News
Batal
KATEGORI
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3b4049facb9554a1679854/75-tahun-merdeka-desa-perbatasan-maluku-masih-gelap-gulita
Sejumlah Desa di Maluku masih terisolasi dan belum menikmati fasilitas aliran listrik dan internet pemberian pemerintah ketika negara ingar bingar merayakan 75 tahun kemerdekaan.
Lapor Hansip
18-08-2020 09:43

75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:
Maluku, CNN Indonesia -- Sejumlah Desa di Maluku masih terisolasi dan belum menikmati fasilitas aliran listrik dan internet pemberian pemerintah ketika negara ingar bingar merayakan 75 tahun kemerdekaan.

"Di sana ada tiga Desa, yakni desa Effa, desa Lehema dan desa Ilily Kecamatan Wakate, Seram Bagian Timur (SBT), mereka belum punya listrik, dan jaringan internet,"kata warga SBT Salim Rumakefin, Senin (17/8).

Ia bilang kawasan Indonesia timur khususnya pembangunan infrakstruktur di tiga wilayah Maluku itu belum merata."Mereka masih hidup gelap gulita tanpa akses penerangan dan internet, padahal mereka merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,"imbuh dia.

75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

Berbagai upaya telah dilakukan warga setempat demi mendapatkan hak sebagai warga negara namun upaya tersebut berujung sia-sia.

Salim mengatakan warga sempat berlayar menggunakan perahu layar berhari-hari hanya untuk meminta akses penerangan namun permintaan terhadap pemerintah kabupaten tidak pernah direspons dengan baik. Bahkan, kata dia warga pernah melakukan unjuk rasa di gedung kantor PT PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara terkait penerangan listrik di sana. 

"Semoga momentum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, kepala negara pak Joko Widodo (Jokowi) bisa melihat warga di desa-desa perbatasan pulau di Maluku agar hak sebagai warga negara juga dirasakan," pinta dia.

Ia bilang proyek pembangkit listrik PT PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara pernah masuk di sana namun belakangan diketahui pihak kontraktor meninggalkan pekerjaan alias kabur sehingga pembangunan kelistrikan terhenti hingga saat ini. Padahal kata dia warga dengan secara suka rela menurunkan tiang-tiang listrik untuk menerangi desa mereka.

"Sampai sekarang tiang-tiang listrik di sana sudah berkarat, proyek yang begitu besar mubazir, warga di sana belum merdeka dan belum menikmati fasilitas pemerintah selama Indonesia merdeka," pungkasnya.

(sai/gil) 



Sumber Berita: cnnindonesia.com (18 Agustus 2020)
----------
Ironi memang ya gan-sis kalau melihat ada saudara-saudara kita yang ternyata belum menikmati fasilitas listrik. Padahal negara kita sudah puluhan tahun tepatnya 75 tahun merdeka.

TS turut geram mendengar informasi bila benar pemerintahan setempat tidak merespon dengan baik aduan warga. Namun TS tidak tahu kebenarannya, hanya membaca berita yang disuguhkan wartawan CNN Indonesia yang mengutip dari pernyataan warga di sana.

Sebelum mengkritik, TS membiasakan diri untuk berusaha mencari tahu lebih lanjut. Ya minimal dimana sih letaknya daerah tersebut, seperti apa kondisinya. Ini TS lakukan biar mendapatkan sudut pandang lain. Jadi tidak menelan mentah-mentah informasi satu arah dari satu sumber saja.

Letak 3 wilayah yang belum dialiri listrik seperti yang disebut dalam berita di kecamatan Wakate. Nah dari penelusuran TS di google map dengan mengetikkan kecamatan Wakate, ternyata kecamatan itu memang terpencil. Lihat tanda merahnya dan lihat juga pulau Maluku. Jarak realnya itu mencapai 100 km lebih, ukur saja kalo gak percaya pakai tools penggaris google map.


75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
Kecamatan Wakate itu berada di pulau Watubela dan pulau Kasiui yang berdekatan.
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

Dan sepertinya memang akses internet di sana terbatas dan belum merata. Saat menggunakan tools photo sphare baru terdapat 5 titik lokasi yang terlihat dan itu pun dari bersumber dari satu orang yang sama. Berikut penampakannya:
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

Dan tampak di 5 lokasi tersebut sudah ada tanda-tanda masuknya fasilitas listrik. Bisa kita lihat sudah ada tiang-tiang listrik dan kabelnya.
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita

Ini menurut TS ya, sebagian wilayah di kecamatan Wakate sudah dialiri listrik. Cuma saja distribusinya yang belum merata. Kalau dari pernyataan warga yang dikutip oleh wartawan CNN Indonesia pada berita di atas ada 3 desa yang belum dapat akses listrik. Harusnya ini jadi prioritas pemerintah setempat.

