yuki26
TS
yuki26
Merdeka Lewat Sepatu Lokal yang Jancuk dan Gatelli!

Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamatemoticon-Selamat
Spoiler for cek konten:


sumber gambar dari Instagram/@rajasepatulokal

Merdeka!
Hai semuanya, tanggal 17 Agustus merupakan hari yang bikin kita semangat. Membara layaknya semangat para pejuang pendahulu kita ketika sedang berjuang meraih kemenangan. Semua umat di negara ini juga tau kalo 17 Agustus adalah hari sahnya Indonesia merdeka. Bahkan dunia pun mengakui kemerdekaan Indonesia dan berdirinya kebangsaan ini. Hal ini berkat persatuan kita semua yang begitu solid dan membuat kita teguh. Gua yakin gak ada yang bisa ngelawan ketika kita mau bersatu. Seperti yang dilakukan oleh para pahlawan bangsa zaman dulu yang bersatu melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia.

Merdeka artinya bebas atau kebebasan dan bisa mandiri. Dalam pengertian KBBI pun merdeka ditulis artinya yaitu bebas dan berdiri sendiri. Hal ini udah kita miliki, kebebasan yang dimaksud udah didapatkan. Makanya sekarang kita sebenernya bebas buat berpendapat. Walaupun soal kebebasan berpendapat ini sempet agak terhalang saat masa orde baru, tapi sekarang udah bebas beneran kok. Saat itu bangsa ini melalui peralihan ke masa reformasi seperti yang lu rasain sekarang. Lu bebas mau berpendapat dan bersuara kayak gimana bentuknya, asalkan sifatnya tidak menghina seseorang. Soalnya sebebasnya-bebasnya lu dalam bercangkemanatau ngebacot, kebebasan yang kita miliki dibatasi oleh kebebasan orang lain juga.

Kalo bahas soal bebas berpendapat, baru-baru ini ada sepatu lokal yang agak ngegas. Maksudnya ngegas ada tulisan ungkapan umpatan. Gua juga suka dengan umpatan dari Jawa Timur terutamanya gaya bahasa Surabaya seperti "Jancuk, jangkrik, jiamput, ngguateli, matamu, bathukmu, ndasmu" dan lainnya masih banyak banget. Ketika lu bisa menggunakan umpatan tersebut tanpa menghina dan bisa digunakan dalam berbagai situasi, artinya lu cerdas. Menurut gua ketika bisa melakukan itu merupakan kebebasan dalam bersuara yang absolut dan merasakan merdeka seutuhnya.

Nobrand Footwear - Corona Jancuk
Spoiler for pic:


Seperti sepatu seri terbaru dari Nobrand Footwear yang menuangkan suara soal kritik keadaan sekarang. Keliatan dari tulisan di samping sepatunya "We fight for true normal". Mungkin maksudnya menggambarkan perjuangan hidup yang makin susah dalam keadaan pagebluk Covid ini. Terus pada bagian heel patchnya juga "Fvck"dan Globalist, ya pasti maksudnya kritik juga. Tulisan yang paling menarik sih di bagian out sole kalo disatuin jadi "Corona jancuk". Ini maksud gua, salah satu merdeka ketika lu bisa bebas menggunakan umpatan tanpa menghina. Jancuknya malah jadi karya, jadi sepatu keren bisa dipake jalan sambil nunjukin kata "Jancuk" kemana-mana. Warna sepatu ini juga ada unsur merah, putih, dan hitam sebagai dasar. Emang sengaja biar masuk sama tema 17 Agustus di hari kemerdekaan Indonesia.


Campess - Gatelli
Spoiler for pic:


Hampir sama seperti sebelumnya nih, Campess yang merupakan salah satu brandlokal bercandaan juga punya seri sepatu kece. Sama-sama menggunakan umpatan dalam karya sepatunya. Kali ini Campess gak terang-terangan munculin umpatannya. Umpatan yang dipake Campess cuma buat penamaan sepatu aja, itu juga agak dibikin samar-samar dikit. Nama sepatunya Gatelli, kalo lu sadar nama ini dasarnya emang dari "Ngguateli". Berdasarkan dari official Campessnya juga mengkonfirmasi soal asal-usul nama sepatu tersebut melalui akun Instagramnya. Modelnya emang menyerupai sepatu lokal yang terkenal, karena namanya juga brand bercandaan. Intinya Campess sedikit mewujudkan bentuk dari kebebasan bersuara sih. Buat yang warna putih menurut gua cocok sama tema kemerdekaan, karena bendera bangsa kita juga punya unsur warna putihnya. Sepatunya keren tapi namanya Gatelli. Sepatune apik cuk Gatelli.

.
.
.

Selain sepatu-sepatu yang agak sedikit kasar buat nunjukkin arti kemerdekaan, ada juga kok yang beneran punya tema merah putih. Bisa dibilang ini beneran seri artikel spesial kemerdekaan Indonesia. Soalnya desainnya dibuat di beberapa bagian jadi merah putih warnanya. Agak beda konsepnya dari sepatu-sepatu di atas, tapi menurut gua sepatu selanjutnya sama-sama menggambarkan kemerdekaan.

Ventela - 178 Back to 70's
Spoiler for pic:


Buat lu yang agak risih dengan sepatu merah putih tapi ada unsur umpatannya, sepatu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Ventela punya kreasi model sepatu baru lagi, walaupun dari bentuk masih sama seperti sepatu yang udah ada. Desainnya dibuat khusus demi memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia. Ada angka 75 yang cukup lumayan ukurannya di bagian lidah sepatunya. Bentuk modelnya sama seperti 70's Ventela yang udah beberapa tahun lalu rilis. Spesialnya ada di bagian lidah dan heelsepatu yang dijadiin warna merah putih. Ventela menyediakan versi high dan low cut, tergantung lu suka yang mana.


sumber gambar dari Instagram/@warrior.footwear

Jadi begitu deh sepatu lokal yang membawa semangat kemerdekaan dan makna dari kemerdekaan. Menurut gua keren banget ketika kita sebagai warga negara Indonesia, menuangkan unsur kemerdekaan dalam sebuah karya. Biar orang sedunia tau dan melihat produk lokal buatan anak bangsa Indonesia bahwa negara ini udah 75 tahun loh merdeka. Terus nunjukin juga kita punya umpatan yang perlu dilestarikan sih. Kalo orang barat punya umpatan keren yang biasa dipake seperti "Fuck, motherfucker, damn, dan asshole", kita juga punya "Jancuk, jangkrik, jiamput, ngguateli, matamu, bathukmu, ndasmu" dan bahasa-bahasa umpatan daerah lainnya.
Merdeka!
Quote:

| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: Instagram/@sepatucampessofficial, @nobrand_footwear, @localwildness, @ventelateam


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
atau konten sebelumnya

emoticon-Sundul Gan (S)klik gambaremoticon-Sundul Gan (S)
----------+++++++++---------



SAMPAI JUMPA
ujellyjelloadrian.rizki13tien212700
tien212700 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
11.5K
159
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.