News
Batal
KATEGORI
link has been copied
153
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3d8868af7e9368f90a4d0b/hidayat-nur-wahid-menentang-rencana-menag-terapkan-sertifikasi-penceramah
Suara.com - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengkritisi rencana Kementerian Agama yang akan menerapkan sertifikasi penceramah hanya untuk umat Islam, karena kebijakan tersebut dinilai tidak adil dan diskriminatif. Hidayat mengingatkan agar Kemenag tidak memberi kado buruk bagi umat Islam pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam/1442 Hijriah. "Padahal sesuai fakta sej
Lapor Hansip
20-08-2020 03:15

Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah

Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah

Suara.com - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengkritisi rencana Kementerian Agama yang akan menerapkan sertifikasi penceramah hanya untuk umat Islam, karena kebijakan tersebut dinilai tidak adil dan diskriminatif. Hidayat mengingatkan agar Kemenag tidak memberi kado buruk bagi umat Islam pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam/1442 Hijriah.

"Padahal sesuai fakta sejarah, umat Islam sangat berjasa dalam menyelamatkan keutuhan NKRI. Khususnya ketika umat Islam mau berkorban, untuk memenuhi tuntutan mengubah sila pertama Pancasila menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa, sehingga selamatlah keutuhan RI yang baru saja diproklamasikan tanggal 17-8-1945," kata Hidayat dalam keterangan tertulis seperti dikabarkan Antara, Rabu (19/8/2020).


Menurut dia, rencana Kemenag akan melakukan sertifikasi bagi penceramah agama Islam telah ditolak dan dikritisi tokoh non-muslim seperti Christ Wamena. Politikus PKS itu menuturkan meski sertifikasi diadakan, penerapannya harus ditujukan untuk penceramah dari semua agama supaya adil, tidak saling mencurigai, dan prinsip beragama yang moderat, toleran, inklusif betul-betul menjadi komitmen bagi semua penceramah dari semua agama.

“Menteri Agama jangan diskriminatif terhadap umat Islam, dan harus berlaku adil sesuai sila ke-2 dan ke-5 Pancasila. Bila program sertifikasi itu akan dilaksanakan juga, harus profesional, amanah, adil dan tidak diskriminatif apalagi dengan politisasi," ujarnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI itu menilai, program pemerintah seharusnya untuk penceramah semua agama secara adil dan amanah. Apalagi Menteri Agama pernah menyatakan bahwa dirinya bukan Menteri Agama Islam, melainkan Menteri semua agama.

Hidayat menyampaikan bahwa sekali pun dirinya mendukung Islam wasathiyah (moderat), tasamuh (toleran), dan menolak radikalisme, wacana sertifikasi dai yang diskriminatif dan tidak profesional dan sudah bergulir sejak 2015 adalah wacana yang berlebihan. Kebijakan tersebut, menurutnya justru bisa menjadi tidak moderat dan tidak toleran.

"Kalau pun program tersebut hendak diterapkan, maka aturan tersebut harus diberlakukan kepada juru dakwah dari semua agama. Seleksinya dilakukan secara transparan, menggunakan ukuran-ukuran yang dibenarkan oleh ajaran masing-masing agama, serta ketentuan hukum yang berlaku di NKRI," katanya.

Hidayat mengaku heran dengan sikap 'ngotot' Kemenag karena program sertifikasi penceramah tidak ada dalam janji kampanye Presiden Jokowi, dan juga tidak menjadi kegiatan Prioritas Rencana Kerja Pemerintah/Kemenag 2020 seperti yang sudah disampaikan ke DPR pada akhir 2019 maupun April 2020 setelah "refocusing" kegiatan akibat COVID-19.

Dia justru khawatir program yang diskriminatif itu bisa menimbulkan kecurigaan kepada pemerintah, saling curiga di kalangan penyebar agama, meresahkan kalangan dai Islam. Apalagi bila program itu bisa ditunggangi untuk menyulitkan dai dan umat Islam.