Pada berita di atas juga kita tahu bahwa sudah pernah ada pembangunan di wilayah tersebut, tetapi kontraktor kabur, saking lamanya sampai tiang-tiang listriknya berkarat. Nah ini menarik ditelusuri. Harusnya jurnalis yang baik juga kasak kusuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan "Mengapa proyek pembangunan fasilitas listrik di sana mangkrak?"

Eh ini malah lebih menyorot 75 tahun merdeka tetapi di sana masih gelap gulita. Hmmm kemudian setahu TS yang pernah berkecimpung di dunia jurnalistik. Wajib hukumnya jurnalis itu pakai cover both side agar beritanya berimbang. Jangan cuma memuat pernyataan warga. Harusnya wawancarai juga pemerintah setempat, atau sekalian kontraktornya juga lebih bagus. Begitu bambang!

Sekian share dari TS. Biasakan berpikir dalam membaca berita yang tersuguh ya gan sis. Kita ini di platform kaskus. Jadi biasakan kasak kusuk. 

Salam waras berkesinambungan. Matur suwun emoticon-Smilie

profile-picture
profile-picture
profile-picture
affan78 dan 44 lainnya memberi reputasi
43
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 20:54
Belum merdeka sepenuhnya kalau begitu
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:04
Semoga desa di Maluku yang masih terisolasi bisa segera menikmati fasilitas aliran listrik dan internet
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:10
Indonesia melarat emoticon-Cendol (S)
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:12
pemda mana pemda nya? PLN mana gerakannya? seenaknya naikin tagihan, tp yg begini gak diperhatikan
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:13
Negaranya kegedean, susah ngurusnya.
belom lagi rakyatnya juga banyak yg wadidaw

mungkin butuh 50 tahun lagi biar infrastruktur merata
dari ujung timur sampe ujung barat Indonesia.

Gak kebayang sih kalo ane lahir di daerah bukan pulau jawa.
emoticon-Turut Berduka
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:18
Malu kita teriak MERDEKA..
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:31
sedih bacany emoticon-Mewek
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:41
Ini biasanya kontraktor masalah uang, karyawan, ato g lingkungan..
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:41
harusnya diulik nih.. knp proyek pengadaan listrik bisa mangkrak.. harusnya jd tanggung jwb pemerintah setempat tuh.. pasti ada yg kaga beres nih
profile-picture
mataduniawi memberi reputasi
1 0
1
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 21:45
pas mati lampu kali....
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 22:11
yg dibanggain cebi jalan tol doank .
profile-picture
Madthink memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 22:21
Makna merdeka itu sangat luas bukan cuma lepas dari penjajahan saja tapi juga lepas dari belenggu kemiskinan dan ketertinggalan.
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 22:36
Sepelosok2nya daerah luar jawa
Diliatnya masih lebih wah drpd desa pelosok di jawa
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 22:58
Tenang ini pemerintah pusat juga baru memikirkan hal itu..modalnya cuma bersabar,nanti lama kelamaan juga akan sampai disitu aliran listriknya..
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 23:00
Hmmm.... harusnya pihak jurnalis langsung mengatakan diawal judulnya “75 tahun merdeka. 3 desa di perbatasan Maluku belum teraliri listrik”. Soalnya kesan judulnya kek mencakup keseluruhan perbatasan di Maluku belum teraliri listrik. Seperti mendorong opini publik ini namanya. emoticon-Cool

profile-picture
mataduniawi memberi reputasi
1 0
1
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 23:14
lokasi yang jauh menyulitkan memasang listrik mungkin
makan biaya gede emoticon-No Hope
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
18-08-2020 23:27
Tetangga eke tuh org ambon tapi sebenere bkn ambon malukunya dese blg gt krn katanya banyakan org taunya maluku ambon aja emoticon-Hammer
Dese dari namlea dan pada saat itu (sekitar 15th yg lalu) jujur eke baru pertama kali denger ini namlea (tp skrg udin lumayan femes ini namlea) emoticon-Ngakak (S)
Klo cerita sih mau nonton tv gt musti numpang ke desa sebelah dan pas pulang jarak 50m dari rumah dese udah treak2 minta bukain pintu krn ya jalanannya gelap masih jarang rumah sama kata dese takut ada demit emoticon-Ngakak (S)

Oia klo pake geothermal gt bisa ga sih disana? Phil itu setau eke banyak pake ini geothermal nah maluku ini kan deket tuh barangkali ada kesamaan kondisi alam jd bisa ditiru ? emoticon-EEK!
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
19-08-2020 00:02
Salut buat TS ,,edukasi kode etik jurnalistiknya,. 👍
profile-picture
Madthink memberi reputasi
1 0
1
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
19-08-2020 01:01
Itu lurah sama camatnya kemana itu? emoticon-Betty (S)
0 0
0
75 Tahun Merdeka, Desa Perbatasan Maluku Masih Gelap Gulita
19-08-2020 01:32
Tidak pertamax eunh
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia