News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
175
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3d1a3da727680d4a569e53/ruu-cipta-kerja-atur-libur-hanya-sehari-per-pekan-kelompok-buruh-mirip-perbudakan
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) Ilhamsyah mengatakan, pekerja dirugikan dengan pasal-pasal bermasalah dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja, khususnya klaster ketenagakerjaan. Ilhamsyah mengkritik, Pasal 79 dalam RUU Cipta Kerja yang berbunyi "Istirahat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu," Menurut
Lapor Hansip
19-08-2020 19:25

RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan

RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) Ilhamsyah mengatakan, pekerja dirugikan dengan pasal-pasal bermasalah dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja, khususnya klaster ketenagakerjaan.

Ilhamsyah mengkritik, Pasal 79 dalam RUU Cipta Kerja yang berbunyi "Istirahat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu,"

Menurut Ilham, aturan tersebut membuat para pekerja menjadi terisolasi dari lingkungan sekitarnya karena waktu yang dihabiskan lebih banyak untuk mengabdi kepada pemilik modal.

"Jadi orang kalau mengatakan ini perbudakan, ya ini hampir sama dengan perbudakan, karena pekerja sudah tidak bisa lagi menjadi dirinya, dia (pekerja) 90 persen hidupnya kalau dipotong untuk tidur, waktu untuk dirinya berapa jam? Jadi 90 persen hidupnya hanya diabdikan untuk pemilik modal," kata Ilhamsyah saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Ilham mengatakan, waktu jam kerja yang diatur dalam RUU Cipta Kerja tersebut membuat para pekerja terhambat dalam menikmati penghasilan. Sehingga mereka bekerja hanya untuk bertahan hidup.

"Itu yang dialami jutaan pekerja atau kelas buruh dimana pun dia berada mau sektor apapun, mau di sektor manufaktur, pertambangan, tranportasi, media, sektor jasa dan sebagainya semua dihadapkan situasi tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Ilham menilai, pemerintah pun tak hadir untuk melindungi para pekerja.

Pemerintah, lanjut dia, justru melegitimasi kepentingan pemilik modal untuk mengeksploitasi pada pekerja di Indonesia melalui RUU Cipta Kerja.

"Kita tidak melihat hadirnya negara untuk menghadirkan pelindungan pada pekerja, tidak ada, justru negara melegitimasi kepentingan pemilik modal untuk mengeksploitasi kaum pekerja di Indonesia pada hari ini," pungkasnya.

Adapun catatan Kompas.com, terdapat sejumlah pasal kontroversi dalam RUU Cipta Kerja yang terbagi menjadi 11 klaster.

Adapun klaster ketenagakerjaan yang tertuang dalam BAB IV paling banyak disoroti publik.

Bab tentang ketenagakerjaan ini mengubah, menghapus, atau menetapkan pengaturan baru atas beberapa ketentuan yang diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, dan UU Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Pengubahan, penghapusan, atau penetapan aturan baru itu dikatakan dalam draf RUU Cipta Kerja sebagai, "Dalam rangka penguatan perlindungan kepada tenaga kerja dan meningkatkan peran tenaga kerja dalam mendukung ekosistem investasi.”

Mengenai waktu istirahat, misalnya, RUU Cipta Kerja menghapus libur mingguan selama dua hari untuk lima hari kerja. RUU ini menghapus pula cuti panjang dua bulan per enam tahun.

Pada Pasal 79 Ayat (2) poin b RUU itu disebutkan bahwa istirahat mingguan adalah satu hari untuk enam hari kerja dalam satu minggu.

Adapun pengaturan mengenai cuti panjang dalam RUU Cipta Kerja termaktub dalam Pasal 79 ayat (5).

Cuti panjang disebut akan diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

Kemudian, RUU Cipta Kerja menghapus ketentuan pengupahan yang melindungi pekerja atau buruh.

Artinya, semangat perhitungan upah untuk pencapaian kebutuhan hidup layak menjadi hilang.

