• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mack Superliner 1985: Truk yang Menjadi Inspirasi Karakter 'Mack' Dari Film Cars

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Mack Superliner 1985: Truk yang Menjadi Inspirasi Karakter 'Mack' Dari Film Cars
Balik lagi dipembahasan karakter dari film Cars gan sist, kali ini TS akan membahas wujud asli dari tokoh film Cars yang bernama Mack. Pada film animasinya truk ini berwarna merah, dan bertugas mengantar Mc Queen ke setiap balapan. Penasaran seperti apa sosoknya ? Langsung kita mulai saja pembahasannya.




Mack Superliner 1985.

Sumber



SEJARAH


Sebelum ke intinya inti dari tulisan ini, TS ingin memperkenalkan pabrikan pembuat truknya. Mungkin bagi kita nama pembuat truknya agak terdengar asing, karena memang produk mereka hanya dipasarkan di Amerika. Perusahaan pembuat truknya bernama Mack Brothers Company, berdiri pertama kali tanggal 12 Juni 1900 di Brooklyn, New York. Awalnya mereka membuat bus, kemudian pada perkembangannya memilih fokus dalam memproduksi truk, baik truk ukuran sedang maupun besar.


Perusahaan ini didirikan oleh keluarga Mack, tepatnya dipelopori oleh John Mack, August F. Mack dan William C. Mack. Dari sinilah nama perusahaan tersebut berasal, menggunakan nama marga Mack. Kemudian tahun 1904 mereka memperkenalkan produk pertamanya yang diberi nama Manhattan. Tahun 1905 di Allentown, Pennsylvania dipilih sebagai lokasi kantor pusat dan pabrik utama. Pada tahun itu pula saudara John yang lain, Joseph Mack ikut menjadi pemegang saham. Mack juga mulai membuat gerbong dan lokomotif kereta api.




Desain bus pertama karya Mack Brothers, awal 1900-an emoticon-Big Grin

Sumber Foto


Pada tahun 1910, nama truk Manhattan dirubah menjadi "Mack", pada tahun yang sama saudara Mack yang bernama Charles Mack ikut bergabung dalam perusahaan ini. Kemudian pada tahun 1922 nama perusahaannya dirubah menjadi Mack Trucs Inc dan anjing Bulldog dipilih sebagai simbol perusahaan. Sayangnya John Mack meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di Weatherly Pennsylvania. Namun laju prusahaan tetap dijalankan oleh saudara John yang lain.


Tahun 1932, saat sedang beristirahat seusai bekerja, kepala insinyur Mack yang bernama Alfred Fellows Masury membuat ornamen Bulldog yang  pertama dan ditempatkan pada kap depan truk Mack. Kemudian Masury menerima hak paten atas rancangannya, dan ornamen Bulldog pun menjadi identitas Mack sejak saat itu.




Ini desain awal truknya gan sist emoticon-Big Grin

Sumber Foto


Tahun 2000 perusahaan ini dibeli oleh Volvo, tahun itu Volvo juga mengakuisisi Renault truk. Kemudian tahun 2009, kantor pusat Mack berpindah ke Greensboro, North Carolina.  Namun seluruh proses produksinya masih dilakukan di Lower Macungie, Pennsylvania, untuk mesin diproduksi di Hagerstown, Maryland. Selain memproduksi truk sipil, Mack juga ikut menyuplai truk untuk militer AS selama perang dunia.



Salah satu model truk militer Mack.

Sumber Foto


Mack juga memiliki pabrik tambahan di Pennsylvania, Australia, dan Venezuela. Sebelumnya mereka juga memiliki pabrik di Hayward, California dan Oakville, Ontario, Kanada. Demikian sedikit ulasannya gan sist tentang sejarah pabrikannya, jika ada yang mau menambahkan bisa ikutan komen dibawah. Kita beralih ke truknya sekarang.



Mack Superliner 1985


Mack dalam film animasi Cars adalah truk yang diproduksi tahun 1985 dengan tipe Superliner, namanya juga diambil dari merek truk ini. Truk berjenis tractor head alias truk yang biasa digunakan untuk menarik muatan berat, dengan menambah sambungan pada bodynya. Modelnya mengingatkan TS dengan Peterbilt 379, truk yang dipakai dalam film Transformer yang dulu sempat ane ulas.


Truk ini dibagi menjadi dua varian, sleeper cabin dan non sleeper cabin. Varian sleeper cabin, maka dibelakang kepala truk akan dibuatkan ruang tambahan untuk istirahat sopirnya. Biasanya sleeper cabin banyak ditemui pada jenis tractor head, yang akan menempuh perjalanan lintas negara bagian, dengan rute yang cukup jauh. Sementara non sleeper cabin tidak diberi ruang tambahan, biasanya truk jenis ini dibuat sebagai dump truck atau mixer truck.


Eksterior

Dimulai dari eksterior, kita akan menemukan bentuk kabin dengan moncong panjang, ciri khas truk Amerika nih gan sist. Dengan dua knalpot tinggi disamping kiri dan kanan bodynya, diamana knalpot ini berbentuk layaknya cerobong asap pabrik.


Truk model moncong buaya kebanyakan memang punya bentuk yang hampir sama gan sist di AS sana, yang membedakan hanya dapur pacunya saja. Pada bagian kaca depan truk ini juga diberi sekat kaca, sekat tersebut dibuat sangat tipis. Disamping kiri dan kanan kapnya juga diberikan tulisan dengan logo Mack.


Sementara bagian roda depan dibuatkan spakbor yang disesuaikan dengan bentuk rodanya, dispakbor ini ada lampu sein kecil dibagian sampingnya. Kemudian lampu kabut dengan bentuk kotak berwarna kuning, kemudian dudukan kedua spionnya juga dibuat cukup panjang, menjadi ciri khas juga untuk truk Amerika.




Tampak dari samping.

Sumber


Untuk masuk ke kabinnya juga cukup mudah, disamping kiri dan kanan juga disiapkan pijakan kaki yang cukup lebar. Tepat dibawah kedua sisi pintunya juga terdapat tangki BBM yang cukup besar, tangki BBM ini juga bisa dijadikan pijakan kaki, karena tepat berada dibawah pintu.


Beralih ke sisi depan, Mack dibuatkan grill yang cukup lebar dengan bentuk garis vertikal memanjang. Dibagian atas grillnya ada tulisan Mack yang sudah dilabur krom, kemudian pada atas kapnya terdapat ornamaen Bulldog, yang menjadi ciri khasnya. Untuk lampu utamanya dibuatkan frame kotak, dimana lampunya berbentuk bulat kecil.


Pada bumper depan juga dibuat lebar dan besar gan sist, bumper ini dilabur krom juga. Kayaknya terlihat kuat juga nih bumpernya, kalau sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, sepertinya bumpernya gak akan penyok. Pada ilustrasi foto dibawah ini, ada tonjolan bulat kecil dibumpernya, kemungkinan ini lampu tambahan gan sist (cmiiw). Dimana pada versi aslinya bulatan tersebut tidak ada.




Tampak dari depan.

Sumber




Yang ini versi originalnya gan sist, terlihat beda bumpernya.

Sumber


Sementara untuk bagian belakangnya dibekali lampu berbentuk bulat, lampu belakang truk Amerika rata-rata berbentuk bulat. Ada dibawah ilustrasinya gan sist emoticon-Big Grin




Tampak dari belakang.

Sumber



Interior


Untuk interiornya, truk ini dibekali dua kursi saja. Dibelakang kursinya ada tambahan ruang kabin untuk istirahat, ruang kabin ini ada divarian sleeper cabin. Bagian dashboardnya banyak banget panel instrumennya, TS kurang tahu buat apa saja itu panelnya. Memang panel instrumen truk Amerika agak ribet dibandingkan truk buatan Jepang atau Eropa, gak hanya speedometer dan tachometer, kalau tidak salah ada panel untuk suhu mesin juga (cmiiw).




Lihat indikator panelnya gan sist, rumit yak emoticon-Hammer (S)




Panel rpm dan speedometer sepertinya, cmiiw.

Sumber Foto


Untuk truk ini sudah dilengkapi radio untuk hiburannya, dilengkapi power steering dan juga sudah air suspension. Semakin menambah nikmat dalam perjalanan melintasi negara bagian. Pada bagian dashboardnya juga ada ornamen Bulldog yang jadi simbol truk Mack.




Bagian interior.




Ornamen Bulldog, dan dibawahnya entah panel apa ini emoticon-Hammer (S)

Sumber Foto

Pada bagian dashboard sebelah kanan juga dibuatakan sebuah kotak penyimpanan khusus, kotak yang menyatu dengan dashboard, biasa digunakan untuk menyimpan dokumen penting. Sepeti surat kendaraan atau dokumen pengiriman, ada dibawah fotonya gan sist.




Ilustrasi kotak pada dashboardnya.




Untuk ruang istirahatnya ada dibelakang kursi ini.

Sumber


Untuk ruang kabin tambahan yang digunakan untuk istirahat, menurut TS sudah cukup nyaman gan sist untuk istirahat. Ukurannya cukup lehga dan terlihat pas untuk istirahat sang sopir, ilustrasinya dibawah gan sist.







Ruang kabin tambahan, untuk tidur.


Bagian kabin tambahannya gan sist, cukup nyaman ya kalau dilihat. Pada bagain atap sepertinya ditambahkan dua buah speaker disudut kabinnya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



Speaker yang TS maksud.

Sumber Foto



Dapur Pacu


TS akan bahas mesinnya gan sist, untuk sepesifikasi mesin, Mack menggunakan varian yang berbeda-beda. TS akan bahas salah satu mesin yang ane ketahui saja, meski varian mesinnya beda. Tapi rata-rata tenaga maksimal yang dihasilkan bisa mencapai 350 HP, untuk Superliner ini diberi kode RW Series. TS kurang tahu truk Mack ini pakai seri yang mana, mungkin nanti yang tahu bisa komen dibawah gan sist.


Mesin yang dipakai salah satunya adalah tipe E9-450, mesin ini dipakai oleh truk berwarna merah yang TS jadikan ilustrasi utama dalam thread ini. Mesin ini mampu memuncratkan tenaga maksimal sampai 450 HP, tenaga ini dikimpoikan dengan transmisi manual 13 kecepatan. Tenaga monsternya disalurkan untuk menggerakkan rodanya yang mengadopsi sistem penggerak 6x4. Truk buatan AS rata-rata memang punya tenaga monster gan sist, apalagi tipe tractor head yang digunakan untuk menarik box trailer yang besar dan panjang.



Ilustrasi mesinnya ada dibawa ini, kapnya dibuka ke arah depan agar bisa melihat mesinnya.




Ilustrasi mesinnya.

Sumber Foto



Fakta Menarik Soal Karakter Mack


Sebagai penutup, TS akan tambahkan sedikit fakta menarik soal truk Mack gan sist, karakter ini disuarakan oleh John Ratzenberger (aktor Amerika). Dimana ayah dari John dulunya juga bekerja sebagai sopir truk Mack. Dalam sebuah wawancara, John mengatakan merasa terhormat bisa mengisi suara Mack. Sewaktu masih anak-anak, ia sering ikut ayahnya berkendara mengelilingi negara bagian. Dan itu merupakan hal yang paling menyenangkan untuknya, sutradara John Lasseter tahu bahwa ayahnya dulu adalah sopir truk Mack, maka dari itu ia memilih Ratzenberger sebagai pengisi suara karakter Mack.




John Ratzenberger, pengisi suara Mack di film Cars.

Sumber


Sekian dulu ulasan truknya kali ini, mohon maaf bila masih banyak kurangnya. Bagi yang mau menambahkan atau mengkoreksi tulisan TS nanti bisa berkomentar dibawah, sampai jumpa lagi, Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.
3
Ilustrasi: google image
brigadexiii
fergusonredarmy
tien212700
tien212700 dan 44 lainnya memberi reputasi
43
7.5K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.