others
Batal
link has been copied
14
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3829b8dbf76448e7256e73/belok-kiri-langsung-maupun-tidak-langsung-perlu-rambu-yang-jelas
Dalam sebuah razia saya melihat banyak orang yang kedapatan melanggar aturan belok kiri, jumlahnya jauh lebih banyak daripada orang yang melanggar lampu lalu lintas untuk berjalan lurus atau belok kanan. Disini tidak bisa ada anggapan bahwa setiap pengendara sudah memahami peraturan belok kiri langsung ataupun tidak langsung tanpa rambu-rambu yg jelas. Rambu yang jelas yang pernah saya lihat misal
Lapor Hansip
16-08-2020 01:30

Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas

Dalam sebuah razia saya melihat banyak orang yang kedapatan melanggar aturan belok kiri, jumlahnya jauh lebih banyak daripada orang yang melanggar lampu lalu lintas untuk berjalan lurus atau belok kanan.

Disini tidak bisa ada anggapan bahwa setiap pengendara sudah memahami peraturan belok kiri langsung ataupun tidak langsung tanpa rambu-rambu yg jelas. Rambu yang jelas yang pernah saya lihat misalnya ada tulisan "belok kiri boleh langsung". Disini tentu tidak ada masalah pelanggaran.
Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas

Yang menjadi masalah pada waktu ada persimpangan belok kiri namun tidak ada rambu yang menjelaskan boleh langsung atau tidak.

Kita pahami bahwa aturan yg berlaku saat ini adalah revisi dari peraturan sebelumnya dalam PP 43 Tahun 1993 Pasal 59 ayat 3 dan sudah dibentuk sedemikian rupa dalam kebiasaan masyarakat kita, dimana pernah berlaku aturan belok kiri boleh langsung.

Kita tidak bisa langsung beranggapan bahwa masyarakat sudah paham mengenai revisi dalam PP 43 thn 1993, sementara sosialisasinya juga masih kurang tersampaikan kepada masyarakat.

Jadi untuk mengubah pemahaman sebelumnya tentang belok "kiri langsung" menjadi "belok kiri ada yg langsung dan tidak langsung" itu ternyata masih dalam proses yang tidak berkesudahan sampai sekarng, terbukti dari banyaknya pelanggar lalu lintas.

Oleh karena itu,rambu yang diperlukan di persimpangan tidak cukup hanya yg menjelaskan "belok kiri boleh langsung" tapi "belok kiri tidak langsung" juga harus disampaikan (dipasang di pinggir jalan).

Memang perlu effort untuk menambah rambu di setiap persimpangan yang strategis, yang seringkali menjadi ambigu dalam aturan main belok kiri..

Saat ini denda yang dibayarkan maksimal 500.000 ini, sering kali bukan karena pengendara tidak mau tertib, tapi karena pesan melalui rambu2 di persimpangan kepada pengendara yang tidak tersampaikan pada saat di "jalan".

Saya berharap ada perubahan dalam hal ini dan tidak dibiarkan berlarut-larut dalam ketidakpahaman pengendara ttg "aturan main belok kiri".
Saya cukup optimis, kalau rambu belok kiri langsung atau tidak langsung ini berani di terapkan di setiap persimpangan, maka pelanggaran lalu lintas akan berkurang dan lebih tertib.

Apa tujuan dibuat rambu lalu lintas?
Rambu Lalin


Kalau di satu tempat razia sering terjadi pelanggaran belok kiri, tentu ada sesuatu yg tidak tersampaikan kepada masyarakat dengan baik dan tepat. Saya yakin jawaban mereka "karena tidak tau", maka beri rambu yg jelas supaya mereka tau! bukan hanya mengatakan "peraturannya sudah ada kok", sehingga tidak memberi kesan "ini memang ada kesengajaan dan pembiaran"..

Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas

Tanpa ada standar tulisan ini, seharusnya tidak layak untuk dilakukan tilang, karena pada dasarnya pengendara akan mengikuti rambu-rambu yang ada di jalan, bukan peraturan yang ada di medsos, dll.


