• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Unik Loh, Ada Tanaman yang Dijuluki "Tanaman Vampir"?

Richy211Avatar border
TS
Richy211
Unik Loh, Ada Tanaman yang Dijuluki "Tanaman Vampir"?


Sumber: link

Selamat siang Agan dan Sista. Selamat Hari Raya Kemerdekaan RI yang ke-75.
emoticon-I Love Indonesia (S)

Di dunia ini memang ada banyak sekali jenis tanaman atau tumbuhan loh. Seperti tanaman atau tumbuhan yang hidup di halaman depan rumah TS. Waktu itu ane pernah share fotonya di Kaskus untuk meramaikan CoC Go green di Era New Normal.

Kalau TS pribadi sih suka juga sama tanaman agar udara di rumah jadi lebih sejuk dan tidak panas. Kemudian, kalau di depan rumah banyak tanaman cantik seperti bunga bisa jadi hiasan yang sedap dipandang mata.

Tahukah Gansist kalau di bumi ini ternyata ada tanaman yang unik dan aneh. Tanaman ini hidup di hutan dan juga sabana di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Madagaskar dan juga New Guinea. Tumbuhan itu bernama Langsdorffiadan mendapat sebutan "tanaman vampir". Lah kok bisa diberi nama seseram ini ya?


Spoiler for Langsdorffia:


Sebab, tanaman ini mempunyai corak warna merah yang mencolok dan memiliki kemampuan mengambil nutrisi tumbuhan di sekitarnya. Cara hidup tanaman ini hanya mengandalkan inang atau induk mereka untuk bisa bertahan hidup.

Langsdorffiaatau "tanaman vampir" mempunyai alat seperti penghisap atau tentakel di bagian bawah tanah yang gunanya untuk mengambil sari-sari atau nutrisi dari akar tumbuhan lain (holoparasit).

Warna merah menyala yang dimiliki oleh tumbuhan ini juga karena mereka tidak bisa berfotosintesis sehingga klorofil atau warna hijau daunnya kurang. Hmmm, kasihan juga ya hidupnya?


Spoiler for Tanaman Vampir (Langsdorffia):


Biasanya tumbuhan bisa berfotosintesis karena memiliki zat warna hijau daun pada tumbuhan berwarna hijau.

Nah, hal ini nih yang bikin tanaman Langsdorffiaterlihat seram Gansist. Pasalnya, kalau bunga tanaman ini mekar itu tandanya tanaman lain yang ada di sekitarnya mati. Soalnya kan sari-sari atau nutrisinya udah disedot sama tanaman ini. Wah, ternyata tanaman ini juga kejam dan jahanam sekali.
emoticon-Takut (S)

Quote:


Namanya juga sih tanaman parasit jadi, tidak salah apabila cara hidupnya secara demikian alias bergantung dari kehidupan tanaman lain di sekitarnya. Jika, mengingat pelajaran Biologi tentang tumbuhan sewaktu TS masih sekolah dulu. Tanaman lain yang tergolong parasit juga misalnya gulma. Bahkan tumbuhan gulma ini malahan juga tanaman penganggu yang bisa merusak tanaman lainnya dan wajib sekali dimusnahkan. Kalau dibiarkan hidup tumbuhan gulma bisa menyebabkan kematian dari tumbuhan yang dihinggapinya.

Oh, ya tanaman Langsdorffiaini juga termasuk tumbuhan yang langka dan unik. Meskipun sifatnya yang merugikan itu, tetapi mungkin tetap saja harus dikembangbiakan. Kalau sampai tanaman ini punah, cukup disayangkan juga nantinya spesies tanaman yang ada di bumi ini semakin sedikit jadinya. Oleh karena itu, meskipun tanaman ini kejam kita tidak boleh membencinya dan harus tetap menyayanginya sepenuh hati. Kemudian info lainnya adalah tanaman ini tidak berbahaya bagi manusia juga.



Demikian Thread dari Richy211 di siang hari ini. Semoga berkenan mampir untuk tinggalkan komentar yang paling hijau bukan ulet hijau. Thanks a lot.
emoticon-Kiss (S)emoticon-Embarrassmentemoticon-rose


Sumber: klik dan opri
Diubah oleh Richy211 17-08-2020 07:48
kazamakeitta
tien212700
MAQ375
MAQ375 dan 45 lainnya memberi reputasi
46
6.3K
237
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.