cintadineAvatar border
TS
cintadine
10 Manga Terlaris Sepanjang Masa, Nomor 4 Disukai Sejuta Umat di Indonesia
Industri manga di Jepang memang menjadi salah satu penggerak ekonomi di negara tersebut. Manga sendiri adalah sebutan komik di Jepang yang sudah ada sejak abad ke 19 dan perkembangannya menjadi sebuah industri yang mendunia dan kemudian kemunculan anime membuat kedua hal tersebut menjadi budaya populer di seluruh dunia. Berkat kedua budaya populer itu Jepang dikenal sebagai negaranya anime.

Lebih lanjut tentang manga, di Jepang sebuah karya profesional biasanya diterbitkan di majalah manga terbitan penerbit terkemuka seperti Kodansha atau Shueisha. Kemudian ada juga yang dijual dalam bentuk kumpulan chapter yang disebut dengan tankobon (volume). Nah, tankobon inilah yang biasanya dijual keluar negara Jepang. Dengan adanya tankobon atau volume manga ini bisa dilihat seberapa larisnya sebuah judul manga. Nah, dalam thread ini berisi informasi tentang 10 manga Jepang terlaris sepanjang masa. Langsung saja ini dia pembahasan singkatnya.

10. Bleach (120 juta copy)
Seri manga Bleach karangan Tite Kubo ini pertama kali terbit pada 2001 dan diterbitkan oleh Shueisha dalam majalah Shonen Jump. Manga yang bercerita tentang dewa Shinigami ini berjumlah 74 volume yang terbit dalam rentang waktu lima belas tahun tepatnya hingga 2016. Terjual 120 juta copy dan bahkan telah dibuatkan versi film live action.

9. Slam Dunk (126 juta copy)
Manga yang fenomenal di Jepang dan animenya sendiri telah membuat anak-anak sekolah di Jepang menjadi tergila-gila pada olahraga bola basket. Slam Dunk adalah manga karya Takehiko Inoue, diterbitkan pertama kali pada 1990 oleh Shueisha hingga tamat pada 1996. Berjumlah 31 volume, manga Slam Dunk terjual 126 juta copy.

8. Oishinbo (130 juta copy)
Mungkin tidak banyak pecinta manga di Indonesia yang tahu judul manga ini. Oishinbo adalah seri manga long running karya Tetsu Kariya dan Akira Hanasaki. Merupakan manga seinen bergenre kuliner yang isinya bercerita tentang menjelajahi berbagai masakan lezat. Terbit pertama kali pada 1983 dan berhenti pada 2014 dengan status hiatus. Berjumlah 111 volume, Oishinbo terjual sebanyak 130 juta copy

7. KochiKame (157 juta copy)
Merupakan manga yang jalan ceritanya menceritakan kehidupan sehari-hari seorang polisi yang bertugas di pos kepolisian di pinggiran Kota Tokyo. Terbit pertama kali pada 1976 dan baru berhenti pada 2016 yang artinya serialisasi berhalan selama empat puluh tahun dan menjadikan sang mangaka, Osamu Akimoto menjadi mangaka dengan masa berkarya terpanjang di Jepang. Manga ini terjual sebanyak 157 juta copy.

6. Black Jack (176 juta copy)
Black Jack adalah manga shonen klasik yang terbit pada 1973 hingga 1983 dan merupakan karya Osamu Tezuka. Seorang mangaka legendaris Jepang yang dijuluki "The Godfather of Manga" karena karya-karyanya yang sangat berpengaruh pada industri manga di Jepang. Black Jack sendiri berjumlah 25 volume dan terjual 176 juta copy.

5. Detective Conan (230 juta copy)
Pertama kali terbit pada 1996 dan masih berlangsung hingga sekarang, manga karangan Gosho Aoyama ini becerita tentang Shinichi Kudo seorang anak SMA yang jenius dalam memecahkan kasus kejahatan, tubuhnya berubah menjadi anak kecil karena suatu insiden dan jadilah dia Conan Edogawa. Entah kapan manga ini akan tamat. Namun yang jelas Detective Conan sangat laris dan telah terjual 230 juta copy.

4. Naruto (250 juta copy)
Manga dan anime sejuta umat saat ini khususnya di Indonesia, kita Naruto sangat laris bak kacang goreng. Diterbitkan pertama kali pada 1999, manga karya Masashi Kishimoto ini baru tamat pada November 2014, sementara itu jumlah tankobon Naruto yang terjual adalah sebanyak 250 juta copy dari total 72 volume yang terbit.

3. Golgo 13
Merupakan manga on-going tertua karena masih terus berlanjut hingga sekarang. Golgo 13 adalah manga seinen karya Takao Saito yang diterbitkan pertama kali pada 1968. Bayangin aja gan, udah puluhan tahun nih manga dibuat sama mangakanya. Golgo 13 sendiri sudah terjual 280 juta copy.


2. Dragon Ball (300 juta copy)
Akira Toriyama disebut-sebut sebagai salah satu mangaka legendaris yang turut punya andil besar dalam sejarah manga Jepang. Karya besarnya tentu saja Dragon Ball yang mendunia. Dragon Ball terbit pada 1984 hingga tamat pada 1995. Bisa dibilang Dragon Ball juga manga dan anime shonen pertama yang terkenal di Indonesia di era 90an. Berjumlah 42 volume, manga Dragon Ball terjual sebanyak 300 juta copy.

1. One Piece (470 juta copy)
Ya, inilah sang juaranya. Manga karya Eiichiro Oda ini memang sangat tersohor di seluruh dunia dan masih terbit hingga saat ini sejak tahun 1997 silam. Manga yang becerita tentang bajak laut ini sejauh ini telah berjumlah 96 volume dan terjual 470 juta copy. Menjadikannya sebagai manga terlaris sepanjang masa. Namun, ada satu pertanyaan. Kapan One Piece Tamat? emoticon-Ngakak


Itu dia gan deretan manga terlaris sepanjang masa. Favorit agan yang mana? emoticon-Big Grin

Quote:
Diubah oleh cintadine 12-08-2020 08:59
Daniswara92
eriksa
tien212700
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
16.1K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.