Redditor.audito
TS
Redditor.audito
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Quote:



Kenapa Kasus Begitu Dibenci Oleh Para Penggunanya?

Ane bener-bener udah nggak ngerti lagi, kok bisa kesannya Kaskus itu really deserve to despised by everyone, everywhere and everytime. Serius.

Seolah-olah kebencian terhadap Kaskus itu adalah sebuah "fetish" yang lumrah untuk terjadi. Dan tanpa disadari fetish ini ternyata sudah merasuk ke dalam diri ane juga.

Anehnya ane tidak pernah merasa satu kalipun "dirugikan" oleh pihak Kaskus baik secara materil maupun non materil. Tapi begitu lihat ada opini yang menggiring untuk "membenci" kaskus ane sih setuju-setuju aja.

Sebentar.... Ane nggak mau dianggap punya fetish kayak gilang bungkus itu loh, tapi masalahnya bukan ane doang yang punya pandangan jika citra "kaskus" sebagai forum itu sudah benar-benar tamat.

Di sini ane ambil sampel dari 3 jenis situs yang berbeda, dan ujung-ujungnya menyimpulkan bahwa kaskus pasti berkonotasi negative.


Quora

Quote:


Kalau dilihat dari penjelasannya, agan ini memang beneran mantan kaskuser. Kalian juga pasti ikut membenarkan 4 poin yang dia berikan toh?


Semprot

Quote:


Salah satu moderator dari forum sebelah, mantan kaskuser juga sejak 2008. Dan lagi-lagi, kesannya males ngaskus gara-gara forum ini sudah berubah ke arah (negatif).


Reddit

Quote:


Hell yeah, GAN = bodoh Amat Njing! emoticon-Cool


__

Sebetulnya ane nggak bisa mengeneralisir jika semua mantan kaskuser itu "pasti" membenci kaskus sih. Hanya, kalau kita ambil opsi cocoklogi kayaknya memang ada sesuatu yang berjalan tidak normal—sesuatu yang salah kaprah tengah terjadi dengan forum ini.

Hingga tiba pada suatu titik ane mulai berani untuk tarik benang merahnya:

"Apabila suatu situs beranjak dari basis komunitas, maka akan ada kedekatan emosional disana. Dan ini cukup sensitive untuk diterjemahkan ke dalam sebuah plan bisnis. Sekali rusak, susah untuk diperbaiki."

Ane percaya kekecewaan terhadap pihak manajemen kaskus adalah akar dari permasalahan ini semua. Mulai dari FJB yang digondol blackpanda, kaskus jadi alat buzzer politik, dan problematika lainnya yang berkaitan dengan keteledoran dalam memoderasi forum.

Orang-orang menjadi terkesan antipati terhadap forum yang dulunya merupakan tempat untuk mereka singgahi. Yang dulu sudah seperti rumah, dan keluarga.

Bukan bermaksud meromantisasi kehancuran kaskus. Tapi memang begitulah faktanya, kan?



Sistem GRP rusak

Kalau diingat-ingat lagi gunannya Bata (BRP) buat memberi reputasi buruk kepada seseorang entah karena melanggar peraturan atau menyinggung kaskuser yang lain. Tapi ane lihat banyak yang malah dijadikan koleksi, bingung kan?

Terus cara memberi reputasi buruk ke orang itu gimana? Dari sini kita sudah bisa melihat sistem reputasi yang digunakan forum Kaskus itu sudah berubah sebagaimana mestinya !!!

Meskipun gak semua kaskuser khususnya bata collector perilakunya buruk, tapi itu sama saja dengan melakukan suatu tindak kejahatan misal merampok tapi ingin dapat pengakuan bahwa tindakannya itu adalah benar.

Hanya karena alasan mereka mengoleksi bata untuk "Biar anti mainstream".




Dan begitu ditodong: kita sebagai kaskuser juga merasa dirugikan akibat tidak tahu mana yang memiliki reputasi baik dan mana yang buruk.

Mereka (bata kolektor) akan menjawab dengan entengnya:

BC:kalau mau tau reputasi bagus atau buruk liat aja history nya gan. Walaupun banyak bata tapi history nya bagus, berarti dia bukan troller.

Ane: terus masa orang baik-baik ane kasih bata gan?

BC: ya inti-nya yang penting dalam kaskus ngerti lah fungsinya. Kalau tidak setuju dengan pendapat user tersebut silahkan kirim cendol, dan kalau setuju kirim bata aja. Yang penting hukum plus (+) minus (-) nya sama aja.

Ane: SAMA AJA BIJI PÈLER LO MELEDAK

Titik akhir dari kepuasan kaskuser adalah saat nilai reputasi mereka bertambah, seiring dengan laju perkembangan reputasi milik orang lain.

Kalau ibarat kata dalam ilmu ekonomi reputasi dilambangkan sebagai currency (nilai mata uang). Maka cendol di jaman sekarang ini sudah mengalami peristiwa hyperinflasi. Nggak ada harganya man. Jatuh banget.

BC: Honestly, who's care about cendol right now?

Ane: Well, I know cendol is just fucking internet poin and I'm not Cendol baik btw. But it still legit, right?

Sama seperti nilai mata uang, nilai tukar menjadi berubah saat terdapat dua jenis mata uang yang beredar secara bersamaan. Kalau rupiah ya rupiah, kalau ringgit ya ringgit. Jangan malah ambil dua-duanya. Arahnya udah bercabang, bingung mau turun apa naik.

Pemberian GRP Cendol/bata udah cuma sekedar penanda "eh gue setuju ya sama postingan lo". That's it.

Kelihatannya simpel, tapi esensi keseruan kita dalam main Kaskus ya berkurang sekian derajat persen juga kan.

Dalam artian, munculnya budaya bata kolektor berdampak pada hilangnya salah satu sebuah achievement/pencapaian yang seharusnya bisa kamu dapatkan saat sedang bermain Kaskus.

Terlepas dari itu semua, yang paling penting adalah sistem reputasi kita sekarang benar-benar membias. Tidak ada kejelasannya sama sekali.



Titik puncaknya mana? Titik rendahnya mana? Jadi bingung sendiri kan ente?




Quote:


Kaskuser itu Ignorant terhadap forumnya sendiri.

Serius deh, kalian orasi panjang x lebar kalau buang sampah sembarangan itu salah. Tapi kalian sendiri masih membudidayakan kebiasan buruk tersebut.

Bilang kaskus udah nggak rame?

~ tapi masih membiarkan praktek bata kolektor

Bilang kaskus udah nggak seru?

~ tapi tukang sara 3 hari banned langsung bebas

Bilang kaskus udah berubah?

~ tapi nyatanya kreator lebih doyan cuan daripada karya

Ujung-ujungnya cuma bisa nyalahin dagumen, padahal kalian juga memiliki andil dalam memelihara kesehatan komunitas. Mau contoh real-nya?

Quote:


Serius deh, ane penasaran berapa sih sebaran rerata umur para kaskuser itu? Kok kesannya kebanyakan pada mental bocah?

Kalian itu main di kaskus hei, salah satu situs yang bisa dibilang jarang terjamah orang-orang. Tapi kelakuan udah sebelas dua belas cancerous nya sama kayak shit post fb.

Yang begini nih bikin kaskus jadi kayak lapangan baku hantam. Plis lah, udah ada arena DC gak usah kau toxic macam anak TK baru dikasih internet. emoticon-Gila


Quote:


Belum lagi muculnya sistem kreator yang ane rasa justru malah jadi blunder sendiri. Memang sih bakal banyak thread baru yang bermunculan, tapi sayangnya minim interaksi. Orang-orang sibuk bikin thread, tapi mereka lupa esensi untuk berdikusi. Ujung-ujungnya yang naik HT ya berita copas dari forum bp lagi.

Selain itu pula yang menciderai dan membuat ane kecewa ternyata banyak kreator yang menghapus thread-nya apabila nggak lolos review.

Damn bruh... Kaskus gimana mau punya kualitas, kalo mental kreatornya aja seperti itu.

Ente mau jadi konten kreator yang berkualitas? Perbaiki tulisan, bukan hapus tulisan.


______

______

_____



Anyway, ane juga nggak mau dijuluki "kaskuser yang lupa kulitnya". Udah bekas senang-senang, begitu kurang menarik eh langsung di tinggal.

Jadi, di sini ane bukan hanya akan membacoti kesalahan kaskus di masa lalu. Tapi ane mencoba untuk setidaknya, membuat pengalaman kaskus ente jadi agak "mendingan".

Yaaa ane juga kurang begitu yakin sih kalau tips ini bakal berguna, tapi setidaknya nggak ada salahnya kalau dicoba. emoticon-Ngacir


1. Pergunakan cendol/bata secara bijak

Ingat, kalian bukan hanya memegang andil dalam membangun sebuah sistem GRP yang ideal tapi juga memilki "tanggung jawab" yang cukup besar.

Tolong pergunakan sistem ini secara bijak, jangan mentang-mentang ada junker yang pertamax (padahal postinganya gak bermutu) ente langsung hantam aja pakai dukungan naik.

Atau ada orang bilang "minta batanya gan, bata only gan". Tips dari ane JANGAN PERNAH DIKASIH. Apa signifikansinya dia terhadap forum? Kalau memang postingan dia berguna, dan pantas untuk diberi reward/hukuman ya silahkan.

Pemberian GRP yang terkesan asal tebar juga bisa merugikan orang lain. So, mulai hari ini berikanlah reputasi tersebut kepada orang yang tepat, dan di waktu yang tepat juga.


2. Sort Comment by Cendol

Quote:


Tips kedua ini akan bergantung pada keberhasilan poin sebelumnya, pecuma juga mengatifkan opsi sort by cendol kalau pemberian GRP masih asal tebar.

Dan harap diingat juga, tips ini mungkin akan menganak tirikan para "bata kolektor". But then again salah siapa memilih jalur hidup sebagai si merah? emoticon-fuck2

Kelebihan sort by comment akan menyortir dari komen-komen ampas ke komen-komen yang "berbobot".

Quote:


Quote:


Dengan tips ini, setidaknya halaman page kalian akan lebih informatif dan juga tampak lebih berkualitas.


3. Jadi kaskuser yang siap lapor

Sekarang coba deh biasakan untuk sering melaporkan komen-komen SARA, SPAM, Iklan dan lain sebagainya. Dari pengalaman ane, mod cs bakalan lebih cepat tanggap kalau dapat laporan (beruntun). Caranya gampang kok:

a. Tap tombol burger (titik tiga) di kanan atas postingan bermasalah.



b. Lapor hansip



c. Isi susuai pelanggaran

Done.


Dah paham kan KALIAN Para penghuni Forum Kakus? emoticon-Tai

Nggak perlu lah aku bragging kepada kalian se-Ultimate apa reddit ketimbang jamban kakus? emoticon-Gila

Ah elah emoticon-Traveller


Diubah oleh Redditor.audito 14-08-2020 16:26
delia.adelkillstarpopperja450079
ja450079 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
3.4K
157
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.