• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!

adnanami
TS
adnanami
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
Sering Merasa Hampa? Mungkin Kebutuhan Psikologismu Ini Belum Terpenuhi!

Sebagaiamana yang kita tau bahwa manusia yang hidup pasti punya kebutuhan. Selain kebutuhan makan minum, tidur dan sex yang bersifat fisik, ada juga yang namanya kebutuhan psikologis. Jika hal - hal tersebut tidak terpenuhi, kalian akan sering merasa hampa. Bingung dengan kehidupan kalian sendiri. Namanya juga kebutuhan yang tidak terpenuhi, kalian akan merasakan "kelaparan" secara psikologis. Ketika agan dan sista mengalami lapar karena belum makan, tubuh bisa memberi sinyal berupa lambung perih, perut keroncongan sampai badan lemas namun kondisinya akan berbeda jika sudah menyangkut tentang kebutuhan psikologis.
Bedanya tidak ada alarm yang jelas ketika kalian mengalami "kelaparan" batin ini.



Sebelum membahas ke topik yang lebih jauh, kita perlu pahami dulu apa saja kebutuhan dasar kita sebagai manusia melalui ilustrasi di bawah ini :



Pertama kebutuhan fisik (makan, tidur, dll), Kedua kebutuhan untuk merasa aman (tidak berada dalam kondisi terancam dan ketakutan), Ketiga kebutuhan untuk merasa dicintai, Keempat adalah kebutuhan untuk diakui dan dihargai dan yang terakhir berupa kebutuhan untuk aktualisasi diri. Menurut penjelasan tersebut, kebutuhan psikologis ada empat poin yakni di lapisan kedua hingga kelima pada gambar piramida di atas.

Kondisi tidak terpenuhinya salah satu dari kebutuhan psikologis tersebut mengakibatkan banyak orang merasakan kesepian dan kekosongan dalam hidupnya. Beberapa orang secara tidak sadar memenuhi kebutuhan akan penghargaan dan penghormatan lewat hal ekstrim dan negatif seperti mencari perhatian, melakukan pencitraan hingga mengarang cerita yang menghebatkan dirinya demi bisa dihargai. Memang kenyataan yang menyedihkan, namun di balik itu ada alasan yang logis dari tindakannya tersebut, yaitu hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan psikologisnya.

Jika gansist menemui orang yang haus dengan penghargaan, bantu penuhi kelaparan batin mereka dengan pujian. Setidaknya satu kata yang meninggikannya dapat "memberi makan" ego mereka dan membuat mereka merasa dihormati, dihargai dan dicintai. Mereka sebenarnya adalah orang - orang yang kurang perhatian. Namun jangan terlalu sering ya agar sifat narsistik dan sombongnya tidak semakin menggila!

Meskipun penghargaan dan penghormatan adalah kebutuhan psikologis manusia, bukan berarti kita harus jadi gila hormat dan meninggikan diri sendiri. Sebab tidak semua lingkungan bisa mengakui keberadaan kita dan memenuhi kebutuhan psikologis itu. Akan ada masanya agan berada di tengah lingkungan yang mungkin dipenuhi dengan orang - orang yang meremehkan dan tidak menganggapmu ada.

Jika diri gansist sendiri yang merasakan kelaparan batin, coba tinjau ulang apa yang kurang dan belum terpenuhi. Lalu penuhilah kebutuhan psikologis itu dengan cara yang baik. Bukan dengan hal negatif seperti yang sudah ane sebutkan di atas. Misalnya saja dengan menelurkan prestasi, membuat sesuatu yang membanggakan atau mengupgrade kualitas diri agan. Hal tersebut akan dengan sendirinya mendatangkan penghormatan dari orang lain tanpa agan minta.

Baiklah sekian thread dari ane. Ane @adnanamipamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di thread selanjutnya.



Sumber referensi: pijarpsikologi.com
Sumber gambar : disini
Junmai92egirosarioAdi288
Adi288 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
4.8K
217
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.