• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Memilukan! Ratusan Desa Belum Teraliri Listrik, Inikah Hasil 75 Tahun Kemerdekaan?

deriandroid18Avatar border
TS
deriandroid18
Memilukan! Ratusan Desa Belum Teraliri Listrik, Inikah Hasil 75 Tahun Kemerdekaan?
Ratusan Desa Belum Teraliri Listrik di Indonesia



Kemerdekaan adalah hal yang diidam-idamkan orang, dalam artian merdeka dari segala hal yang membelenggu diri. Hak setiap orang untuk merasakan kemerdekaan dalam hidupnya.

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 berkat perjuangan para pahlawan yang berhasil mengusir penjajah keluar dari tanah air indonesia. Jatuh bangun negara ini didirikan oleh para tokoh-tokoh nasional hingga menjadi negara yang berdaulat dan diakui sebagai negara besar oleh negara-negara lain.

Negara besar dengan populasi penduduk mencapai 360 juta jiwa lebih tentu menjadi tantangan bagi pemimpin negri untuk mengurus dan mengatur kehidupan rakyatnya dengan baik secara adil. 7x kali pergantian pemimpin negara sejak berdirinya republik ini maka total  75 tahun negara ini sudah merdeka, benarkah rakyat merasakan kemerdekaannya? Sebagian ya, sebagian tidak.

Diera yang sudah sangat canggih seperti saat ini, satu hal memilukan bagi negara besar seperti indonesia masih ada wilayah yang belum merasakan canggihnya teknologi, jangankan teknologi canggih listrikpun belum ada.



Menurut PLN wilayah indonesia sudah mencapai 98,89% teraliri listrik, masih tersisa 1,11% lagi yang belum teraliri listrik. 1,11% mungkin angka yang kecil, namun jika dijabarkan lebih luas satu persen tersebut terdiri dari 433 desa yang didiami ratusan ribu orang atau mungkin sampai jutaan. 



Mirisnya lagi desa-desa yang belum merasakan hadirnya listrik adalah desa-desa yang berada di wilayah indonesia bagian timur. Dengan rincian 325 desa di provinsi papua, 102 desa di provinsi papua barat, 5 desa di provinsi nusa tenggara timur, dan 1 desa di provinsi maluku.

Alasannya adalah infrastruktur yang tidak memungkinkan untuk membangun pembangkit listrik disana, Lalu 75 tahun pemerintah indonesia sibuk apa? Perlu berapa tahun untuk seluruh wilayah indonesia mendapat hak listrik yang sama? kurangkah 70 tahun untuk membereskan masalah listrik?

Maaf, tapi ini fakta. Pemerintah sibuk menomor satukan pulau jawa hingga pulau lain ternomor belakangkan. Menjadi masuk akal jika papua menginginkan kemerdekaannya sendiri dengan lepas dari indonesia, toh pemerintah indonesianya yang kurang peduli terhadap rakyat yang disana. 


Semoga kedepan pemerintah mampu untuk membangun indonesia timur menjadi lebih baik agar sila kelima pancasila benar-benar terimplementasikan bukan hanya sebagai dasar negara semata. Diharapkan juga kerasama masyarakat setempat untuk merealisasikan itu semua terutama perihal keamanan, karena dalam proyek pembangunan sering kali mendapat gangguan dari kelompok bersenjata disana  yang menghambat.


Quote:





 
Salam dari penulis tak bertuan yang mengharapkan surga yang dijanjikan

:merdeka:merdeka:merdeka
Referensi: This

xiaoxiao20
Junmai92
raliakbarrr
raliakbarrr dan 23 lainnya memberi reputasi
22
5.2K
242
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.