• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Gladiator, Chariot Racing Merupakan Olahraga Favorit Masyarakat Romawi Kuno

AnggaNavie
TS
AnggaNavie
Bukan Gladiator, Chariot Racing Merupakan Olahraga Favorit Masyarakat Romawi Kuno


Salam gan! Kemarin ane sempet nonton film Gladiator, film epic lawas dan paling memoriable dalam hidup ane. Dalam film tersebut, sang tokoh utama yang merupakan mantan jendral tertinggi Romawi harus menjadi budak dan bertarung di kolosium sebagai Gladiator untuk memperjuangkan hidupnya ditengah sorakan para penonton.

Di film itu digambarkan pertarungan gladiator sangat brutal dan terkesan bebas. Akan tetapi setelah browsing sana sini, kenyataannya, pertarungan gladiator tidak seperti itu. Pertarungan gladiator memiliki aturan ketat dan tak jarang wasit akan menghentikan pertarungan gladiator apabila peserta mengalami cidera yang serius. Ya meski begitu pertarungan Gladiator tetap saja berbahaya dan ekstrem. Pasalnya, 1 dari 5 sampai 10 pertarungan, ada peserta Gladiator yang meninggal dalam pertarungan.
_____


OKE BALIK KE JUDUL

Ane justru menemukan salah satu olahraga yang cukup menarik. Beberapa dari agan mungkin jarang mengenal Chariot Racing (ane terjemahin balap kereta kuda). Jika dibandingkan dengan pertarungan Gladiator, olahraga ini lebih diminati masyarakat Romawi kuno kala itu.

Chariot Racing sendiri adalah balapan kuda yang terdiri dari beberapa perserta juru kuda. Setiap juru kuda mengendalikan kereta yang ditarik oleh dua sampai enam kuda. Juru kuda juga dibagi menjadi beberapa faksi yang diberi identitas dengan diberi warna di pakaiannya. Mereka akan balapan selama 7 lap penuh.
_____




Event ini diadakan di Circus Maximus, dan ketika even ini digelar, ribuan masyarakat berbondong-bondong menuju Circus Maximus untuk bersorak mendukung tim balap kereta mereka. 

Layakanya atlit sepak bola zaman sekarang, para juru keret kuda juga dipuja oleh pendukungnya dan mendapatkan bayaran yang banyak. Oleh karenanya, beberapa juru kereta ada juga yang bermain curang, seperti meracuni kuda milik lawannya sehingga kuda milik lawannya tidak memiliki performa yang baik ketika di pertandingan.
_____




Meski begitu, olahraga ini termasuk salah satu olahraga Romawi Kuno yang berbahaya. Tak jarang, setiap juru kereta bisa saja bertabrakan satu sama lain, dan juru kereta terjatuh lalu terseret hingga meninggal.

Salah satu juru kereta Chariot Racing yang paling terkenal yang bernasib tragis adalah seorang budak bernama Flavious Scorpus. Prestasinya bisa dibilang gemilang, ia berhasil memenangkan 2000 pertandingan selama hidupnya. Namun sayang, sebelum ia sempat membeli kebebasannya, ia tewas dalam pertandingan di usianya yang ke 27 tahun.
_____


Oke deh sekian thread ane, menurut ane sih olahraga ini keren banget. Kalau di Indonesia mungkin kita mengenal garapan sapi kali ya. Oh ya, semoga thread ini dapat menambah wawasan agan, dan sampai jumpa di thread selanjutnya. emoticon-Big Grin

Salam.


Referensi: History: 10 Things You May not Know About Roman Gladiator, The Great Course Daily: Chariot-Racing, Wikipedia: Scorpus Gambar:valeursactuelles.com, sciencephoto.com, i.pinimg.com


Komeng dari para juragan:

Quote:

Ternyata ada film yang ngebahas ini. Lumayan dapat referensi film kolosal baru emoticon-Big Grin

Quote:

Quote:

Quote:

Ini ane setuju banget. Jika diamati memang olahraga seperti yang disebutin juragan di atas hasil modifikasi dari olahraga masa lalu.
Diubah oleh AnggaNavie 17-08-2020 15:43
doobeyagusrezapratam4Junmai92
Junmai92 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.9K
87
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.