ih.sul
TS
ih.sul
Hal Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Memilih Anime


Pepatah bilang waktu adalah uang. Itu artinya anda tak boleh menyianyiakan uang anda dalam hal apapun termasuk menonton anime.

Sedikitnya sudah ada ribuan judul anime di muka bumi ini dan tak mungkin bagi anda untuk menonton semuanya karna itu buang buang uang. Lalu bagaimana cara memilih anime yang layak dinonton? Berikut faktor faktornya.


STUDIO



Ada banyak studio anime di Jepang dan tiap tiap dari mereka memiliki ciri khasnya masing masing seperti Kyoto Animation yang menawarkan animasi yang lembut nan apik disertai cerita menyentuh seperti clannad atau Violet evergarden. Ada juga studio A-1 yang berpengalaman dengan anime bergenre action seperti SAO atau Fairy tail.

Sebelum memilih anime coba lihat dulu sejarah dari studio tersebut. Apakah studio tersebut sudah pernah mengeluarkan karya masterpiece? Kalau sudah pernah apakah anime tersebut cocok dengan ciri khas studionya? Kan aneh rasanya kalau semisal studio ghibli tiba tiba mengeluarkan anime bertema super power. Ciri khas dari sebuah studio akan menjadi jaminan pertama dalam kualitas anime pilihanmu.


SUTRADARA



Dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Begitu juga dengan anime, dibalik anime yang hebat terdapat sutradara yang rela kurang tidur demi memikirkan scene ecchi macam apa yang akan menarik penonton.

Sutradara adalah orang yang paling berpengaruh dalam pembuatan anime dan nama besar seorang sutradara layak menjadi pertimbanganmu untuk memilih anime.

Contohnya Makoto Shinkai, karya karyanya selalu dikenal dengan monolog pengembangan karakter yang puitis dan indah seperti 5 cm persecond atau garden of word. Karya karyanya cocok sekali ditonton oleh mereka yang ingin ngefell.

Contoh lainnya penulis naskah Gen urobuchi yang sudah menghasilkan karya puella magica madoka, aldnoah zero, fate/stay dan lain lain. Dia tau sekali cara untuk memancing perhatian penonton dengan mind twist yang diselipkan disana sini serta mengotak atik emosi dengan kematian karakter yang nggak tanggung tanggung.

Jika ingin mencari anime yang dijamin bagus maka silahkan lihat anime anine karya sutradara terkenal yang sudah punya nama besar. Namun Jika anime yang anda lirik bukan arahan sutradara terkenal... Yeah, silahkan bertaruh.


ADAPTASI



Banyak anime merupakan adaptasi dari berbagai sumber seperti manga, light novel, game atau webtoon. Percaya atau tidak karya karya yang berhasil mendapatkan adaptasi anime mayoritas memiliki penjualan yang tinggi sehingga bila anime yang anda lirik merupakan adaptasi dari suatu karya maka kemungkinan besar worth to watch.

Tentu itu tidak selamanya menjamin karna banyak juga kasus dimana sebuah karya malah 'dihancurkan' di animenya. Saran saya sih silahkan gunakan metode nomor 4 dibawah.


MY ANIME LIST



Tau My Anime List atau MAL? Itu adalah sebuah situs yang mana semua orang bisa sharing pendapat dan juga memberi skor pada sebuah anime. Setiap ada sebuah anime yang baru keluar kita selalu bisa melihatnya di MAL.

Anime anime top yang bisa mendapatkan skor diatas 9 dikategorikan sebagai masterpiece dan amat sangat layak tonton karna pemberian skor bisa dilakukan oleh siapa saja di seluruh dunia. So, kalau mau nonton anime ya cek dulu di MAL, review dari para penonton juga bisa dilihat disana.


SEIYUU



Seiyuu yang terlibat juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih anime lo. Katakan saja seiyuu top seperti Hanazawa Kana mengambil peran heroine dalam sebuah anime. Kualitas seorang seiyuu top sepertinya akan meningkatkan level sebuah anime sampai tahap tertentu.

Kenapa bisa begitu? Itu karna mereka berhasil menjadi seiyuu populer bukan semata karna wajah imut maupun orang dalam melainkan karna mereka benar benar menguasai perannya.

Mendalami karakter, mengikuti alur dan bicara dengan nada dan volume serta kelembutan yang sesuai. Jika suara dari sebuah karakter anime mampu mencapai kita maka saya merasa anime itu pantas diberi kesempatan.


MEME



yang terakhir ini rada absurd tapi alasan pertama saya menonton jojo bizarre adventure adalah karna meme Kono Dio Da.ada banyak sekali meme yang berasal dari anime terutama anime Naruto dan Jojo. Adegan tersebut bisa sukses menjadi meme karna adegan tersebut memiliki sebuah 'arti' di dalamnya dan jika orang orang merasa arti itu adalah hal yang patut dilestarikan maka saya tidak akan keberatan menonton anime tersebut.

***

Okay, itulah cara cara untuk memilih tontonan anime yang berkualitas serta menghibur. Kalau anda punya cara lain silahkan komen di bawah.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 14-08-2020 01:14
fichaldkekefadilahtien212700
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
6.5K
132
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.