Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
160
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2bf9d9337f9336b4052a41/flashback-drama-upacara-17-agustus-dari-datang-terlambat-hingga-pura-pura-pingsan
17 Agustus (sering disebut dengan tujuh belasan) tak hanya erat akan berbagai lomba 17an yang digelar di seluruh pelosok indonesia saja, melainkan salah satu hal yang selalu dilakukan adalah upacara 17 agustusan, sebagai salah satu bentuk penghormatan dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Sebagai rutinitas tahunan, memasuki bulan Agustus pun memori akan terbawa ke ingatan belasan tahun l
Lapor Hansip
06-08-2020 19:38

[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
17 Agustus (sering disebut dengan tujuh belasan) tak hanya erat akan berbagai lomba 17an yang digelar di seluruh pelosok indonesia saja, melainkan salah satu hal yang selalu dilakukan adalah upacara 17 agustusan, sebagai salah satu bentuk penghormatan dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Sebagai rutinitas tahunan, memasuki bulan Agustus pun memori akan terbawa ke ingatan belasan tahun lalu. Dimana saat masih duduk di bangku sekolah, upacara 17an memang menjadi kewajiban bagi siswa-siswi untuk ikut serta dalam upacara tersebut. 

[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan

Karena sebentar lagi kita semua bakal merayakan 17 Agustus, maka edisi spesial kali ini sengaja TS meluncur ke sekolah dimana TS dulu menimba ilmu. Seperti pada penampakan foto di atas, di halaman sekolah inilah dulunya ane dan siswa/i lain selalu menghadiri upacara 17 Agustus. Sekolah bernama SMP Negeri 1 Randudongkal yang beralamat Jl. Budi Utomo No.2, Dusun III, Randudongkal, Jawa Tengah, ini tak lain adalah tempat dimana ane melalui masa berseragam putih biru. Menyempatkan untuk melipir ke sekolah yang yang memiliki halaman upacara bersatu dengan lapangan bola basket ini seakan me-refresh dan sekaligus membawa diri ke ingatan belasan tahun lalu. Sekarang wujud bangunan sekolah ini sudah berbeda jauh ketimbang belasan tahun silam, dimana sekarang bangunan sudah bertingkat dan halaman sudah menggunakan paving block. Sementara masih teringat betul semasa ane sekolah dulu dimari laman sekolah pun masih berlantaikan dari tanah, sehingga ketika musim kemarau pun debu-debu mudah terbang masuk ke kelas terbawa oleh angin yang kencang. .
Halaman upacara inilah jadi saksi bisu, dulu ane dan siswa/i lain selalu ngabsen mengikuti upacara peringatan 17an, termasuk upacara rutin yang digelar setiap hari Senin pagi.  

Upacara 17an Di Era New Normal
Pandemi COVID-19 seakan me-reset berbagai tatanan kehidupan, mewabahnya virus corona membuat kita harus melakukan kegiatan dari rumah. Mulai dari bekerja, berolahraga, bahkan sampai kegiatan belajar mengajarpun diselenggarakan dari rumah. TS sendiri merasakan sedikit kerepotan membimbing anak semata wayang guna mengikuti kegiatan belajar mengajar. Seluruh kegiatan dilakukan secara virtual, peserta didik menerima tugas dan setelah dikerjakan, tugas yang sudah diselesaikan tersebut pun dikirim melalui aplikasi. 
Lalu Bagaimana Peringatan Upacara 17an di Era Pandemi? Terbawanya memori lama ke belasan tahun lalu, seakan bersamaan munculnya pertanyaan akan upacara peringatan kemerdekaan HUT RI tahun ini. Apakah nanti upacara peringatan yang rutin diadakan setiap tahun ini tak ada, atau tetap digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan? Kita tunggu saja gan, seperti apa nantinya. 
emoticon-Cool

Sepengalaman ane dahulu saat mengenyam bangku sekolah, ane sebagai peserta peringatan upacara ini pun bak aktor FTV nan jago akting dan penuh drama. Mulai datang terlambat, lupa membawa atribut (topi / dasi), hingga pura-pura lemas dan pingsan ... Hehehehehee... emoticon-Big Grin. Mungkin dari beberapa agan sista dimari pun sempet mengalami hal serupa seperti ane gan?.

