• Beranda
  • ...
  • Games
  • [Kamus Gamer] 7 Istilah di Game MMORPG yang Wajib Kamu

lightseveral
TS
lightseveral
[Kamus Gamer] 7 Istilah di Game MMORPG yang Wajib Kamu
Di MMORPG ada banyak sekali istilah dalam game, dan beberapa di antaranya pasti sering digunakan oleh pemain. Nah buat kamu yang tidak tahu beberapa istilah di game MMORPG, lebih baik simak yuk pembahasan Dunia Games yang satu ini karena melalui artikel ini penulis akan membahas tentang tujuh istilah di game MMORPG yang harus kamu tahu agar tidak disalahartikan. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1. Damage per Second (DPS)


Pertama-tama, mari kita mulai dengan damage per second atau biasa disingkat dengan DPS yang berarti kerusakan per detik. Biasanya DPS digunakan untuk mengkategorikan suatu class atau job di dalam game MMORPG yang bisa menghasilkan damage secara terus-menerus setiap detiknya.

Namun tidak semua job masuk ke dalam kategori DPS, karena ada beberapa job yang tipe serangannya cenderung ke arah burst damage dan tidak bisa menghasilkan damage per detik. Biasanya job yang masuk ke dalam kategori DPS adalah assassin, archer, dan warrior.

2. Player vs Environment (PvE)


Seringkali diucapkan, tapi apakah kamu tahu apa itu PvE? Di game MMORPG biasanya terdapat dua tipe pemain yaitu pemain PvP dan pemain PvE. Kalau PvP kan sudah jelas bahwa hal itu memiliki arti player vs player, di mana pemain akan bertarung melawan pemain lainnya.

Sedangkan untuk PvE, pemain akan bertarung dengan sistem yang dikendalikan oleh komputer seperti melawan monster yang ada.

3. Area of Effect (AoE)


Istilah yang satu ini tidak hanya bisa kita temui di dalam game MMORPG saja, karena di game MOBA pun ada beberapa serangan berjenis AoE. AoE merupakan suatu jenis atau tipe skill dengan area serangan yang sangat luas. Di game MMORPG, AoE biasanya dimanfaatkan untuk menghabisi banyak musuh sekaligus agar bisa mendapatkan loot dengan cepat.


4. GB


Istilah yang satu ini pasti sering kalian dengar, kan? GB merupakan sebuah singkatan dari grup bareng, atau group boosting, Biasanya istilah GB akan digunakan oleh pemain level kecil untuk meminta bantuan kepada pemain yang levelnya lebih tinggi.

5. Grinding


Selanjutnya ada grinding yang berarti melakukan sesuatu secara berulang-ulang seperti menjalankan dungeon, menyelesaikan quest, atau membunuh monster yang sama berkali-kali untuk mencapai target tertentu entah itu untuk meningkatkan level, atau hanya untuk sekadar mencari gold di dalam game.

6. Iframe


Selanjutnya mari kita bahas tentang istilah yang sering digunakan pada saat gameplay, yaitu iframeIframe merupakan sebuah singkatan dari invicible frame yang biasanya terdapat pada skill tertentu. Skill yang memiliki iframe akan membuat karakter akan memasuki mode kebal dan sama sekali tidak bisa diserang selama beberapa detik.

Biasanya iframe digunakan untuk menghindari serangan mematikan yang cepat, atau untuk meminimalisir damage yang masuk. Jika kamu jago dalam memanfaatkan iframe, kamu pasti tidak akan terkalahkan gaes!

7. Lure/Luring


Terakhir ada istilah lure atau luring yang berarti memancing dan menarik musuh ke area tertentu. Istilah yang satu ini biasanya ditujukan untuk job tanker karena biasanya tanker memiliki kemampuan untuk lure dengan baik.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai istilah di game MMORPG yang seringkali diucapkan. Nantikan artikel lainnya seputar game untuk menambah wawasan di Dunia Games ya dan jangan lupa juga untuk follow media sosial Dunia Games.


FANPAGE FACEBOOK: Duniagames

INSTAGRAM: @duniagames.co.id

LINE@: @duniagames

YOUTUBE: Dunia Games

APPS: Dunia Games



Spoiler for DuniaGames GiveAway:



doedee182phyu.03asamboigan
asamboigan dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.9K
42
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.