"Padahal mereka dahulu justru sangat berjasa untuk memperjuangkan kemerdekaan RI sekalipun dituduh sebagai kelompok radikal oleh penjajah Belanda. Umat Islam bahkan sangat toleran, memenuhi tuntutan kalangan minoritas, dengan persetujuan mengubah sila ke-1 menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa," pungkasnya.

https://www.suara.com/news/2020/08/1...asi-penceramah

Mari kita bicara pakai logika....emoticon-Hai

Tentang keadilan bolehlah di samaratakan semua agama, di beri wadah tempat filter agama masing2 .....emoticon-Hai

Tentang serifikasi....arab,malaysia dan mesir melakukan itu karena tuk mengontrol dai dkk.
Kenapa bapak ini kebakaran jenggot...emoticon-Ngakak
Ane buat perumpamaan....

SIM....surat izin mengemudi
Polantas saja wajib punya sim padahal mereka yang sering merazia kendaraan lalu lintas.
Back to topik....
Sekarang ini banyak bermunculan ustad2 dadakan yang kagak jelas darimana dan pernah belajar di pesantren mana.
Isi ceramahnya lebih ke arah provokatip di banding membahas inti sari ajaran agama.
Lalu anda yang koar2 menentang sertifikasi ini,selama ini ente tlah melakukan apa agar umat muslim selamat dari guru2 sesat berilmu.
Ente cuman diam padahal tau,banyak bermunculan ulama abal2 cenderung menyesatkan.

Jangan selalu koar2 bawa2 umat muslim paling berjasa dalam kemerdekaan Indonesia.
Itu pikiran sangat egois dan dungu.
Mereka berjuang demi kemerdekaan tanpa sekat agama.
Stop jadi kang kompor.
Yang perang itu atas nama negara sendiri.






profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:24
Fekaih yang funya stemfel pengkhianat negara... juga dari umat² kalian juga kan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:27
Pdhl sertifikasi baik utk mencegah ustad2 yg ngaku lulusan S3 Vatikan...
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:30
GILA!!!!!!

IDE BAGUS GINI DITOLAK PKS???

selama ini kan kita tau USTAD ABAL-ABAL yang menjelekkan nama umat Islam justru muncul karena banyak orang2 ngawur yang AUTO-USTAD yang justru banyak menebar kebencian dan permusuhan.
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:38
Jaman khilafah dulu aja penceramah diatur pemerintah kok...
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:44

Dokter ada kode etiknya dan ada yg ngatur, pengacara juga, ada badan yg membinanya dan mewadahinya.

Lah ini ustad2 dan penceramah yg bisa membawa ummat ke sorga atau sebaliknya ke neraka koq tidak mau diatur, diawasi dan disertifikasi?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:48
boleh lah di sertifikasi supaya tau ilmu agamanya abal abal atau nggak, beneran berilmu atau asal jeplak
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:58
Mau sertifikasi semua agama boleh aja
Yg gw tau pastor katholik itu jelas bgt cv nya, belajar dimana, dan ijazahnya jg bs di track
Pendeta kristen jg setau gw mesti kul teologia
Pendeta hindu jg secara adat gampang trackingnya
Buddha jg mesti belajar di kuil dan tinggal disitu
Konghucu gw ga tau
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:07
Ya elah kaga ngarti apa luh nur
Banyak pendakwah yg mulutnya jahat sekarang
Bahaye
Ape ape jihad
Ape ape mau menang sendiri
Mau jadi ape
Malah citra agame kite jadi rese
profile-picture
profile-picture
mewtwo68d dan wen12691 memberi reputasi
2 0
2
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:10
Wajarlah HNW nolak, kan simpatisan partainya isinya ahli agama abal abal atau ga yang ilmunya agak ngasal. Klo ada sertifikasi ya pasti ga lolos lah, ujung ujungnya ga laku
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:12
Bisa aje
https://webpedia23.blogspot.com/2020/08/tutorial-css-part-4-property-textstyle.html
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:14
selama kadrun pekok radikal masih banyak, ngustad sesat karbitan masih ttp dpt orderan. tinggal polkis nya bisa tegas bubarin pengajian2 ngustad kek gini apa ga
emoticon-Cool
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:23
Quote:Original Posted By Taufuman
Satu kata lawan... Allahhuakbar. Rejim kodok... Antek cina ... Pelan namun pasti akan mengebiri umat islam ... Mengebiri pemuka agama islam dalam berdhakwa... Sudah kayak kompetini londo ireng


Quote:Original Posted By Chikashi.Masuda
Pemerintah penakut

Pake rok aja klo takut mulu ni pemerintah


Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:35
muter kaset rusak mulu,

kek pendukung PSSI di BP yang sekarang jadi buzzer oposisi emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:36
Yg anti ide itu org2 yg tdk mau ajaran islam yg sbenarnya

Karena sat umat menjadi pandai,mereka para kamfreters-kadruners nda bisa lagi memakai agama unt kepentingan partai,ormas&pribadi
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:39
POKOK NYA TOLAK ...!!!
KAMI LEBIH ARAB
DARIPADA
NEGARA-NEGARA ARAB...!!
emoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:41
Kulkas di sertifikasi kok
Ac
yang paling keren Vaksin Covid juga mau di sertifikasi

dasar mabuk ale-ale

Tobat dikit jadi ustad
change Server jadi Pemuka agama

ga semua orang bisa jadi Biksu
ga smua jadi Manggu
ga smua orang jadi Pendeta
harusnya ga smua orang juga jadi Ustad emoticon-Smilie

ada tahap2 yang menjadikannya begitu, melalui kuliahlah, mondoklah dll
Belajar dulu dah baru bisa ngajar..

Ibarat anak nih dari tk belajar baca tulis dulu (bertahun-tahun) sampe kuliah +- 17 tahun.

itu kalo lulus....kalo ngulang beda cerita dong

yang pasti bukan karna postingan di medsos yang jadiin beriman emoticon-Smilie

Nah Ustad/pendeta Instagram, Facebook dan yutub ?
Yang udah jelas menghinalah, yang ceramahnya ngejek server sebelumnyalah, yang jelas2 dukung ISIS lah.. Kok ga ditertibkan ?



jemaahnya juga seneng gitu denger2 yang begituan?

Lu beragama mau apa?
Konsolidasi kebencian atau cari pencerahan diri ?


Hari2 sekarang bijak2 dah milih/pilah penceramah, pendeta. Motifnya aneh2 dah sumpah...
Sudah kek ngemis subscriber yutub
ada yang nunggu2 give away
profile-picture
firewallshop memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:48
Ada jg mualaf trus jelekin agama lamanya langsung auto ustad emoticon-Leh Uga
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:52
Kalau sertifikasi aja diterapkan di negara lain kenapa tidak di Indonesia pak?? Takut??
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:53
kata sapi kementerian agama islam melakukan diskriminasi terhadap iclam?
duh lelucon apa lagi ini?
hanya di kadrunistan.emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan Exorcizm memberi reputasi
2 0
2
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 07:53
Kalo agama gak mau diatur negara, maka agama jg jangan ngatur negara.

Selalu ngaku2 yg paling berjasa utk kemerdekaan RI. Ya... yg namanya sebagian besar penduduk islam maka mereka yg paling bnyk berbuat utk berubahlah... karena2 kemerdekaan harus partisipasi semuanya.

Nanti misalnya terbebas corona mereka ngaku2 pula yg paling berperan terhadap bebas corona. Pdhal wan abut sendiri yg pengen jml penderita coronanya bnyk. Spy biss dpt ajukan bantuan ke pempus.
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia