News
Batal
KATEGORI
link has been copied
30
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f36015a10d29503450282e1/tito-karnavian-sebut-air-wudu-tak-mampu-bunuh-virus-corona
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menegaskan air wudu yang dilakukan umat Islam sebelum melaksanakan salat lima waktu tak dapat membunuh virus corona (Covid-19). Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan Kepala Staf Presiden Moeldoko. Tito menegaskan banyak hasil riset yang sudah dipublikasikan menyatakan mencuci tangan dengan air saja tak akan ampuh mematikan virus corona. "Wudu itu air
Lapor Hansip
14-08-2020 10:13

Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menegaskan air wudu yang dilakukan umat Islam sebelum melaksanakan salat lima waktu tak dapat membunuh virus corona (Covid-19). Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Tito menegaskan banyak hasil riset yang sudah dipublikasikan menyatakan mencuci tangan dengan air saja tak akan ampuh mematikan virus corona.

"Wudu itu air, airnya dalam penelitian tidak mematikan virus itu, karena air tidak menghancurkan lemak [virus corona]," kata Tito dalam acara Launching Gerakan 2 Juta Masker yang disiarkan di Kanal Youtube Livestreaming Kemendagri, Kamis (13/8).

Lebih lanjut, Tito menegaskan bahwa virus corona hanya bisa dibasmi dengan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer. Ia menegaskan berbagai zat kimia yang terkandung dalam sabun ampuh untuk membunuh komposisi lemak yang menjadi salah satu komponen corona.
Lihat juga: Tito Sentil Pemkot Depok, Tes Corona Masih Rendah

"Wudu boleh, saya juga wudu lima kali sehari, minimal. Kira-kira sampaikan ke kiai, sebelum wudu, cuci tangan pakai sabun dulu, baru wudu, itu bener mematikan virusnya," kata Tito.

Karena itu, Tito meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya dengan menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Ia pun meminta pemerintah daerah juga menyediakan sabun untuk cuci tangan di tempat-tempat umum.

"Ini perlu ada kebijakan pemerintah dengan sosialisasi, kenapa perlu penegakan cuci tangan," jelas Tito.

Diketahui, pernyataan Tito itu bertolak belakang dengan Kepala Staf Presiden Moeldoko yang sempat menyatakan kebiasaan wudu bagi masyarakat di Sumatera Barat bisa mencegah corona.
Lihat juga: Tito Imbau Warga Tak Gelar Panjat Pinang Peringati HUT RI

Moeldoko menyatakan kecenderungan kasus positif corona yang mulai berkurang di Sumatera Barat pada awal Juni 2020 lalu, tak lepas dari penerapan pola hidup sehat berbasis kearifan lokal. Salah satunya adalah wudu sebelum salat dan menutup hidung saat bersin.

"Kasus Covid-19 di Sumbar terkendali karena menerapkan local wisdom, pola hidup sehat berbasis kearifan lokal. Warga yang sebagian besar muslim di Sumbar tanpa disadari berwudu membersihkan diri sehari setidaknya lima kali," ujar Moeldoko dalam webinar tentang 'Kesiapan Nagari/Desa Menuju Era New Normal dalam Pandemic Covid-19' dikutip dari keterangan tertulis KSP.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...h-virus-corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:17
Wudhu pake emoticon-Angkat Beer baru mampus itu virus kopit
profile-picture
slider88 memberi reputasi
1 0
1
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:17
wahhh Penis.....taan ini, ayo laskaaaaarrrrrr kita demo
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:19
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
profile-picture
PneumonoCyclone memberi reputasi
1 0
1
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:19
Ya bener die
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:22
Sebelum wudu, cuci tangan pakai sabun dulu, baru wudu, itu bener mematikan virusnya. emoticon-Smilie
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:24
wah calon diplintir nih
kaya pentil aja diplintir
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:28
ya memang betul... lu muter2 di arapp juga ga bakall hilang tuh covid...

Diubah oleh TheTenant
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:28
waduh masuk fenistaan gak nih?

lastcar assemble emoticon-Belgia
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:34
Berarti belom akhir jaman donk kita ini
Nanti kalo sudah akhir jaman baru deh itu wudhu adalah anti virus
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:35
wudhu pake kencing onta gmn? emoticon-Bingung
profile-picture
goryman memberi reputasi
1 0
1
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:39
yah bener lah mana ada air wudhu bisa bunuh virus covid 19 ...... LOL
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:40
Moeldoko ini ngapa skrg jadi absurd jg begini sih emoticon-Hammer (S)
Dulu eke demen ama dese keliatan kek bpk2 tentara gadun keren emoticon-Ngakak (S)
Judulnya Tito tp eke malah salfok komenin Moeldoko nya emoticon-Hammer
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:44
perkataan pak moeldoko bener
pernyataan pak tito juga bener
yang gak bener itu ya media-nya yang menggiring opini seolah-olah dua pejabat ini berbeda pendapat
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:46
Diubah oleh 54m5u4d183
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:46
astagfirullah emoticon-Kagets

Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:47
Lastcarrrr, tomcattttt, segera ambil barisannnnn..



Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:54
Air Wudhu aja gak mempan , gimana yang cuma OAKKUUU PERCOYO nyanyi nyanyi pak!
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 10:54
.
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 11:07
Ya elah jangan semua dikaitkan sama agama , pemerintah juga aneh ikut ikutan ngait ngaitin sama agama .
0 0
0
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
14-08-2020 11:17
unta udah mulai ribut di fb ngatain tito penista agama emoticon-Leh Uga

ane sumbang gayung ke pak tito utk mandi bangke sendiri
Tito Karnavian Sebut Air Wudu Tak Mampu Bunuh Virus Corona
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia