KkunyukAvatar border
TS
Kkunyuk
IMB Terbit, Segel Bakal Makam Sesepuh Sunda Wiwitan di Kuningan Dibuka


Segel bangunan bakal makam sesepuh masyarakat Adat Karuhun Urang (AKUR) Sunda Wiwitan di area Curug Go'ong Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan resmi dibuka.

Pembukaan segel dilakukan petugas Satpol PP yang di backup personel Polres Kuningan pada Kamis (13/8/2020) pagi atas perintah langsung Bupati Kuningan Acep Purnama.

Dibukanya segel tersebut dibarengi dengan terbitnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang menjadi syarat dari pembangunan bakal makam sesepuh masyarakat AKUR Sunda Wiwitan dimana di dalamnya terdapat bangunan berupa Tugu Batu Satangtung.

"Penyegelan dilakukan karena awalnya tidak ada izinnya, sekarang IMB sudah ada maka segel kami buka," kata Bupati Kuningan Acep Purnama saat dikonfirmasi di Pendopo Kabupaten Kuningan Kamis sore.

Acep juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat di sekitar lokasi pembangunan bakal makam sesepuh tersebut.



Ia menegaskan segala tindakan yang dilakukan mulai dari penyegelan hingga dibuka kembali merupakan bentuk penegakan peraturan daerah.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat sekitar yang penuh dengan pengertian. Dulu penyegelan dalam rangka penegakan perda, sekarang segel dibuka juga dalam penegakan perda," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan menyegel bangunan bakal makam sesepuh Masyarakat Adat Karuhun (Akur) Sunda Wiwitan yang berada di area Curug Go'ong, Kecamatan Cigugur. Bangunan itu disebut mirip tugu.

Seribuan orang dari organisasi masyarakat (ormas) sempat ikut memantau proses penyegelan bakal makam tersebut. Namun untuk menghindari konflik massa dibubarkan pihak kepolisian. Hanya perwakilan ormas yang diizinkan untuk menyaksikan penyegelan.

"Ya banyak ormas, sekitar 1.500 orang. Tugas kami hanya fokus penyegelan. Kami juga koordinasi dengan kepolisian. Jadi hanya perwakilannya (ormas) yang ikut ke lokasi menyaksikan penyegelan," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Kuningan Indra Purwantoro di kantornya, Senin (20/7/2020).

Nahi Munkar

Alhamdulillah


Wait ........ What 

Assembblleee Theeee Armmyyyyyy

emoticon-Inggris
doobey
yusuf2210
wisudajuni
wisudajuni dan 34 lainnya memberi reputasi
35
5.7K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.