• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman Hias yang Harganya Mahal

nasapoc
TS
nasapoc
Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman Hias yang Harganya Mahal


Seiring dengan tren berkebun di tengah pandemi Corona, tanaman hias pun digemari. Dan salah satu tanaman hias yang banyak diburu hingga harganya mahal adalah monstera. Pada toko tanaman hias online maupun offline, monstera dijual mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Apa keistimewaan tanaman monstera atau juga dikenal dengan nama janda bolong?

Monstera adalah spesies tanaman tropis merambat yang asli dari Amerika Tengah. Tanaman monstera terkenal dengan lubang daun yang dimilikinya secara alami sehingga dijuluki dengan Swiss Cheese Plant.

Seperti dikutip dari The Sill, ada dua spesies monstera yang dibudidayakan menjadi tanaman hias yaitu monstera deliciosa dan monstera adansonii. Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang dan lentik serta memiliki lubang daun yang tertutup sepenuhnya. Sedangkan monstera deliciosa memiliki lubang daun yang tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat matang.

Tanaman monstera bagian dari Araceae, family aroid mereka adalah salah satu dari sedikitnya aroid yang menghasilkan buah untuk dimakan. Monstera deliciosa merupakan jenis tanaman yang jarang berbunga atau menghasilkan buah.

Monstera telah ada dan dikenal dalam dunia botani sejak awal abad ke-20. Sebelumnya tanaman tersebut dikenal oleh suku-suku di Amerika Tengah.



Cara Merawat Monstera

Apakah kamu termasuk yang tertarik menanam tanaman hias monstera? Monstera kini termasuk tanaman hias yang langka. Dan cara penanaman monstera dibutuhkan kesabaran. Karena monstera memiliki perkembangbiakkan yang lambat.

Berikut cara merawat tanaman hias monstera atau janda bolong:

Quote:


Penyebab Tanaman Monstera Mati

Masalah yang kerap terjadi pada setiap tanaman ialah muncul hama. Meskipun monstera bebas dari hama, tetap saja harus diperhatikan dan segera semprot obat hama yaitu minyak hortikultura (neem) dan pembersih tanaman secara teratur.

Adapun permasalahan yang umumnya timbul pada tanaman monstera yaitu daun menjadi coklat dan kering di bagian tepinya. Biasanya penyebab masalah ini karena penumpukan garam yang tinggi atau bahkan tidak ada garam sama sekali.

Masalah lainnya yang menyebabkan tanaman mosntera mati adalah menguning. Daun kuning cerah atau batang hitam saat campuran pot basah ini disebabkan terlalu banyak air. Ada pula masalah lainnya yaitu daun melengkung, tetapi masih hijau. Hal ini disebabkan karena rootbound, kekurangan air atau kelebihan air apabila disertai daun kuning atau bisa jadi karena suhu ruangan yang terlalu dingin.

Agar tanaman monstera bisa bertahan lama, bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan lebih baik jauhkan tanaman hias dari jangkauan hewan peliharaan juga anak kecil.
ziontdelia.adeltien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5K
60
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.