Terimakasih,
Diubah oleh karboe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas
16-08-2020 08:41
kalo buat saya , bukan banyak yg ga paham, tapi banyak yg pura pura ga paham.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RichClickz dan 6 lainnya memberi reputasi
4 3
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas
16-08-2020 22:26
Menurut gua aturan main kudu jelas. Ada kok di tempat lain yang udah terapin kl belok kiri ikutin lampu APILL , yang melanggar boleh tuh "disikat" sama polisi atau dicap PURA-PURA ENGGA PAHAM.
Contoh :
https://cdns.klimg.com/otosia.com/p/...0000456516.jpg
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...xket-l5vUipH&s

Kalo enggak ada aturan mainnya, jangan ditilang lah boss..
Gua juga suka bingung mana yg boleh langsung mana yang kagak. Giliran berhenti, d belakang main klakson. Terus kita disuruh ngadu mulut sama pengendara2 dibelakang? Buat aja papannya di persimpangan belok kiri, kalo ada yg klakson, gua bisa bilang "Lu bisa baca kagak??"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas
16-08-2020 22:59
iya gw mau ngakak! emoticon-Ngakak (S)

Jadi pemahaman gw, ada 3 definisi belok kiri :
1. Ada tulisan 'Belok kiri jalan terus' berarti boleh jalan terus.
2. Ada tulisan' belok kiri mengikuti apill' berarti belok kiri mengikuti apill.
3. Tidak ada tulisan belok kiri jalan terus artinya belok kiri mengikuti apill??

Yg nomor 3 ini kenapa lucu ya? kwkwkw......
Gw juga korban nih gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Dikemudian hari bisa jadi pemahaman lain, kalau tidak ada zebra cross, artinya tempat untuk menyebrang emoticon-I Love Indonesia (S)

waduuhhh..... emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan KarboeCoffee memberi reputasi
2 0
2
Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas
17-08-2020 00:49
Quote:Original Posted By rambut.cendol
iya gw mau ngakak! emoticon-Ngakak (S)

Jadi pemahaman gw, ada 3 definisi belok kiri :
1. Ada tulisan 'Belok kiri jalan terus' berarti boleh jalan terus.
2. Ada tulisan' belok kiri mengikuti apill' berarti belok kiri mengikuti apill.
3. Tidak ada tulisan belok kiri jalan terus artinya belok kiri mengikuti apill??

Yg nomor 3 ini kenapa lucu ya? kwkwkw......
Gw juga korban nih gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Dikemudian hari bisa jadi pemahaman lain, kalau tidak ada zebra cross, artinya tempat untuk menyebrang emoticon-I Love Indonesia (S)

waduuhhh..... emoticon-Ngakak (S)


gua juga pernah tuh jadi korban kayak yg nomor 3.
Sampe debat sama polkis nya. Rambu2nya kagak jelas, kagak ada petunjuk boleh lgsung kiri apa tidak. Mbok ya sosialisasi dlu kek, cm bilang sdh aturan. Emang kadang rambu2 kagak jelas sprti itu buat jebakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas
17-08-2020 12:44
Thanks gan sudah angkut isu ini

Selain "belok kiri langsung" ada jg "lurus jalan terus" dua2 nya sering tanpa tanda jadi berbahaya karena Pengendara tidak serempak (ada yg berhenti, ada yg terus)
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan karboe memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas
17-08-2020 15:50
Pernah jadi korban belok kiri tidak langsung di perempatan kuningan Jakarta, dari arah Sudirman mau belok kiri ke Rasuna Said. Disitu tidak ada rambu Belok kiri mengikuti Apill, memang defaultnya berhenti sih ya. Menurut polisi yang menilang jg mengatakan bahwa ada TL yang sebelah kiri itu untuk yang belok kiri. Hmm.. Kalo pada mau ngeliat, itu TL nya bukan di yang paling kiri, dan ngga ada simbol TL untuk belok kiri. Tp yasudah, semenjak kejadian tersebut, setiap belok kiri saya mengikuti lampu saja. Mau diklakson, diteriakin orang belakang bodo amat. Kalo ketilang juga bukan mereka yang bayar tilang nya kan?
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan karboe memberi reputasi
2 0
2
Belok Kiri Langsung Maupun Tidak Langsung Perlu Rambu Yang Jelas
24-08-2020 20:36
Karna polkisnya ga keliatan dibelokan emoticon-Jempol
profile-picture
karboe memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia