bangzaldi
TS
bangzaldi
Begini Filosofi Uang Pecahan Rp 75 Ribu yang Dirilis BI




Uang Rp 75 ribu

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bank Indonesia baru saja merilis uang baru pecahan Rp 75 ribu untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 pada 17 Agustus 2020.


Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, desain uang pecahan Rp 75 ribu ini memiliki beberapa filosofi mendalam, salah satunya adalah bentuk rasa syukur atas anugerah kemerdekaan.


Perry berkata, hal itu tertuang pada gambar pengibaran bendera saat proklamasi 17 Agustus 1945 silam. Pasangan proklamator Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta juga kembali dipilih menghiasi halaman depan uang kertas RI sebagai ikon proklamasi kemerdekaan RI.


Bedanya, di uang pecahan ini juga disertai gambaran pegunungan. Ini memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru bagi Indonesia.


Kemudian, Perry menyebut filosofi kedua adalah kebhinekaan, yang tergambar lewat anak-anak Indonesia dengan pakaian adat yang mewakili Indonesia barat, tengah juga timur.


Uang juga dihiasi beragam kain nusantara dari tenun gringsing Bali, batik kawung Jawa, dan songket Sumatera Selatan. Terakhir, harapan menyongsong masa depan gemilang. Di lembaran uang juga disertai jembatan komunikasi NKRI, peta Indonesia pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia secara global.


“Rupiah sebagai mata uang tidak hanya berperan sebagai alat pembayar yang sah tapi lebih penting lagi adalah sebagai lambang kedaulatan negara dan wujud kemandirian bangsa,” kata Perry di Jakarta, Senin 17 Agustus 2020.




agusrezapratam4Lalalalala000ujellyjello
ujellyjello dan 34 lainnya memberi reputasi
31
7.5K
97
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.