Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
156
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f369366f4d69577ed69d113/forum-kok-kayak-tempat-sampah-ini-kaskus-apa-kakus
Warning: Ini bakalan menjadi thread terakhir gue dalam menjelajahi Kaskus kita tercinta. Kedepannya, kalian tidak akan lagi menemukan nama-nama yang berkaitan dengan Redditor merusuh di sub forum The Lounge atau HTH dan atau dimanapun itu kalian berselancar. Karena gue tahu kalian juga pasti risih dengan keberadaan "Bray"—"Brey" yang semakin nggak jelas ini. Yoi, sori lah ya,
Lapor Hansip
14-08-2020 20:36

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Quote:Warning:

Ini bakalan menjadi thread terakhir gue dalam menjelajahi Kaskus kita tercinta. Kedepannya, kalian tidak akan lagi menemukan nama-nama yang berkaitan dengan Redditor merusuh di sub forum The Lounge atau HTH dan atau dimanapun itu kalian berselancar. Karena gue tahu kalian juga pasti risih dengan keberadaan "Bray"—"Brey" yang semakin nggak jelas ini.

Yoi, sori lah ya, kalau beberapa Minggu terakhir kalian merasa di bom terus-terusan sama sales Reddit. Tujuan utama gue bukan mau mengajak paksa kalian untuk main Reddit kok. Terserah kalian mau main dimanapun, gue nggak berhak untuk memutuskan itu.

Disini gue hanya sekedar ingin menginformasikan bahwa "begini loh forum diskusi yang ideal itu seharusnya". Gue benar-benar yakin sekali disini masih banyak orang yang sangat asing mendengar kata "Reddit".

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

Gue hanya kasihan sama orang, yang siapa tahu "perlu" dan "menginginkan" alternatif forum lain tapi terbatas oleh pengetahuan yang ada. Orang indo itu, tahunya paling kalau nggak forum Semprot, ya Forum Kaskus. Udah, nggak ada lagi.

Dan asal kalian tahu, para Redditor di r/Indonesia memang kebanyakan takut kalau "surga" mereka akan dijajah oleh para masyarakat alay +62. Ada semacam gate-keeping tak kasat mata di sana untuk mempersempit ruang informasi Reddit kepada khalayak luas.

Udah kejadian kalau Reddit dilepas pemerintah, ujung-ujungnya ya bakal jadi Quora kedua atau bahkan Kaskus kedua?

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

Gue hanya tidak ingin ketakutan-ketakutan seperti itu justru membatasi akses informasi kepada orang lain. Mangkanya, gue ingin berbagi as possible as I can kepada teman-teman sekalian. Keputusan terakhir ya tetap ada di tangan kalian.

Gue hanya memberikan kalian seperangkat "parasut", yang seandai-andai akan kalian butuhkan apabila pesawat yang sedang kalian tumpangi ini jatuh.

Walaupun cara gue ini terkesan brutal, karena nyepam sampai 13 thread (dan anehnya belum kena banned? Nani the fuck dude, gue ngerusuh di forum semprot langsung disate sama yang mulia momod Ellie moulie). emoticon-Gila

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

Ya okelah gue minta maaf kalau memang gue salah, terutama sama agan @artwing dan agan @gembelngehe yang sepertinya udah gedek banget sama "Bad Mouting" gue ke forum ini. Dan silahkan kalau mau untuk banned permanen juga gue legowo kok. emoticon-Angkat Beer

Tapi sebelum eksistensi gue benar-benar lenyap tanpa bekas, nggak ada salahnya juga kalau gue bacot-bacotin ini forum untuk kali terakhir? Ye kan? Ye Kan?



Kenapa Kasus Begitu Dibenci Oleh Para Penggunanya?

Ane bener-bener udah nggak ngerti lagi, kok bisa kesannya Kaskus itu really deserve to despised by everyone, everywhere and everytime. Serius.

Seolah-olah kebencian terhadap Kaskus itu adalah sebuah "fetish" yang lumrah untuk terjadi. Dan tanpa disadari fetish ini ternyata sudah merasuk ke dalam diri ane juga.

Anehnya ane tidak pernah merasa satu kalipun "dirugikan" oleh pihak Kaskus baik secara materil maupun non materil. Tapi begitu lihat ada opini yang menggiring untuk "membenci" kaskus ane sih setuju-setuju aja.

Sebentar.... Ane nggak mau dianggap punya fetish kayak gilang bungkus itu loh, tapi masalahnya bukan ane doang yang punya pandangan jika citra "kaskus" sebagai forum itu sudah benar-benar tamat.

Di sini ane ambil sampel dari 3 jenis situs yang berbeda, dan ujung-ujungnya menyimpulkan bahwa kaskus pasti berkonotasi negative.


