• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan

drumssAvatar border
TS
drumss
[Flashback] Drama Upacara 17 Agustus, dari Datang Terlambat Hingga Pura-pura Pingsan
17 Agustus (sering disebut dengan tujuh belasan) tak hanya erat akan berbagai lomba 17an yang digelar di seluruh pelosok indonesia saja, melainkan salah satu hal yang selalu dilakukan adalah upacara 17 agustusan, sebagai salah satu bentuk penghormatan dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Sebagai rutinitas tahunan, memasuki bulan Agustus pun memori akan terbawa ke ingatan belasan tahun lalu. Dimana saat masih duduk di bangku sekolah, upacara 17an memang menjadi kewajiban bagi siswa-siswi untuk ikut serta dalam upacara tersebut. 


Karena sebentar lagi kita semua bakal merayakan 17 Agustus, maka edisi spesial kali ini sengaja TS meluncur ke sekolah dimana TS dulu menimba ilmu. Seperti pada penampakan foto di atas, di halaman sekolah inilah dulunya ane dan siswa/i lain selalu menghadiri upacara 17 Agustus. Sekolah bernama SMP Negeri 1 Randudongkal yang beralamat Jl. Budi Utomo No.2, Dusun III, Randudongkal, Jawa Tengah, ini tak lain adalah tempat dimana ane melalui masa berseragam putih biru. Menyempatkan untuk melipir ke sekolah yang yang memiliki halaman upacara bersatu dengan lapangan bola basket ini seakan me-refreshdan sekaligus membawa diri ke ingatan belasan tahun lalu. Sekarang wujud bangunan sekolah ini sudah berbeda jauh ketimbang belasan tahun silam, dimana sekarang bangunan sudah bertingkat dan halaman sudah menggunakan paving block. Sementara masih teringat betul semasa ane sekolah dulu dimari laman sekolah pun masih berlantaikan dari tanah, sehingga ketika musim kemarau pun debu-debu mudah terbang masuk ke kelas terbawa oleh angin yang kencang. .
Halaman upacara inilah jadi saksi bisu, dulu ane dan siswa/i lain selalu ngabsen mengikuti upacara peringatan 17an, termasuk upacara rutin yang digelar setiap hari Senin pagi.  

Upacara 17an Di Era New Normal
Pandemi COVID-19 seakan me-reset berbagai tatanan kehidupan, mewabahnya virus corona membuat kita harus melakukan kegiatan dari rumah. Mulai dari bekerja, berolahraga, bahkan sampai kegiatan belajar mengajarpun diselenggarakan dari rumah. TS sendiri merasakan sedikit kerepotan membimbing anak semata wayang guna mengikuti kegiatan belajar mengajar. Seluruh kegiatan dilakukan secara virtual, peserta didik menerima tugas dan setelah dikerjakan, tugas yang sudah diselesaikan tersebut pun dikirim melalui aplikasi. 
Lalu Bagaimana Peringatan Upacara 17an di Era Pandemi? Terbawanya memori lama ke belasan tahun lalu, seakan bersamaan munculnya pertanyaan akan upacara peringatan kemerdekaan HUT RI tahun ini. Apakah nanti upacara peringatan yang rutin diadakan setiap tahun ini tak ada, atau tetap digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan? Kita tunggu saja gan, seperti apa nantinya. 
emoticon-Cool

Sepengalaman ane dahulu saat mengenyam bangku sekolah, ane sebagai peserta peringatan upacara ini pun bak aktor FTV nan jago akting dan penuh drama. Mulai datang terlambat, lupa membawa atribut (topi / dasi), hingga pura-pura lemas dan pingsan ... Hehehehehee... emoticon-Big Grin. Mungkin dari beberapa agan sista dimari pun sempet mengalami hal serupa seperti ane gan?.

Quote:


Quote:


Quote:


Itulah tadi sekelumit cerita kenangan yang selalu terbayang ketika bulan agustus menjelang. Memori yang tak akan musnah meski ditelan oleh waktu. Pada HUT RI ke 75 ini, ane sendiri memiliki harapan agar Indonesia makin jaya, pandemi cepat berakhir, sehingga kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala. 


Akhir Kata,
Dirgahayu Indonesiaku... 
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia




Quote:


Sumber Thread : Pengalaman Pribadi
Gambar : Koleksi Pribadi & Beberapa gambar gunakan dokumentasi Istimewa



Diubah oleh drumss 14-08-2020 08:38
cor7
weshley07
UchieSuciani
UchieSuciani dan 34 lainnya memberi reputasi
35
5.4K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.