustus 2000
- Ryan Gracie, PRIDE ke-12, Dec 2000

Kekalahan demi kekalahan ini, akhirnya menguatkan nama Kazushi Sakuraba sebagai "The Gracie Hunter". Kazushi Sakuraba seakan-akan menjadi kartu mati bagi keluarga Gracie. Mereka boleh saja merajai kompetisi MMA, tapi selalu kalah ketika berhadapan dengan Kazushi Sakuraba.

Baru tujuh tahun kemudian, ketika Kazushi Sakuraba sudah dihantui dengan berbagai cedera, akhirnya keluarga Gracie berhasil membalas "dendam" dan Royce Gracie memenangkan pertarungan melawan Kazushi Sakuraba di kompetisi MMA K1-Dynamite USA, Juni 2007.

Sekian sekilas mengenai bagaimana Kazushi Sakuraba mendapatkan julukan "The Gracie Hunter", di part berikutnya TS akan berusaha mengulik lebih banyak sisi-sisi menarik dari Kazushi Sakuraba.

Salam....

Mohon koreksi bila ada kesalahan dan mohon maaf kalau ada bahasa yang hiperbola.

Lanjutannya di : Jurus-Jurus Unik Kazushi Sakuraba "The Gracie Hunter" (part-2)

Sumber referensi :
1. https://bleacherreport.com/articles/...er-of-all-time
2. http://nuranwibisono.net/2016/03/mom...gracie-hunter/
3. http://ufcstats.com/fighter-details/...5b5a75523728f3
4. http://fightland.vice.com/blog/an-od...zushi-sakuraba
Diubah oleh lonelylontong 20-08-2020 04:41
m4ntanqv
Isda555
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
10.7K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Martial Arts
Martial Arts
icon
637Thread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.