Quote:Datang Terlambat
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan

Seperti kita ketahui bersama tanggal 17 Agustus memang selalu tampak dengan warna merah di kalender, artinya itu adalah hari libur. Namun tidak bagi anak sekolah di jaman ane SMP, dimana kami siswa/i tetap berangkat sekolah wajib mengikuti upacara peringatan 17an. Sebagai informasi saja nih gan, jarak dari rumah ke sekolah sekitar 6 KM, dan ane berangkat dengan menggunakan sepeda mini berwarna biru. Sepeda jadul bermerek Phoenix  tersebut menjadi saksi bahwa pada kelas 2 SMP sempat terlambat tiba di sekolah saat akan mengikuti upacara Kemerdekaan Republik Indonesia. 
Gara-gara malamnya asik bermain sampai pagi bagun agak kesiangan, dan terpaksa harus ngebut dan super extra tenaga untuk mengayuh sepeda. Sesampainya di barisan upacara, pas banget dengan momen pembacaan UUD 1945 yang dibacakan oleh petugas upacara. 


Quote:Topi Di mana...., Topi Mana...?
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan

Dok. Istimewa

Topi & Dasi adalah atribut wajib dalam mengikuti sebuah upacara, salah satunya adalah upacara peringatan 17 Agustus. Drama pertama bagi ane saat belasan tahun lalu adalah dipusingkan mencari akan atribut upacara, entah itu topi atau pun Dasi. Sebagai info tambahan saja, biasanya ketika mengikuti upacara 17an memang terbagi dalam dua kelompok, kelompok pertama menggunakan baju putih biru dan kelompok satunya mengenakan seragam pramuka lengkap beserta atributnya. 

[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
Selain laci meja sekolah, tiang bendera ini pun jadi saksi dimana drama kehilangan atribut (topi) kerap terjadi jelang upacara peringatan 17 Agustus semasa sekolah. Ini mutlak ketledoran ane sih gan, ketika setelah upacara hari Senin tak menyimpannya dengan baik. Giliran mau upacara lagi, selalu diribetin dengan mencari topi.. atau dimana yah dasiii... emoticon-Cape d....

"Perasaan topi kemarin disimpan dilaci, koq ga ada," tanya sendiri dalam hati.

Karena sudah mencarinya dan tak diketemukan, terpaksa harus membeli lagi di Koperasi Sekolah. ini Adalah pilihan terbaik, ketimbang harus di setrap, atau dihukum karena mengikuti upacara tak lengkap menggunakan atribut. emoticon-Matabelo


Quote:Pingsan Beneran atau Pura-pura?
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
Sudah bukan rahasia lagi gan, semasa sekolah dulu saat upacara kerap terjadi peserta upacara yang mengalami pingsan. Bisa jadi karena memang sedang sakit, belum sarapan, atau memang pura-pura sakit biar ga panasan .. hehehehehe.. emoticon-Ngakak. Pertamax banget nih ane umbar akan kebohongan yang pernah ane lakuin, dimana upacara 17an saat duduk di bangku kelas 3, ane pun pura-pura sakit, sehingga petugas PMR dan bantuan beberapa guru, membawa ane ke ruang UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Ruangan UKS dulu dan sekarang pun sudah berbeda, namun letak masih tetap sama. Dulu, ruang uks hanya satu ruangan dan antara siswa/siswi terpisah oleh tirai saja. Sementara untuk ruang UKS sekarang sudah terbagi dalam ruangan, dan antara cewek dan cowok sudah dipisahkan oleh dinding.

[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan

Ane pun menyempatkan diri untuk masuk ke dalam ruangan, dimana semakin masuk ke dalam maka ane sendiri tak bisa menahan senyum dan sekaligus ketawa. Senyum karena teringat akan kebohongan yang pernah ane lakuin di ruangan ini karena pura-pura lemes dan berasa akan pingsan. 
Dalam ruangan berukuran 4 x 4 meter inilah dulu ane sengaja berbohong akan pingsan, sehingga ane diboyong dari barisan dan dimasukkan ke dalam ruangan ini. 
Ruangan ini pun sudah jauh berbeda dengan belasan tahun silam, tempat tidur dulu masih menggunakan besi, dan sekarang terbuat dari kayu. Sementara untuk lemari berisi obat-obatan pun melengkapi furniture dalam ruangan tersebut. Dahulu, segala obat-obatan itu cuma tersedia di kotak kecil yang tertempel di dinding. 
Penanganan sendiri dilakukan oleh petugas PMR sekolah dengan dibantu oleh guru, ia memberikan air minum, dan obat-obatan cair bernama kolonyo. Agan sista ada yang tau ga nih???? 

eau de cologne



Itulah tadi sekelumit cerita kenangan yang selalu terbayang ketika bulan agustus menjelang. Memori yang tak akan musnah meski ditelan oleh waktu. Pada HUT RI ke 75 ini, ane sendiri memiliki harapan agar Indonesia makin jaya, pandemi cepat berakhir, sehingga kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala. 


Akhir Kata,
Dirgahayu Indonesiaku... 
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan



Quote:Catatan dari TS:
*Teruntuk adik-adik ku yang masih duduk di bangku sekolah dan aktif ngaskus, setelah baca thread ini mohon agar tidak meniru adegan pura-pura lemas / akan pingsan yah... karena itu nggak baik! 
emoticon-Shakehand2


Sumber Thread : Pengalaman Pribadi
Gambar : Koleksi Pribadi & Beberapa gambar gunakan dokumentasi Istimewa



Diubah oleh drumss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17-08-2020 20:18
Pernah ngalamin kaya gitu
1. Waktu SD, bendera kebalik. Dan kita2 disuruh balik badan emoticon-Hammer2
2. SMP pas awal2 mikenya mati selama 1 menit jadi kita2 bediri bengong emoticon-Hammer (S)
3. Terakhir paa SMA ada salah satu paskiba jatuh pingsan ampe upacara di tunda 1 menit
profile-picture
rotenzz memberi reputasi
1 0
1
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17-08-2020 20:36
Lah masih noob, temen gue dong pura2 kesurupan
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17-08-2020 21:42
Kalo aku malah seneng upacara, hehe
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17-08-2020 22:09
klu ane mah g pernah pura2 pingsan pling klu upcra cari barisan yg agak blakang spya klu pgel kkiny g klihtan tuh🤭🤭🤭
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17-08-2020 22:18
Ane dlu tiap upacara auto barisan terdepan untung" dpet barisan ke 2, efek postur tbuh ane yg termasuk ktinggian djamannya
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17-08-2020 22:32
Kalo narisan belakang bisa ngadem, kalo barisan tengah bisa sambil jongkok, kalo barisan depan siap siap ae pura pura pingsan


emoticon-Leh Uga
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17-08-2020 23:01
Dulu masih SD keknya panas banget hmmm...
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17-08-2020 23:52
Klo ane dulu biasa ikut upacara agak mepet biar dapat barisan belakang
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 06:01
Trakhir upacara jaman smp..jaman smu samsek ga prnah ikut upacara..mendingan di point
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 06:45
Didikan disiplin udah di terapkan mulai kecil di keluarga ane, jadi nggak pernah ada yang namanya drama, ane selalu dateng tepat waktu dan mengikuti upacara dengan tertib sampai upacara berakhir. Bukan nya apa-apa ane cuman males aja kalau dihukum dan diliatin orang se sekolahan
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 08:21
Quote:Original Posted By drumss
17 Agustus (sering disebut dengan tujuh belasan) tak hanya erat akan berbagai lomba 17an yang digelar di seluruh pelosok indonesia saja, melainkan salah satu hal yang selalu dilakukan adalah upacara 17 agustusan, sebagai salah satu bentuk penghormatan dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Sebagai rutinitas tahunan, memasuki bulan Agustus pun memori akan terbawa ke ingatan belasan tahun lalu. Dimana saat masih duduk di bangku sekolah, upacara 17an memang menjadi kewajiban bagi siswa-siswi untuk ikut serta dalam upacara tersebut. 

[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan

Karena sebentar lagi kita semua bakal merayakan 17 Agustus, maka edisi spesial kali ini sengaja TS meluncur ke sekolah dimana TS dulu menimba ilmu. Seperti pada penampakan foto di atas, di halaman sekolah inilah dulunya ane dan siswa/i lain selalu menghadiri upacara 17 Agustus. Sekolah bernama SMP Negeri 1 Randudongkal yang beralamat Jl. Budi Utomo No.2, Dusun III, Randudongkal, Jawa Tengah, ini tak lain adalah tempat dimana ane melalui masa berseragam putih biru. Menyempatkan untuk melipir ke sekolah yang yang memiliki halaman upacara bersatu dengan lapangan bola basket ini seakan me-refresh dan sekaligus membawa diri ke ingatan belasan tahun lalu. Sekarang wujud bangunan sekolah ini sudah berbeda jauh ketimbang belasan tahun silam, dimana sekarang bangunan sudah bertingkat dan halaman sudah menggunakan paving block. Sementara masih teringat betul semasa ane sekolah dulu dimari laman sekolah pun masih berlantaikan dari tanah, sehingga ketika musim kemarau pun debu-debu mudah terbang masuk ke kelas terbawa oleh angin yang kencang. .
Halaman upacara inilah jadi saksi bisu, dulu ane dan siswa/i lain selalu ngabsen mengikuti upacara peringatan 17an, termasuk upacara rutin yang digelar setiap hari Senin pagi.  

Upacara 17an Di Era New Normal
Pandemi COVID-19 seakan me-reset berbagai tatanan kehidupan, mewabahnya virus corona membuat kita harus melakukan kegiatan dari rumah. Mulai dari bekerja, berolahraga, bahkan sampai kegiatan belajar mengajarpun diselenggarakan dari rumah. TS sendiri merasakan sedikit kerepotan membimbing anak semata wayang guna mengikuti kegiatan belajar mengajar. Seluruh kegiatan dilakukan secara virtual, peserta didik menerima tugas dan setelah dikerjakan, tugas yang sudah diselesaikan tersebut pun dikirim melalui aplikasi. 
Lalu Bagaimana Peringatan Upacara 17an di Era Pandemi? Terbawanya memori lama ke belasan tahun lalu, seakan bersamaan munculnya pertanyaan akan upacara peringatan kemerdekaan HUT RI tahun ini. Apakah nanti upacara peringatan yang rutin diadakan setiap tahun ini tak ada, atau tetap digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan? Kita tunggu saja gan, seperti apa nantinya. 
emoticon-Cool

Sepengalaman ane dahulu saat mengenyam bangku sekolah, ane sebagai peserta peringatan upacara ini pun bak aktor FTV nan jago akting dan penuh drama. Mulai datang terlambat, lupa membawa atribut (topi / dasi), hingga pura-pura lemas dan pingsan ... Hehehehehee... emoticon-Big Grin. Mungkin dari beberapa agan sista dimari pun sempet mengalami hal serupa seperti ane gan?.

Itulah tadi sekelumit cerita kenangan yang selalu terbayang ketika bulan agustus menjelang. Memori yang tak akan musnah meski ditelan oleh waktu. Pada HUT RI ke 75 ini, ane sendiri memiliki harapan agar Indonesia makin jaya, pandemi cepat berakhir, sehingga kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala. 


Akhir Kata,
Dirgahayu Indonesiaku... 
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan



Sumber Thread : Pengalaman Pribadi
Gambar : Koleksi Pribadi & Beberapa gambar gunakan dokumentasi Istimewa





True story sih gan, jaman ane SMP waktu upacara 17 an juga telat akhirnya hormat ane d depan gerbang karena udh tutup.

Untung ada 1 orang lagi yang telat juga jadi enggak keliihatan goblog sendirian.
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 08:23
ane dulu termasuk anak rajin, selalu ikut upacara 17an karena mau liat pasukan paskibranya...
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 08:41
Dan semua drama itu takkan bisa dilakukan bila upacaranya online seperti sekarang emoticon-Smilie
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 09:07
hayo siapa yang pura-pura kesurupan ?
hantu jadi korban tuduhan palsu
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 11:51
Hahaha untuk urusan topi. Waktu ane sekolah, temen temen kelas ane selaku nyimpen topi tanpa hak milik di kelas jadi kalo ada yang ga bawa ya ambil disitu wkwk yang panik kalo persediaannya habis emoticon-Ngakak
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 12:32
Kalau ane sih langganan dateng telat, sampe penuh tuh catatan jelek disekolah 🤣
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 15:16
ngumpet di blind spot sekolah gan biar gk ikut upacara. kayak di ruang yg msh dibangun.
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 16:28
Jd inget masa" sekolah dulu emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 21:26
Nah skrg dikangenin nih
0 0
0
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
18-08-2020 21:44
Pura-pura sakit biar bisa goleran di UKS atau ngumpet di kantin sampe upacara kelar wkwkwk
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Upacara 17 Agustus dan yang Gak Terlupakan
upacara-17-agustus-dan-yang-gak-terlupakan
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia