• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Bukan Tentang Menang atau Kalah, Suporter Harus Sportif, Kenapa?

sofiayuan
TS
sofiayuan
Bukan Tentang Menang atau Kalah, Suporter Harus Sportif, Kenapa?


Kabar gembira bagi para pecinta sepak bola. Setelah lama tak mendengar keseruan suara para suporter mengharu biru di lapangan hijau saat mendukung tim kesayangannya, dikarenakan pandemi yang masih terus melanda, kini sudah saatnya bangun dari mimpi buruk. Liga sepak bola kembali di suguhkan untuk menemani kebosanan bagi yang masih harus menjalani karantina atau para pecinta bola lainnya. Waah senangnya! Pasti sangat seru sekaligus pengobat rindu.



Assalamualaikum kaskuser di manapun berada. Bagimana kabar hari ini? Masih semangat bukan! Semoga selalu dalam keadaan yang bahagia. Amiin.

Ok kembali ke pembahasan!

Seperti yang ane sebutkan di atas, jika di bilang rindu menonton pertandingan pastilah jawabannya sangat rindu (entah secara langsung di stadion atau nobar bersama keluarga). Bagaimana ketegangan saat tim kesayangan akan mencetak gol, saat salah satu anggota dari tim kebanggaan melakukan pelanggaran dan termasuk saat terdapat suporter yang baku hantam dengan sesama suporter.

Mendukung dan mencintai sesuatu tentu di perbolehkan begitu juga dengan mengidolakan club sepak bola tetapi bukan berarti harus merusuh saat tim yang di dukungnya kalah. Bukankah wajar dalam setiap pertandingan atau perlombaan ada yang menang dan kalah?.




Seperti yang terlansir dalam republika, Nyoman mengatakan bahwa suporter yang baik adalah mereka yang mampu menerima kemenangan namun juga harus siap juga menerima kekalahan.

Mengapa kita harus tetap bersikap sportif ketika tim kesayangan kalah? Adalah untuk tetap bisa menyalurkan energi positif kepada tim yang di dukung.Mereka butuh kita bukan untuk ricuh sesama suporter.

Sebagai suporter yang baik mari tunjukkan bahwa diri kita adalah pendukung yang bersih, tanpa merusuh, tanpa menyakiti suporter lain. Mari tunjukkan bahwa kita adalah suporter sejati yang tidak akan mengotorinya dengan kerusuhan yang bahkan akan melayangkan nyawa seseorang. Dengan begitu tidak akan membuat orang lain memberikan asumsi suporter A seperti ini dan sporter B seperti itu.

Selain itu ricuh hanya akan mencoreng nama baik olahraga sepak bola. Toh juga akan merugikan diri kita sendiri. Perlunya kesadaran bagi tiap suporter agar tidak mengekspresikan kekecewaan dengan kekerasan.

Bagimana menurut Agan/Sista semua? Mari berdiskusi di kolom komentar.

Jangan lupa bahagia, belajar bersama bisa dan terima kasih.

Sumber tulisan : opri dan republika
Sumber gambar : 1, 2


Diubah oleh sofiayuan 11-07-2020 14:32
Isda555lina.whtien212700
tien212700 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.7K
34
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.8KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.