Sok.Art
TS
Sok.Art
Ada Wacana Pendidikan Militer untuk Mahasiswa, Setuju Gak Nih?


Belakangan ini pemerintah lagi mengkaji terkait wacana pendidikan militer untuk mahasiswa. Wacana tersebut disampaikan oleh pihak Kementerian Pertahanan.

Namun jangan salah mengartikan dulu ya, karena pendidikan militer menuju Komponen Cadangan (Komcad) ini bukanlah wajib militer seperti yang diterapkan beberapa negara lain ya.

Tapi meskipun bukan wajib militer, nantinya para mahasiswa bakal mendapatkan pendidikan militer selama enam bulan. Dan, pendidikan militer itu akan masuk ke dalam satuan kredit semester, atau yang akrab disebut SKS.

Apa sih pendidikan militer itu? Jadi pendidikan militer adalah wujud kecintaan milenial terhadap negara. Dan, ini termasuk sebagai bentuk bela negara. Jadi, kalau menurut Wakil Menteri Pertahanan, Wahyu Sakti Trenggono, jika negara dalam keadaan perang, maka mereka yang mendapatkan pendidikan militer akan siap bertempur.



Nah, ente pada setuju gak nih dengan wacana tersebut?

Kalau ane pribadi sih kurang setuju. Karena untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap negara, bisa diwujudkan dengan banyak cara, misalnya melalui diskusi atau membuat inovasi termutakhir untuk kepentingan negara. Jadi gak perlu sampai diberikan pendidikan militer. Ane pikir masih banyaklah cara lain untuk mewujudkan rasa nasionalisme dan bentuk bela negara kita sebagai anak bangsa.

Kalau pendapat ente gimana Gan?
emoticon-Request


* * *
R E F E R E N S I
* * *

Jangan lupa kasih Cendol dan Bintang 5 di thread ini ya Gan.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)



knightyottujellyjellotien212700
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
7.8K
335
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.