• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Acara Pencarian Bakat Indonesia Terbaik Versi Ane, No 7 Paling Legend Gan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Acara Pencarian Bakat Indonesia Terbaik Versi Ane, No 7 Paling Legend Gan
Acara pencarian bakat di Indonesia mulai populer di Indonesia sejak kemunculan Akademi Fantasi Indosiar pada 2003 dan sejak saat itu acara pencarian bakat lainnya ikut menjamur. Bukan hanya mencari bakat menyanyi melainkan bakat-bakat lainnya seperti komedi, bahkan sampai berdakwah. Akan tetapi dari sekian banyak acara pencarian bakat di Indonesia hanya ada beberapa yang punya kualitas yang bagus dan menghasilkan talenta-talenta terbaik. Nah, gan berikut ini adalah beberapa acara pencarian bakat di Indonesia terbaik versi ane.

1. Stand Up Comedy Indonesia (SUCI)
Bisa dibilang Stand Up Comedy Indonesia atau SUCI Kompas TV adalah yang terbaik dalam daftar ini. Digelar pertama kali pada 2011, SUCI menjadi pionir dalam kebangkitan dunia Komedi Tunggal di Indonesia. Berkat kemunculan acara ini, masyarakat Indonesia jadi mengenal apa yang dinamakan stand up Comedy. SUCI juga telah menghasilkan banyak komika terkenal yang jumlahnya banyak mulai dari Ernest Prakasa, Arie Kriting, Uus, Akbar, Abdur, Tretan Muslim, dan masih banyak lagi. SUCI masih terus berjalan namun pada 2020 terhenti karena pandemi Covid-19.

2. Indonesian Idol
Acara Pop Idol sukses besar di Inggris. Format atau konsepnya dibuat oleh Simon Fuller, hanya berjalan dua musim lantas format ini di bawa ke US menjadi American Idol dan dimulailah Idol Franchise ke berbagai negara termasuk Indonesia pada 2004. Musim pertama Indonesian Idol mendapatkan rating yang tinggi saat itu. Berkat Indonesian Idol munculah penyanyi-penyanyi Indonesia seperti Judika, Maria Simorangkir, hingga Tiara Andini. Tak tanggung-tanggung, juri-juri dalam acara ini adalah mereka para legend di permusikan Indonesia.

3. Akademi Fantasi Indosiar
Ane tidak akan memasukan pencarian bakat Indosiar seperti Dangdut Academy dan keturunannya. Bukan karena pesertanya jelek melainkan konten konsep acaranya yang jauh dari kata berkualitas. Padahal dulu Indosiar pernah punya AFI yang pernah jadi tontonan favorit masyarakat Indonesia, setidaknya untuk empat musim pertama. AFI bahkan sudah ada sebelum kemunculan Indonesian Idol. Format AFI menjadi pionir bagi yang lainnya di mana setiap minggunya ada peserta yang tereleminasi.

4. X-Factor Indonesia
Franchise X Factor dibuat oleh Simon Cowell yang pernah menjadi salah satu juri Pop Idol dan American Idol. Yang membuat membedakannya dengan Idol adalah X-Factor dibuka untuk minimal usia 12 tahun ke atas dan tidak batasan usia maksimal. Selain itu X-Factor juga terbuka untuk duo, dan grup vokal. Di Indonesia sejauh ini X-Factor baru berjalan dua musim pada 2013 dan 2015. Musim 2013 sukses besar namun pada 2015 ratingnta turun. Padahal menurut ane X-Factor Indonesia lebih menarik dari Indonesian Idol.

5. Indonesia's Got Talent
Masih dibuat oleh Simon Cowell, franchise Got Talent juga merambah ke berbagai negara di dunia. Dalam Indonesia's Got Talent, para peserta bebas menunjukan bakat apapun mulai dari bakat yang sudah umum seperti menyanyi hingga bakat unik bahkan terkesan nyeleneh. Konsep acara yang keren ini sayangnya tidak mampu menarik perhatian banyak masyarakat Indonesia karena hanya berjalan dua musim. Ironisnya, peserta asal Indonesia, The Sacred Riana justru malah menjadi juara di Asia's Got Talent.

6. Masterchef Indonesia
Masterchef adalah franchise pencarian bakat yang dibuat oleh Franc Roddam pertama kalinya di Britania Raya dan merambah negara-negara lain. Masterchef Indonesia pertama kali digelar pada 2012 di RCTI. Karena kebanyakan orang Indonesia yang menyukai kuliner acara ini sukses mendapatkan rating yang tinggi. Selain pesertanya, acara ini juga turut melambungkan nama para chef juri seperti Chef Juna, Arnold, Marinka, hingga Renata. Para peserta dituntut untuk memasak makanan dalam waktu tertentu dan menyajikannya pada juri. Momen ketika mencicipi masakan peserta adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh para pemirsa. Sebenarnya ane lebih suka Allez Cuisen yang dulu pernah tayang di Indosiar yang merupakan adaptasi Iron Chef di Jepang di mana setiap Minggu ada duel memasak dua koki yang sudah profesional kelas hotel berbintang. emoticon-Cool

7. Asia Bagus!
Inilah acara bakat menyanyi legendaris yang merupakan hasil produksi Fuji TV, Jepang. Beberapa negara yang bergabung dalam Asia Bagus! Antara lain Indonesia, Malaysia, Jepang dan Singapura kemudian negara lainnya seperti Korea Selatan juga ikut bergabung. Acara ini berlangsung dari 1992 hingga 2000 dan disiarkan di lima negara. Setiap episodenya hanya berdurasi 30 menit dan ada juara mingguan, bulanan hingga juara umum. Dua penyanyi Indonesia jebolan Asia Bagus! antara lain adalah Krisdayanti dan Rio Febrian.

Nah, itu dia gan ketujuh acara pencarian bakat Indonesia terbaik versi ane. Yang mana favorit agan nih? emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh cintadine 14-08-2020 04:12
yusuf2210
indramamoth
raliakbarrr
raliakbarrr dan 30 lainnya memberi reputasi
29
6.1K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.