Quora

Quote:Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Kalau dilihat dari penjelasannya, agan ini memang beneran mantan kaskuser. Kalian juga pasti ikut membenarkan 4 poin yang dia berikan toh?


Semprot

Quote:Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Salah satu moderator dari forum sebelah, mantan kaskuser juga sejak 2008. Dan lagi-lagi, kesannya males ngaskus gara-gara forum ini sudah berubah ke arah (negatif).


Reddit

Quote:Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Hell yeah, GAN = Goblok Amat Njing! emoticon-Cool


__

Sebetulnya ane nggak bisa mengeneralisir jika semua mantan kaskuser itu "pasti" membenci kaskus sih. Hanya, kalau kita ambil opsi cocoklogi kayaknya memang ada sesuatu yang berjalan tidak normal—sesuatu yang salah kaprah tengah terjadi dengan forum ini.

Hingga tiba pada suatu titik ane mulai berani untuk tarik benang merahnya:

"Apabila suatu situs beranjak dari basis komunitas, maka akan ada kedekatan emosional disana. Dan ini cukup sensitive untuk diterjemahkan ke dalam sebuah plan bisnis. Sekali rusak, susah untuk diperbaiki."

Ane percaya kekecewaan terhadap pihak manajemen kaskus adalah akar dari permasalahan ini semua. Mulai dari FJB yang digondol blackpanda, kaskus jadi alat buzzer politik, dan problematika lainnya yang berkaitan dengan keteledoran dalam memoderasi forum.

Orang-orang menjadi terkesan antipati terhadap forum yang dulunya merupakan tempat untuk mereka singgahi. Yang dulu sudah seperti rumah, dan keluarga.

Bukan bermaksud meromantisasi kehancuran kaskus. Tapi memang begitulah faktanya, kan?



Sistem GRP rusak

Kalau diingat-ingat lagi gunannya Bata (BRP) buat memberi reputasi buruk kepada seseorang entah karena melanggar peraturan atau menyinggung kaskuser yang lain. Tapi ane lihat banyak yang malah dijadikan koleksi, bingung kan?

Terus cara memberi reputasi buruk ke orang itu gimana? Dari sini kita sudah bisa melihat sistem reputasi yang digunakan forum Kaskus itu sudah berubah sebagaimana mestinya !!!

Meskipun gak semua kaskuser khususnya bata collector perilakunya buruk, tapi itu sama saja dengan melakukan suatu tindak kejahatan misal merampok tapi ingin dapat pengakuan bahwa tindakannya itu adalah benar.

Hanya karena alasan mereka mengoleksi bata untuk "Biar anti mainstream".

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Dan begitu ditodong: kita sebagai kaskuser juga merasa dirugikan akibat tidak tahu mana yang memiliki reputasi baik dan mana yang buruk.

Mereka (bata kolektor) akan menjawab dengan entengnya:

BC: kalau mau tau reputasi bagus atau buruk liat aja history nya gan. Walaupun banyak bata tapi history nya bagus, berarti dia bukan troller.

Ane: terus masa orang baik-baik ane kasih bata gan?

BC: ya inti-nya yang penting dalam kaskus ngerti lah fungsinya. Kalau tidak setuju dengan pendapat user tersebut silahkan kirim cendol, dan kalau setuju kirim bata aja. Yang penting hukum plus (+) minus (-) nya sama aja.

Ane: SAMA AJA BIJI PÈLER LO MELEDAK

Titik akhir dari kepuasan kaskuser adalah saat nilai reputasi mereka bertambah, seiring dengan laju perkembangan reputasi milik orang lain.

Kalau ibarat kata dalam ilmu ekonomi reputasi dilambangkan sebagai currency (nilai mata uang). Maka cendol di jaman sekarang ini sudah mengalami peristiwa hyperinflasi. Nggak ada harganya man. Jatuh banget.

BC: Honestly, who's care about cendol right now?

Ane: Well, I know cendol is just fucking internet poin and I'm not Cendol whore btw. But it still legit, right?

Sama seperti nilai mata uang, nilai tukar menjadi berubah saat terdapat dua jenis mata uang yang beredar secara bersamaan. Kalau rupiah ya rupiah, kalau ringgit ya ringgit. Jangan malah ambil dua-duanya. Arahnya udah bercabang, bingung mau turun apa naik.

Pemberian GRP Cendol/bata udah cuma sekedar penanda "eh gue setuju ya sama postingan lo". That's it.

Kelihatannya simpel, tapi esensi keseruan kita dalam main Kaskus ya berkurang sekian derajat persen juga kan.

Dalam artian, munculnya budaya bata kolektor berdampak pada hilangnya salah satu sebuah achievement/pencapaian yang seharusnya bisa kamu dapatkan saat sedang bermain Kaskus.

Terlepas dari itu semua, yang paling penting adalah sistem reputasi kita sekarang benar-benar membias. Tidak ada kejelasannya sama sekali.

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

Titik puncaknya mana? Titik rendahnya mana? Jadi bingung sendiri kan ente?




Quote:Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Kaskuser itu Ignorant terhadap forumnya sendiri.

Serius deh, kalian orasi panjang x lebar kalau buang sampah sembarangan itu salah. Tapi kalian sendiri masih membudidayakan kebiasan buruk tersebut.

Bilang kaskus udah nggak rame?

~ tapi masih membiarkan praktek bata kolektor

Bilang kaskus udah nggak seru?

~ tapi tukang sara 3 hari banned langsung bebas

Bilang kaskus udah berubah?

~ tapi nyatanya kreator lebih doyan cuan daripada karya

Ujung-ujungnya cuma bisa nyalahin dagumen, padahal kalian juga memiliki andil dalam memelihara kesehatan komunitas. Mau contoh real-nya?

Quote:Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Serius deh, ane penasaran berapa sih sebaran rerata umur para kaskuser itu? Kok kesannya kebanyakan pada mental bocah?

Kalian itu main di kaskus hei, salah satu situs yang bisa dibilang jarang terjamah orang-orang. Tapi kelakuan udah sebelas dua belas cancerous nya sama kayak shit post fb.

Yang begini nih bikin kaskus jadi kayak lapangan baku hantam. Plis lah, udah ada arena DC gak usah kau toxic macam anak TK baru dikasih internet. emoticon-Gila


Quote:Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Belum lagi muculnya sistem kreator yang ane rasa justru malah jadi blunder sendiri. Memang sih bakal banyak thread baru yang bermunculan, tapi sayangnya minim interaksi. Orang-orang sibuk bikin thread, tapi mereka lupa esensi untuk berdikusi. Ujung-ujungnya yang naik HT ya berita copas dari forum bp lagi.

Selain itu pula yang menciderai dan membuat ane kecewa ternyata banyak kreator yang menghapus thread-nya apabila nggak lolos review.

Damn bruh... Kaskus gimana mau punya kualitas, kalo mental kreatornya aja seperti itu.

Ente mau jadi konten kreator yang berkualitas? Perbaiki tulisan, bukan hapus tulisan.


______

______

_____



Anyway, ane juga nggak mau dijuluki "kaskuser yang lupa kulitnya". Udah bekas senang-senang, begitu kurang menarik eh langsung di tinggal.

Jadi, di sini ane bukan hanya akan membacoti kesalahan kaskus di masa lalu. Tapi ane mencoba untuk setidaknya, membuat pengalaman kaskus ente jadi agak "mendingan".

Yaaa ane juga kurang begitu yakin sih kalau tips ini bakal berguna, tapi setidaknya nggak ada salahnya kalau dicoba. emoticon-Ngacir


1. Pergunakan cendol/bata secara bijak

Ingat, kalian bukan hanya memegang andil dalam membangun sebuah sistem GRP yang ideal tapi juga memilki "tanggung jawab" yang cukup besar.

Tolong pergunakan sistem ini secara bijak, jangan mentang-mentang ada junker yang pertamax (padahal postinganya gak bermutu) ente langsung hantam aja pakai dukungan naik.

Atau ada orang bilang "minta batanya gan, bata only gan". Tips dari ane JANGAN PERNAH DIKASIH. Apa signifikansinya dia terhadap forum? Kalau memang postingan dia berguna, dan pantas untuk diberi reward/hukuman ya silahkan.

Pemberian GRP yang terkesan asal tebar juga bisa merugikan orang lain. So, mulai hari ini berikanlah reputasi tersebut kepada orang yang tepat, dan di waktu yang tepat juga.


2. Sort Comment by Cendol

Quote:Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?


Tips kedua ini akan bergantung pada keberhasilan poin sebelumnya, pecuma juga mengatifkan opsi sort by cendol kalau pemberian GRP masih asal tebar.

Dan harap diingat juga, tips ini mungkin akan menganak tirikan para "bata kolektor". But then again salah siapa memilih jalur hidup sebagai si merah? emoticon-fuck2

Kelebihan sort by comment akan menyortir dari komen-komen ampas ke komen-komen yang "berbobot".

Quote:Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

Postingan low effort ala-ala junker.emoticon-thumbdown


Quote:
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

Kerasa kan bedanya? Yang ini lebih berisi dan bermutu?


Dengan tips ini, setidaknya halaman page kalian akan lebih informatif dan juga tampak lebih berkualitas.


3. Jadi kaskuser yang siap lapor

Sekarang coba deh biasakan untuk sering melaporkan komen-komen SARA, SPAM, Iklan dan lain sebagainya. Dari pengalaman ane, mod cs bakalan lebih cepat tanggap kalau dapat laporan (beruntun). Caranya gampang kok:

a. Tap tombol burger (titik tiga) di kanan atas postingan bermasalah.

