Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3390d9b840884a8a599e62/tidak-ada-orang-miskin-di-media-sosial
Di era serba digital seperti sekarang, interaksi sosial lebih sering dilakukan daring via media sosial. Dengan pertemuan nonfisik seperti itu, terkadang banyak hal yang jarang ditemui di dunia nyata namun ada di media sosial.
Lapor Hansip
12-08-2020 13:48

Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Di era serba digital seperti sekarang, interaksi sosial lebih sering dilakukan daring via media sosial. Dengan pertemuan nonfisik seperti itu, terkadang banyak hal yang jarang ditemui di dunia nyata namun ada di media sosial. Dengan begitu, media sosial jelas memiliki daya tariknya sendiri. Bahkan untuk sebagian orang, dunia media sosial lebih membuat mereka nyaman dibandingkan dunia nyata.

Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
sumber gambar: maxmanroe.com

Perlahan tapi pasti, seiring dengan semakin meratanya teknologi, orang-orang yang terjun ke media sosial sekarang jumlahnya sudah sangat membludak. Bukan hanya generasi muda seperti pada awal kemunculan media sosial, kini para generasi tua juga mulai merambah dunia baru ini. Hanya saja, semua itu tentu tidak luput dari beberapa permasalahan sosial. Dalam tulisan ini, saya mencoba untuk merangkum konteks apa saja yang menjadi masalah sosial tersebut pada paragraf di bawah.

Quote:
Tidak Ada Orang Sengsara di Media Sosial
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
sumber gambar: kabarmakkah.com

Permasalahan sosial ini muncul akibat keinginan dasar manusia untuk selalu terlihat baik di depan banyak orang. Saat ini, orang-orang berlomba untuk terlihat memiliki hubungan pertemanan yang baik, hubungan keluarga yang baik, hubungan percintaan yang baik, memiliki banyak barang-barang mewah, hangout di tempat mahal, dan masih banyak lagi untuk kemudian mereka unggah di media sosial. Dengan hingar bingar media sosial tersebut, semakin lama akan semakin sulit untuk menemukan orang yang benar-benar menjadi dirinya sendiri di internet. Percayalah, berusaha terlihat baikdi media sosial justru membuat kalian mengakui kalau sebenarnya kalian merasa sama sekali tidak baik. Karena, jika seseorang benar-benar baik, mereka tidak akan repot-repot untuk memperlihatkan semuanya di internet.

Semua yang terlihat di internet saat ini secara tidak langsung membuat beberapa orang mulai meragukan eksistensi dirinya sendiri. Bagi sebagian orang, melihat teman-temannya tampak memiliki kehidupan yang enak membuat dirinya menjadi depresi dan merasa gagal. Karena hal inilah kemudian mulai tenar istilah “insecure karena medsos”. Satu permasalahan sosial ini malah menimbulkan masalah sosial yang baru.

Insecure di Era Media Sosial
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
sumber gambar: diadona.id

Media sosial menjadi ajang pamer kenyamanan hidup menimbulkan gelombang “insecure” bagi orang-orang yang tidak memiliki akses untuk melakukan hal yang sama: pamer. Baik orang-orang yang ingin pamer namun tidak bisa maupun orang-orang yang sama sekali tidak ingin pamer, “insecure” atau kecemasan sosial tersebut akan mendatangi mereka. Dampak dari hal ini dapat berbagai macam, namun yang pasti akan berefek buruk bagi kepercayaan diri dan pandangannya terhadap lingkungan sosialnya. Selain itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, semakin hari akan semakin sulit untuk menemukan orang yang benar-benar menjadi dirinya sendiri di media sosial. Pada beberapa contoh kasus, sering sekali orang-orang “insecure” ini merasa tidak memiliki teman.

Di Media Sosial Tidak Ada Batasan Berprilaku
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
sumber gambar: kominfo.go.id

Salah satu permasalahan sosial yang muncul dan merupakan masalah paling genting adalah batasan prilaku yang menjadi bias. Entah disadari banyak orang atau tidak, karena pertemuan di media sosial bentuknya adalah pertemuan nonfisik, seringkali para “netizen” merasa tidak terikat dengan norma-norma yang ada sehingga berprilaku diluar batas. Tak dapat dipungkiri lagi, meningkatnya jumlah kasus pencemaran nama baik dan hoax adalah dampak dari prilaku di internet yang diluar batas. Orang-orang tersebut mungkin merasa bahwa di media sosial, orang lain tidak dapat melihatnya secara langsung karena terpisah oleh jarak sehingga merasa aman dan nyaman melakukan apa saja. Bisa dipastikan, seratus persen, bahwa orang-orang ini tidak akan sebebas di internet jika bertemu secara langsung. Karena tentu saja, jika dia berani macam-macam, banyak orang yang akan dengan senang hati menghajar wajahnya secara langsung.


Dari beberapa studi kasus di atas, dapat disimpulkan bahwa era baru ini tentu menimbulkan berbagai polemik baru. Dari penulis sendiri, saran dan solusi dalam menjalani kehidupan berinternet sudah pernah di posting pada thread sebelumnya disini. Penulis berharap, semoga para pengguna media sosial dapat lebih bijak menggunakan akunnya walau saya sendiri tidak yakin semua permasalahan sosial tersebut dapat dihilangkan. 


Sumber Tulisan:
Opini Pribadi

Sumber Gambar:
Google Images
Diubah oleh kulitkacang10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faster10 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 17:19
Temen ane di dunia nyata sangat introvert, tapi pernah ane baca blognya isinya dalem banget gan.
Bagus pula tulisannya.
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 17:27
yups.. di medsos kita bebas jadi apa yg kita mau.. meskipun itu entah real atau fake..
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 17:30
Orang bodoh, orang pintar, orang kaya, orang miskin di sosmed sangat tipis bedanya bahkan lebih tipis dari selaput dara
emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 17:39
sosmed mah tempat pamer, kalo yg ngerasa insecure liat sosmed mending nonaktifin sosmednya.
profile-picture
kulitkacang10 memberi reputasi
1 0
1
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 17:41
BETUL KATA YANG KOMEN DIATAS ANE. SOSMED ITU TEMPAT PAMER..



JADI PAMERLAH SEBELUM PAMER DI MEDSOS DILARANG PEMERINTAH.emoticon-Cool


BY. FILUSUF KACANG emoticon-Cool


Quote:
Tidak Ada Orang Miskin di Media SosialTidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
Diubah oleh filusufkacang2
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 17:42
logout - get a life

medsos nggak akan membantu kalau lo kelaparan
emoticon-Angkat Beer
profile-picture
kulitkacang10 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:08
Ini yang dimaksud TS, medsos semacam IG & Facebook kan ya
Emang sih, nggak dipungkiri emang gitu keadaannya. Tapi di medsos tersebut pun nggak jarang kita temuin orang-orang yang mengeluhkan kegalauannya dan kesedihannya di sosmed. Kayak seisi dunia harus tau kalau dia lagi galau/sedih/kecewa. Hal ini pun nggak lebih baik dibanding orang yang "pamer kebahagiaan" tadi
profile-picture
kulitkacang10 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:28
menarik
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:33
yang ada malah orang tolol dengan memperlihatkan kegoblokan dan kontennya di media sosial emoticon-Ngakak
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:37
memang media sosial itu menyenangkan

Tapi dibalik itu tidak banyak yang sadar jika media sosial juga memiliki banyak sekali efek buruk bahkan merugikan diri sendiri

hidup lebih tenang tanpa media sosial
Diubah oleh ravidetan
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:44
Kalo liat di fb dan wa, masih banyak dijumpai status ngeluh, doa-doa dan pamer-pamer.. tapi kalo di ig lebih tinggi level nya, rata-rata yang diposting yang bagus-bagus.
Tapi yang ane heran, para direktur dan bos besar kenapa sama sekali ngak pernah/ jarang sekali bikin status di wa, apalagi di ig dan fb?
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:49
Ya namanya juga sosmed yang ditunjukin yang seneng senengnya aja, memangnya sinetron kumenangis yang ceritanya selalu penderitaan terus emoticon-Hammer2
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:49
Yg paling menyedihkan itu. Org yg pamer kesedihan di sosmed wkwk, yg liat iba pun tidak malah di mampus² in 🤣
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:50
yap betul gan.. ada kalanya netizen sering nyinyir yang gak penting maupun adu domba satu sama yang lainnya
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 18:54
Keluarga ane bikin medsos buat reunian temen kuliah, posting something positive. Gak ghibah, jualan online
profile-picture
filusufkacang2 memberi reputasi
1 0
1
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 19:08
Di sosial media yang tampak kaya juga banyak emoticon-Matabelo
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 19:18
ane buat dagang ama kadang pamer.
dl ditempat kerja pernah dihina disebut kismin hrs tau diri kerja disana emoticon-Big Grin
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 19:23
Seneng liatin Medsos itu breeee berasa kaepci






Paha n dadaemoticon-Betty
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 19:34
Sudah kuduga...
emoticon-sudahkudugaemoticon-Keep Posting Gan
0 0
0
Tidak Ada Orang Miskin di Media Sosial
13-08-2020 19:41
Yg ngak bisa akses sosmed baru kurang mampu jelas logis itu
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia