News
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3e30ce9a972e2c5f4b8ef8/gubernur-bocah-sd-kaltara-bantah-baju-china-di-uang-rp75-ribu
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie menyindir 'pikiran-pikiran kotor' terhadap pemerintah terkait hoaks baju adat China di uang peringatan kemerdekaan ke-75 RI dengan nominal Rp75 ribu. "Di media sosial maupun dipercakapan grup-grup Whatsapp ada banyak tuduhan-tuduhan miring dan pikiran-pikiran kotor menduga pemerintah salah mencetak uang," katan
Lapor Hansip
20-08-2020 15:14

Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu

Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 RibuJakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie menyindir 'pikiran-pikiran kotor' terhadap pemerintah terkait hoaks baju adat China di uang peringatan kemerdekaan ke-75 RI dengan nominal Rp75 ribu.
"Di media sosial maupun dipercakapan grup-grup Whatsapp ada banyak tuduhan-tuduhan miring dan pikiran-pikiran kotor menduga pemerintah salah mencetak uang," katanya, dikutip dari Antara.

Hal itu dikatakannya saat menerima selembar uang pecahan edisi khusus Rp75 ribu yang dikemas dalam bentuk plakat dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal, di ruang rapat Kantor Gubernur di Tanjung Selor, Rabu (19/8).

Dia mengaku kaget karena tudingan itu menjadi viral tak lama setelah peluncuran uang pecahan edisi khusus itu. Irianto mengaku sedih karena banyak komentar yang tak positif. Padahal, kata dia, niat peluncuran uang ini baik.

"Kemudian ini yang harus disadari oleh kita semua. Tidak mungkin Menteri Keuangan, BI (Bank Indonesia), menaruh begitu saja salah satu baju adat di Kaltara kalau tidak ada lirikan pemerintah [pusat] terhadap provinsi kita ini," ujarnya.

"Jadi jangan dipelintirkan [bahwa] kok ada yang memirip-miripkan bahwa itu busana adat China," lanjut Irianto.

Diketahui, BI meluncurkan uang nominal Rp75 ribu dalam rangka HUT ke-75 RI. Uang tersebut menampilkan foto tokoh proklamator Bung Karno dan Bung Hatta, foto pengibaran bendera Merah Putih, dan hingga pencapaian pembangunan infrastruktur.

Pada sisi lainnnya, uang itu memiliki gambar sembilan anak berbusana pakaian adat nusantara. Mereka mewakili wilayah Barat, Tengah dan Timur Indonesia (Aceh, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Maluku, dan Papua).

Salah satunya, busana adat Tidung yang merepresentasikan Kaltara yang ada di bagian tengah.

"Bagi kita warga Kalimantan Utara tanpa terkecuali, ini suatu kebanggaan, karena pada uang tersebut juga ada foto seorang anak memakai salah satu busana pengantin adat lokal di sini, yaitu busana Tidung," kata Irianto.

Anak yang menggunakan baju adat Tidung pada foto tersebut diketahui bernama Muhammad Izzam Athaya. Ia merupakan siswa kelas 4 SDN 041 Tarakan.

Saat diwawancara CNN Indonesia TV, Izzam mengaku senang ambil bagian dalam sesi pemotretan untuk uang edisi khusus itu. "Senang," ucap anak yang bercita-cita jadi Presiden itu.

Tahu itu pakaian adat mana? "Tidung," jawab Izzam.

Budayawan Kaltara, Datuk Norbek, menyebut pakaian adat Tidung ini biasanya dipakai oleh pengantin laki-laki.

Khusus topi atau mahkotanya, yang dituding mirip topi China, kata dia, itu merupakan bentuk tiruan dari pucuk buah nanas yang disebut sebagai "jamong punsuk melaka". Selain itu, topi ini juga dihiasi motif flora dan fauna.

Sebelumnya, viral unggahan dan sebaran pesan yang menyebutkan bahwa baju adat di uang Rp75 ribu merupakan pakaian China.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim menegaskan itu pakaian adat suku Tidung dari Kalimantan Utara.