Ketentuan pengupahan dalam RUU Cipta Kerja diatur dalam pasal 88A yang menyebutkan, buruh atau pekerja diupah berdasarkan kesepakatan atau perundang-undangan. Penetapan upah dalam pasal 88B didasarkan pada satuan waktu dan hasil.

RUU Cipta Kerja mengubah pula ketentuan jangka waktu untuk perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) atau pekerja kontrak.

Melalui Pasal 56 Ayat (3), RUU Cipta Kerja mengatur bahwa jangka waktu atau selesainya suatu pekerjaan tertentu ditentukan berdasarkan kesepakatan para pihak.

RUU Cipta Kerja menghapuskan ketentuan Pasal 59 UU Ketenagakerjaan yang mengatur pembatasan jenis pekerjaan dan jangka waktu yang bisa diikat dengan kontrak kerja.

Kemudian, RUU Cipta Kerja mengubah ketentuan Pasal 61 yang salah satunya mengatur bahwa perjanjian kerja berakhir pada saat pekerjaan selesai. Klausul ini sebelumnya tidak dimuat dalam UU Ketenagakerjaan.

RUU Cipta Kerja, lewat Pasal 61A, menambahkan ketentuan pengusaha wajib memberikan kompensasi kepada pekerja yang hubungan kerjanya berakhir karena berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja dan selesainya pekerjaan.

Aturan tentang perjanjian kerja dalam RUU Cipta Kerja ini dinilai akan merugikan pekerja karena relasi kuasa yang timpang dalam pembuatan kesepakatan.

Jangka waktu kontrak akan berada di tangan pengusaha yang bahkan bisa membuat status kontrak menjadi abadi.

Ketentuan mengenai perjanjian kerja PKWT dapat berakhir saat pekerjaan selesai juga membuat pekerja rentan di-PHK, karena pengusaha dapat menentukan sepihak pekerjaan berakhir.

Pengusaha dapat sewaktu-waktu mem-PHK pekerja kontrak asalkan memberi kompensasi sesuai ketentuan tambahan dalam pasal 61A, yang tidak ada dalam UU Ketenagakerjaan.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
19-08-2020 22:36
Itu ngatur dari OB sampe Direktur kan soal hri kerja....
Ya jelas kita perlu istirahat satu hari dlm seminggu minimal
Tapi ane yakin setiap peusahaan berhak menentukan sendiri asal jangan kagak ada liburnya

Asal jangan kita bayangin UMKM aja yg suka2 dia
Bayangin korporasi!


0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
19-08-2020 22:36
lha emg kayak gt kok, kan waktu,tenaga,pikiran kita di beli, sama cem ane, kl mau bebas,punya waktu banyak ya wirausaha, ane jg cita2 sih pengen wirausaha lagi sendiri
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
19-08-2020 22:42
Kebangetan udah digaji tapi minta banyak libur, itu uang punya investor ya, bukan punya nenek moyang buruh, lagian produktivitas rendah gaya2an, ntar sengaja dibuat phk demo lagi emoticon-Hammer2
Diubah oleh indrainiesta28
profile-picture
gojira48 memberi reputasi
1 0
1
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
19-08-2020 22:44
Pengaturan waktu kerja bukannya pake jam ya...kalo emang 6 hr masuk tp jamnya sudah sesuai hrsnya sih masih ok,..

Soal jam kerja jgn salah dikira makin banyak jam kerja, kerjaan makin bener apa, produktifitas makin tinggi ?? Gak juga bre...banyak faktor2nya

Mending gw banyakin mesin aja d buat automatisasi, drpd banyak2 make buruh
Diubah oleh elefana
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
19-08-2020 22:49
libur seminggu sekali bagus lah ..kalo mau banyak libur nya ya buka usaha sendiri .rasain punya karyawan pemales kek gmn
profile-picture
gojira48 memberi reputasi
1 0
1
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
19-08-2020 23:05
Ah lemah, gw aja kmaren 17an kerja
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
19-08-2020 23:31
kok yang diteriakin jumlah hari kerjanya aja? Batasan jam kerja per minggu nggak di jelasin? Apa sengaja biar bias?

misalnya diatur maksimal 40 jam/ minggu, diluar itu lembur dengan batas maksimal lembur berapa jam kan sama aja kerja 5 hari atau 6 hari. Malah yang kerja 6 hari menang di uang makan + jam kerja harian lebih pendek artinya peluang lembur lebih gede.

Ok lah ini ngatur sampe ke "white collar" workers, tapi kan ujung2nya tergantung sifat dan jenis pekerjaan juga.
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
19-08-2020 23:50
ya namanya juga buruh. jam kerja maksimal 40-48 jam seminggu.
kalo mau enak ya silahkan jadi pemodal emoticon-Big Grin

tapi jangan lupa pikirin resiko bisnisnya juga emoticon-Big Grin
Diubah oleh purelight123
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 00:04
bersyukurlah kerja seminggu libur sehari.. gw kerja 8 bulan tanpa libur(11 jam perhari)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
poenkers dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 00:08
udah, pade keluar aje. ane pen jadi buruh ini ga dapet2 emoticon-Turut Berduka
profile-picture
akoe83 memberi reputasi
1 0
1
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 00:09
gaji dibuat harian saja, biar saptu dan Minggu gak gajian, kan minta libur
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 00:21
Dalam persaingan kerja, dan kompetisi global, ya tak terhindarkan hal demikian.
Masalah di adaptasi. Misal, ada info jika worker di Vietnam berani 12 jam perhari di kantor (kes call center) .

Untuk pabrik mungkin beda kali yak emoticon-I Love Indonesia (S)


Diubah oleh scorpiolama
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 00:28
Jadi jongos kok banyak nuntutnya emoticon-Marah
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 00:49
Jamannya Jokowi nih, ngaku pro-rakyat tau nya penindas rakyat
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 00:51
"dia (pekerja) 90 persen hidupnya kalau dipotong untuk tidur, waktu untuk dirinya berapa jam?"

Gw belum pernah jadi karyawan, buruh atau budak, tapi yang begini ini emang nya baru ya?
Saudara & temen2 gw yang budak korporasi, matahari terbit berangkat, matahari terbenam pulang, makan tidur, ga sempat mandi, kemudian mengulangi kegiatan saat matahari terbit. Libur cuma minggu, ada yg hari raya makin sibuk, ada yg sama sekali ga libur 7 hari.

Pengen nyantai? Resign.
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan gojira48 memberi reputasi
2 0
2
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 01:32
ane libur pas tanggal merah aja atau bos suruh libur emoticon-Mewek
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 01:39
kalo mau banyak libur
jadi yutuber aja
kan lagi nge tren
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 02:17
Buruh-buruh stupid banyakan ngeluh aja.

Coba liat itu orang yg kerja di mall, toko, dan di restoran.
Seminggu bs kerja 6-7 hari. Jam kerja pun terkadang bs melebihi 8 jam sehari. Dan blom tentu digaji sesuai UMR.

Belum lagi kayak PRT.
Udh gajinya kecil, overtime alias lembur pun jarang ada yg dpt bayaran. Semua sudah dihitung all-in krn dianggap sudah dibayarin biaya hidupnya krn nginep di rumah majikan.

Gw setuju2 aja klo buruh2 ga tau diuntung ini disuruh kerja 6 hari seminggu.
Ga setuju? Ga mau kerja?

RESIGN AJA SEKALIAN!

Masih byk org lain yg mau menerima digaji umr tp masuk 6 hari.

profile-picture
avatarizki memberi reputasi
1 0
1
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 02:20
libur sehari itu wajar aja....jam kerja standar tentunya ya 7-8 jam dengan istirahat 1 jam, klo maksud si buruh dia borong 2 shift kerja ga cukup libur sehari ya itu beda masalah lah bodat....emoticon-Cape d...
0 0
0
RUU Cipta Kerja Atur Libur Hanya Sehari Per Pekan, Kelompok Buruh: Mirip Perbudakan
20-08-2020 02:41
Makanya jgn jd babu org
0 0
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia