banihartoyoAvatar border
TS
banihartoyo
Mantan Relawan Jokowi-Maruf Amin Deklarasikan KITA


Mantan tokoh dan organ relawan Joko Widodo (Jokowi)-KH Maruf Amin mendeklarasikan KITA (Kerapatan Indonesia Tanah Air).

Deklarasi KITA digelar di Gedung Joeang, Jalan Menteng 31, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2020).

Deklarasi mantan relawan Jokowi di Pilpres lalu itu dilakukan setelah Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) mendeklarasikan diri di Tugu Proklamasi, beberapa hari lalu.

"Ini respon KAMI, tapi lebih kepada gerakan moral tentang pentingnya terus mencintai Indonesia," ujar Salah satu Deklarator yang juga mantan Direktur Relawan TKN Jokowi-Amin, KH Maman Imanulhaq, kepada Tribunnews.com, Kamis (20/8/2020).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan KITA adalah koalisi independen yang menyemai, mengembangkan dan melestarikan Tanah Air Indonesia sebagai bagian dari diri, identitas dan masa depan bersama.

"KITA Bergerak dalam politik kesadaran yang berusaha membangun masyarakat-yang-terbayang (imagined community) Indonesia yang kreatif dan berkelanjutan," ujar anggota komisi 8 DPR RI ini.

Dia menjelaskan, hal itu terlihat jelas dalam teks deklarasi KITA.

"Teks deklarasi KITA berbunyi, 'Tidak ada KAMI, Tidak ada KAMU, Yang ada KITA. KITA Indonesia," ucapnya.

Budayawan Taufik Rahzen menambahkan, Peradaban Nusantara yang kaya dan beragam, merupakan alas pembentukan Indonesia, sebagai negara bangsa yang ditenun atas asas kemanusiaan yang adil dan beradab.

Acara ini diisi tausiah dan doa lintas Iman oleh KH Abun Bunyamin, dan Pendeta Jhoan Souhokua.

Ketua Panitia Ayep Zaki menjelaskan bahwa KITA sebagai gerakan moral akan terus melakukan silaturahmi kepada Tokoh-Tokoh Bangsa, Lembaga Negara, Parpol dan juga ke daerah-daerah.

Maman Imanulhaq didaulat oleh Para Deklarator dan organ Relawan sebagai Koordinator KITA.

Kegiatan ini ditutup oleh Doa bersama Habib Syahdu Alidrus dan menyanyikan lagu Bendera Merah Putih oleh Penyanyi Camelia Panduwinata.

Sebelumnya diberitakan, ratusan orang hadir dalam deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat pada Selasa (18/7/2020).

Mantan Ketua PP Muhamadiyah Din Syamsuddin dan selaku deklator KAMI mengatakan, KAMI adalah gerakan moral rakyat Indonesia dari berbagai elemen dan komponen yang berjuang bagi tegaknya kedaulatan negara, terciptanya kesejahteraan rakyat, dan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurutnya, KAMI menyampaikan keprihatinan masyarakat terhadap bangsa Indonesia, khususnya terkait ekonomi, politik, sosial budaya, hukum dan HAM.

Adapun tokoh yang tergabung dalam KAMI yaitu Refly Harun, Marwan Batubara, Gatot Nurmantyo, Rachmawati Soekarnoputri, Bachtiar Chamsyah, Rochmat Wahab.

Kemudian, Ahmad Yani, Ichsanudin Norsy, Said Didu, Habib Muhsin Alatas, Rocky Gerung, Laode Kamaluddin, MS Kaban, dan lain-lainnya.

tusbol

njiiiir ane lagi makan ampe muncrat nemu berita ini emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
soljin7
scorpiolama
emineminna
emineminna dan 4 lainnya memberi reputasi
3
2.7K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.