"Bukan dari Tiongkok, asli Indonesia. Justru dengan ini kami menampilkan sembilan baju daerah itu sekarang kita cari tahu kekayaan dan keragaman Indonesia," ucapnya lewat video conference, Selasa (18/8).

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...uang-rp75-ribu

Bagi kadrun ....hoax dan fitnah merupakan bagian ibadah dan amal ibadah dari hoax dan fitnah ini kelak akan menjadi permadani yang indah dan empuk di surga nantiemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 19:29
itu karena manusia bertipikal "katak dalam tempurung".

emoticon-Wakaka emoticon-Jempol
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 19:57
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
Kalo model pake daster arab gak bakal ada yg komen negatif, karena mengkomentari budaya majikan adalah haram buat kadrun..
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 19:58
Anak yang menggunakan baju adat Tidung pada foto tersebut diketahui bernama Muhammad Izzam Athaya. Ia merupakan siswa kelas 4 SDN 041 Tarakan.

Namanya udah jelas. Ini sih epic fail
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan farhan.faf memberi reputasi
2 0
2
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 20:32
pecundang minoritas ya bisanya fitnah. selamanya akan selalu begitu
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 20:35
hoax dan fitnah adalah :
-bencana bagi alam semesta.
-perbuatan seonggok daging penuh kebencian dan kebusukan.
-dilakukan oleh yang mengumbar dengki dan iri
-menyuburkan niat jahat si pelaku.
-melihat orang senang ia ingin segera mati saja saking bencinya.
-dapat disalahgunakan untuk menyulut perpecahan suatu bangsa
-dapat diajarkan
-yang terpengaruh umumnya kaum tidak terpelajar
-orang telah sekolah tinggi juga bisa terpengaruh, sekolah tinggi belum tentu pola pikirnya terpelajar tergantung lingkungan dan masyarakatnya
-dimulai dari tidak punya malu utk berbuat jahat
-dimulai dari tidak takut akan akibat kejahatannya.
-dapat memicu perpecahan adu domba, adu onta dan adu sapi
-dapat menimbulkan adu biyung
-pintu menuju neraka jahannam
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 20:41
iya klo ga salah itu bocah sd di tarakan yg pake foto adat suku tidung, ada baiknya netizen croscheck lbh dalam sblm coment. biar ga asbun
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 20:45
Lah liat aja hari lebaran... Malah pake baju adat tiongkok (baju koko) sama main petasan (budaya tionghoa) trus minta angpao.

emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 20:50
Padahal mereka tidak sadar pakaian ala arab yang mereka pakai dulu juga dipakai orang kafir qurays jadi jangan jadikan pakaian sebagai simbol agama, pertanyaanya sejak kapan pakaian punya agama ?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
20-08-2020 22:04
Sumpah siPenyebar Fitnah itu.. Guoblog level DEWA, Kasihan Orang Tuanya... cape cape ngelahirin, cape cape besarin , malah jadi manusia dengan pola pikir sampah.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 00:02
Yg nyinyirin kan gak pernah sekolah
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 01:17
astagfirullah, bocil ngecosplay tomsamcong, gurunya sun gokong. Sangat tdak nasionalis dan pro aseng
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 04:36
knp harus china sih... harusnya muka2 sobat gurun bergenggot dan dahinya punya titik mirip alien emoticon-Jempol
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 06:48
Terlalu mudah mengambil keputusan disaat keilmuan kurang ini mmeang memalukan gans. Kalau sudah pada klarifikasi begini orang yang pertama sok tanya pasti dijamin langsung malu
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 07:59
Sblum dictak,smua sdah dicek dlu sma pmrntah.g bklan slah.ada2 aja yg bkin isunya.itu pkaian khas daerah kalimantan,bner2 pkaian adat.
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 08:45
Apa-apa china, apa-apa china. Tapi peralatan elektronik make buatan china...
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 09:08
GOBLOK BANGET SAMPE GAK TAU BAJU ADAT TIDUNG
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 14:17
wah padahal namany muhammad
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 17:10
bagi kadrun bin togel
hoax dan fitnah adalah amalan menuju surga
0 0
0
Gubernur-Bocah SD Kaltara Bantah Baju China di Uang Rp75 Ribu
21-08-2020 21:35
Kadal lagi kadal lagi
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia