c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Kenapa Gigi Manusia Tidak Taring Semua?




Selamat Pagi, Petang dan Malam Gan/Sist






Hi gan, semoga pandemi segera berakhir. Bayangkan para dokter di garda terdepan sudah kewalahan menangani pandemi yang kian lama membuat masyarakat tak bisa bergerak dengan leluasa, terpuruk di jurang ekonomi yang semakin parah.

Thread kali ini cukup sederhana, ane cuma ingin memberikan pengetahuan sederhana tentang gigi, ya kamu pasti tahukan fungsi gigi untuk mengunyah makanan.



Lalu ada pertanyaan kenapa gigi manusia tidak taring semua? Kan keren tuh, coba lihat film vampire giginya taring semua, mengunyah makanan jadi mudah?

Eits, ntar dulu mungkin kamu pikir fungsi gigi taring untuk mengunyah. Oke, sedikit ane jelasin nih gan. Fungsi gigi taring di pergunakan untuk mengoyak makanan yang bersifat keras seperti daging.



Maka jangan heran bila kamu melihat gigi taring yang tajam di hewan carnivora, seperti singa, harimau, atau hewan pemakan daging lainnya.

Jadi kalau gigi kamu taring semua, apa yang akan terjadi? Makanan akan cukup mudah untuk di koyak, tapi yang menjadi masalah kamu tidak bisa mengunyah makanan tersebut harus langsung ditelan.

Bayangkan, jadi susah sendiri kan. Awalnya keren kalau lihat gigi taring semua, ternyata tak berfungsi baik ketika kamu memakan makananan.

Lalu, fungsi untuk mengunyah harus pakai gigi apa?



Gigi premolar atau disebut gigi geraham kecil, gigi ini berfungsi untuk mengunyah makanan agar lebih halus. Gigi manusia ada 4 gigi premolar di rahang atas dan 4 di rahang bawah loh gan, jadi paatikan gigi kamu yang ini baik-baik saja.

Gigi premolar tidak sendirian bekerja, harus dibantu oleh gigi geraham besar jumlahnya sama persis dengan gigi premolar, karena geraham akan membuat lebih halus lagi makanan yang kamu akan kunyah.

Lalu fungsi gigi seri untuk apa donk kalau gitu?



Peran gigi seri adalah untuk mengigit makanan yang kenyal, bahkan gigi seri depan suka lebih besar dari gigi lainnya suka disebut gigi kekinci.

Nah, dari sini kita bisa tahu kenapa mamalia pemakan rumput tidak ada taring?

Yup, benar hewan herbivora akan lebih banyak mengunyah mereka tak memerlukan gigi taring dan juga gigi seri yang mereka perlukan adalah gigi geraham, karena mereka tak perlu mengoyak dan menggigit makanan.



Maka, gigi manusia sebagai omnivora pemakan segalanya mempunyai gigi yang lengkap. Coba kalau kamu hanya punya gigi taring, alamat tidak bisa mengunyah makanan dikoyak digigit langsung telan.

Duh, dari sini saja kita tahu bahwa manusia manusia mahluk yang cukup sempurna. Masih kita berfikir bahwa membuat gigi manusia tidak perlu ilmu? Atau hanya asal-asalan? Tiada yang indah kalau fikiran kita membuka sedikit apa yang terjadi, ilmu lulusan mana yang bisa menciptakan gigi manusia yang begitu kompleks dan sempurna ya!



Pasti ada sesuatu di luar sana yang mempunyai ilmu yang maha luas, saya c4punk see u next thread.



emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




GIF


GIF



Kunjungi Blog Kompak di Kaskus klik banner di bawah












Diubah oleh c4punk1950... 09-08-2020 11:31
eriksayusuf2210asamboigan
asamboigan dan 40 lainnya memberi reputasi
41
9K
127
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.