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

b. Lapor hansip

Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?

c. Isi susuai pelanggaran

Done.


Dah paham kan KALIAN Para penghuni Forum Kakus? emoticon-Tai

Nggak perlu lah aku bragging kepada kalian se-Ultimate apa reddit ketimbang jamban kakus? emoticon-Gila

Ah elah emoticon-Traveller


Diubah oleh Redditor.audito
profile-picture
profile-picture
profile-picture
killstarpopper dan 15 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
14-08-2020 20:42
Kalo masalah bata gw gak masalah mau dikasih bata atau cendol.
Diubah oleh anakjahanam722
profile-picture
profile-picture
profile-picture
x.kardusbalap.x dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
14-08-2020 21:03
bye gan..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
14-08-2020 21:14
Attention whore
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xradentx dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
14-08-2020 21:41
Kaskus masih jadi rujukan pertama buat nyari solusi sih kalo gua ya. Kek soal nanya² provider, terus hp, terus apa kek yg lain. Reddit kan produk luar tuh. Berhubung gak bisa english dengan baik, coba forum indo yg segede kaskus apa ya tolong kasih tau dong?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
14-08-2020 22:03
Keren. Jangan sombong2, kapan2 main kesini lagi ya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
14-08-2020 22:38
knpa ga otak ente aja yg diblokir emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
14-08-2020 22:57
(Tau + kritik) - tidak berbuat apa2 = 0 (nol)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stop.lgbt dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
14-08-2020 23:12
kejang kejang emang paling enak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 01:49
Yg sabar ya "Gan"... Kaskus emang gk seperti dulu... Penista agama bebas, tapi emang mereka ada dimana mana... pindah juga blom tentu lebih bae.. emoticon-Shutup emoticon-Shutup
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 05:55
Yaudah pindah pindah aja gak usah caper nyari perhatian. Bawel banget sihemoticon-fuck3

Kakus itu kekurangan thread berkualitas, lah elu malah makin memperburuknya dengan thread2 gak berfaedah seperti ini.

Udah jadi kakus, ehh ditambah elu malah makin kakus.
Diubah oleh .rawk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan 8 lainnya memberi reputasi
7 2
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 06:34
ga jelas lu njeeng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeuskraetos dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 06:59
i do agree with you sebagai penghuni lama .. makin kesini jadi males buka kaskus..

udah berubah menjadi forum kapitalis...
discuss nya lebih dikit dari pada thread itu sendiri


iklannya seabrek" ga jelas

dlu dapet pejwan aja udah seneng,sekarang silent reader aja deh.

kurang greget ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
x.kardusbalap.x dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 07:33
hmm.. tujuan saya ngaskus ya buat FUN aja... emoticon-Embarrassment


alkhamdulilah.. bnyk kaskuser yg kenal,, COD,, (maen ke konter saya,,) dan konter saya jadi rame.. emoticon-Embarrassment



terimakasih buat semua STAFF KASKUS dan KASKUSER yg lain,, (yang sudah maen ke konter saya)


tak lupa,, juga saya ucapkan terimakasih ke @admin yg telah membuat forum ini... emoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 07:38
Nyari temen apa gimana bre?

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 09:42
Tetep aja agan bakal dikenang sebagai sales reddit dimari emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 09:43
Ya , untuk diskusi sekarang makin kurang peminatnya . Mungkin hanya di beberapa forum , itu juga semakin sedikit .

Dan lagi adanya bot viewer , iklan yang penempatannya kurang pas , Thread SARA (Di BP lebih gila lagi ) , forum debat cuman ngedepankan kata2 kotor tapi entah isinya apa .

Banyak yg bilang TS ngerusak jg dengan buat trit gini , menurut gue sih engga , si TS cuman sampeiin keresahannya aja

Saran : Pinter2 aja cari thread yg bagus , dan buat thread yang bermanfaat juga . Kalaupun ada thread yang kurang2 ya lapor hansip aja dan gausah ikut memperkeruh suasana dengan komentar yang aneh2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
x.kardusbalap.x dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 10:53
Ane udah aktifin aplikasi VPN tapi masih saja gak bisa buka itu reddit.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 11:02
Belon beres juga? emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 12:15
Kaskuser old ngerasain banget perubahan kaskus 3 tahun terakhir ....



Dulu enak banget buat bahas atau diskusi suatu hal kalau sekrang ah sudahlah isinya banyakan trit kopipaste dari portal lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewakere dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
15-08-2020 12:16
Forum kok kayak tempat sampah? Ini Kaskus apa Kakus?
Diubah oleh indra.blora
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia