News
Batal
KATEGORI
link has been copied
217
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f343e339a972e7f2859bf80/baru-5-hari-dibuka-pemerintah-sekolah-munculkan-berbagai-klaster-corona
LaporanCovid19 mendapat data ini dari laporan warga. Namun, LaporCovid19 belum memverifikasi data tersebut. "Saat PBM tatap muka dimulai, bermunculan klaster-klaster baru penularan Covid dari sekolah dari berbagai daerah. Konsekuensi serius dari kebijakan @Kemdikbud_RI !!Apa tindakanmu Kak @Nadiem_Makarim?" cuit akun Laporcovid19, yang dikutip kumparan, Rabu (12/8).
Lapor Hansip
13-08-2020 02:08

Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona

Past Hot Thread


Laporcovid19 melaporkan adanya 6 klaster sekolah. Setidaknya dalam periode Agustus 2020.

LaporanCovid19 mendapat data ini dari laporan warga. Namun, LaporCovid19 belum memverifikasi data tersebut.
"Saat PBM tatap muka dimulai, bermunculan klaster-klaster baru penularan Covid dari sekolah dari berbagai daerah. Konsekuensi serius dari kebijakan @Kemdikbud_RI !!Apa tindakanmu Kak @Nadiem_Makarim?" cuit akun Laporcovid19, yang dikutip kumparan, Rabu (12/8).
Inisiator Laporcovid19 Irma Hidayana telah mengizinkan kumparan untuk mengutip dan menyadur data mereka.

Berikut 6 klaster sekolah di seluruh Indonesia:

Klaster Sekolah Tulungagung

Siswa 9 tahun menulari 5 siswa lainnya dan 2 guru. Peristiwa ini tercatat pada Selasa (11/8).

Klaster Sekolah Kalimantan Barat

14 siswa dan 8 guru di Provinsi Kalbar terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka berasal dari:

3.SMA 1 Ketapang,
SMA 1 Ngabang,
SMA 1 Pontianak,
SMPN 1 Pontianak,
SMAN 2 Pontianak
SMAN 3 Pontianak
Klaster Sekolah di Tegal

Siswa SD dari Kecamatan Pangkah, Tegal, positif corona tertular dari kakeknya. Ia sempat masuk sekolah. Akibatnya guru dan teman sekelasnya harus menjalani tes swab.

Klaster Sekolah di Cilegon

Seorang siswa SMPN 7 Cilegon positif COVID-19 di masa uji coba KBM tatap muka di 53 sekolah yang dihelat mulai 3 Agustus 2020.
Pemerintah Daerah Cirebon langsung membatalkan kebijakan sekolah tatap muka pada 5 Agustus.

Klaster Sekolah Sumedang

Pelajar (6 tahun) di Kecamatan Situraja & pelajar (9 tahun) dari Kecamatan Sumedang Utara tertular corona dari pedagang Pasar Situraja. Keduanya tertular saat perjalanan ke/dari sekolah.

Klaster Sekolah Pati

26 santri Pondok Pesantren di Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati dinyatakan positif COVID-19. Pesantren itu langsung 'lockdown'. Ini tercatat sebelum pesantren dibuka pada 10 Agustus.

Sebelumnya, pemerintah mengizinkan sekolah di zona kuning dan hijau corona untuk belajar tatap muka. Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan pemda bisa menutup kembali sekolah bila muncul kasus baru virus corona.
"Kalau pun zona itu berubah status dari kuning ke oranye, maka tatap muka tidak boleh dilanjutkan lagi. Kalau ada yang terbukti terpapar, sekolah itu tidak boleh tatap muka sampai kondisinya aman," ujar Nadiem dalam program To The Point kumparan, Selasa (11/8).

https://m.kumparan.com/kumparannews/...zDa64JIGY/full

Keputusan fatal,nadiem lama2 begonya kayak aniesemoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reduzumaki dan 26 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 08:34
Apa kabar program pembelajaran lewat TV?

Quote:BANDUNG, KOMPAS.com - Mulai Senin, 13 April 2020, siswa PAUD hingga SMA bisa belajar secara online (daring) dari rumah melalui TVRI. Program Belajar dari Rumah yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tersebut akan berlangsung selama tiga bulan, sebagai alternatif sumber ajar selama pandemi Covid-19. “Rame, menyenangkan, seru banget,” ujar salah satu siswa kelas 3 SD di Bandung, Fahri Fadilah saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/4/2020). Fahri mengatakan, selama ini ia menggunakan aplikasi khusus dari sekolahnya. Pembelajarannya banyak dan membosankan.

Pelajaran dalam bentuk kartun Tapi pembelajaran di TVRI, menyenangkan karena ditayangkan dalam cerita kartun. Soalnya pun tidak banyak. “Kalau aku belajarnya jam 8.30-9.00. Enak belajarnya, cuma nonton dan mengisi soal. Soalnya juga sedikit,” tutur Fahri. Hal serupa disampaikan Kalea Rinjani, siswa SD lainnya. Program di TVRI seperti hiburan buat dirinya. Bagi teman-teman Kalea yang memiliki adik, mereka biasanya menonton TVRI bersama adik-adik mereka. Dari pukul 07.30 mereka sudah nongkrongin TV.

Ada pertanyaan, jawaban dikirim ke guru “Kalau aku sama ibu saja nontonnya. Kartunnya rame, ada orang Papua dan Sunda dalam kartunnya. Sayang, kartunnya sebentar,” imbuhnya. Biasanya, sambung Kalea, pertanyaan dari siaran TVRI tersebut dijawab di dalam buku tulis. Kemudian gurunya akan menambah soal melalui WhatsApp Grup kelas. Jawaban di buku tulis tersebut nantinya difoto kemudian dikirim ke WhatsApp guru. Selain itu ia masih tetap mengerjakan tugas lainnya di aplikasi sekolah.

Orangtua de javu, ingat disuruh nonton TPI
Salah seorang ibu yang mendampingi anaknya belajar, Sarah (37) mengatakan, pembelajaran TVRI mengingatkan dia akan masa kecilnya. “Kaya de javu kitu. Dulu saat masih sekolah saya suka disuruh ibu nonton TPI,” ungkapnya. Sesuai dengan namanya, Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) sering memproduksi program belajar. Misalnya menghitung roda sepeda. Tayangan audio visual itu sangat membantu dirinya dalam pelajaran. Ia masih ingat pernah terkendala di pelajaran fisika. Begitu memperhatikan tayangan fisika dan matematika, pemahaman dia bertambah dan membantu pelajaran di sekolah. “Semoga tayangan di TVRI sekarang bisa dilanjutkan setelah Covid berakhir. Bagus loh tayangan ini, mendidik sekali. Jangan sampai TV kita hanya diisi sinetron dan tayangan tak bermutu,” pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2020...uruh?page=all.



Quote:KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui TVRI meluncurkan program " Belajar dari Rumah" sebagai alternatif belajar di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

"Program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020 dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," jelas Mendikbud Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020).

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menjelaskan program Belajar dari Rumah di Televisi Republik Indonesia (TVRI). Setiap hari dari Senin hingga Jumat ada siaran pembelajaran untuk seluruh jenjang dari PAUD sampai SMA/SMK dan program untuk orang tua (parenting).

"Tiap jenjang ada waktu setengah jam. Materi siaran berasal dari berbagai sumber, seperti TV Edukasi yang diproduksi Kemdikbud maupun pihak di luar Kemdikbud," terangnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2020...-2020?page=all

profile-picture
kazuya99 memberi reputasi
1 0
1
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 08:37
selama mantau, yang kebelet sekolah tatap muka itu kebanyakan daerah, terutama kepala daerah tingkat kota/kab.

guru2 mau dah dites swab berapa kali pun, kalau bocah2nya gk terpantau ya sama aja boong.

Lalu menandakan pemerintah daerah tersebut gk mampu menyediakan akses buat PJJ ...

emoticon-linux2
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 08:38
ujtuk saat ini ga efektif sih nentuin sekolah dari zona hijau,kuning, orange..
kecuali kalau udh 99% masyarakat indo di swab baru deh efektif, bisa nyimpulin mana zona aman mana zona rawan
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 08:50
Yang ngotot nyalahin sekolah daring itu alasannya cuma dua. Cari perhatian atau males ngurusin pendidikan anak di rumah..

Masukan buat pemerintah, coba kerjasama dengan semua provider untuk memberikan quota gratis khusus untuk pendidikan. Jadi orangtua ngga perlu pusing beli quota internet. Selain itu kerjasama dengan aplikasi online pendidikan untuk membuat kurikulum darurat khusus online yang terstandarisasi sehingga bisa membantu para guru. Kalau sekolah swasta kemungkinan sudah ada kurikulum sendiri.

Yang masih belum kepikiran itu bagaimana anak2 yang kesulitan sarana untuk pendidikan online. Masa mau dibeliin hp satu2? Bagaimana ngaturnya? Buat bansos aja masih berantakan gitu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thestarlight99 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 08:51
Ya udah ketebak dari awal, mau diapain lagi.
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 08:55
waduh
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 09:05
sudah dibilangin anak-anak jangan masuk sekolah dulu.

di zona kuning sebaiknya sekolah dan tempat ibadah ditutup dulu.
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 09:09
membuka sekolah kan meningkatkan resiko penularan
harusnya sih jangan coba-coba
mau ga mau sekolah harus terus meningkatkan cara belajar daring
pelan-pelan lama-lama juga terbiasa
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 09:28
Mending dibuka aja dengan syarat anak wajib memakai hazmat. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 09:43
Wah gawat juga yah.
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 10:09
CC: KPAI
profile-picture
profile-picture
kontholl dan gigbuupz memberi reputasi
2 0
2
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 10:15
Gue kurang paham sebenarnya alasan sesungguhnya apa yang membuat memperbolehkan sekolah tatap langsung disaat covid masih tetap naik .

Harusnya berkaca dari pengalaman pertama , hal seperti ini harus benar - benar tegas dan ketat . Kalau masalah tatap muka sekolah ini masih kurang tegas terjadilah hal - hal yg sebelumnya , dimana menkes meremehkan corona ini .

Jangan smpe deh anak - anak kena corona , karena anti bodi mereka kurang baik dan juga kalau dirawat sendiri di RS pasti bakalan stres .

Lebih baik rugi setengahlah daripada diakhirnya rugi semua .
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 10:17
Celaka itu paling ampuh untuk membuat manusia paham.
Jadi celaka saja dulu,
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 10:46
Semua salah wiwi dan mendikbudemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 11:05
Solusinya hanya 1. .
Sekolah Daring, TAPI DI EVALUASI CARA SEKOLAH DARINGNYA. .
JADI YANG DIEVALUASI SISTEMNYA, BUKAN MANUSIANYA. .
Adek ane sekolah wajib photo pakai seragam dan diupload google classroom (Sekolah swasta), tidak perlu videocall/zoommeeting. .
Nah Sepupu ane seorang Guru, dari sekolahnya itu wajib zoom sama murid setiap Awal dan Akhir pekan (Sekolah Swasta), Sedangkan sekolah hanya menyedeiakan uang buat beli plsa 50 ribu
.
Masing-masing sekolah punya cara sendiri, nah ini yang harus dievaluasi,gimana cara terbaiknya biar orang tua di rumah ga pusing, anak dapet pelajaran, Guru juga nyaman mengajarnya.
Kampret sama cebong sama-sama dablek !
Diubah oleh guntur9090
profile-picture
kazuya99 memberi reputasi
1 0
1
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 11:28
Sabar, kurikulum darurat lagi di godok, sabar, malah kemarin ada bocil yg sok kritik mendikbud biar di bilang keren, gw kritik tuh bocil biar lebih sabar atau minimal bantu doa biar pandemi segera berakhir, eh malah gw yg di tolol"in sama salah satu kaskuser dimari emoticon-Leh Ugalehuga
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan kontholl memberi reputasi
2 0
2
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 11:45
mentri tolol, udah bener belajar dirumah, ini malah gak tegas ngasi kebebasan masing masing daerah menentukan mau buka sekolah lagiemoticon-Cape d...
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 11:47
mending para pembuat kurikulum fokus untuk buat kurikulum homeschooling resmi dari pemerintah. guru2 yang ada berfungsi jadi tutor buat orang tua & buat bahan2 interaktif & materi PJJ macam untuk UT.
0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 11:54
pembelajaran online harusnyaa malah lebih baik...lebih ringan dan mudah...

hanya ortu yg maless dan pelajar yg males membaca yg menolak kelas online...

tapi tatap muka harus tetep dilaksanakan tapi harus sesuai prosedur kesehatan dan tidak tiap hari dilakukan.....

dan sekali lagi guru diharapkan untuk bergerak...jangan males ngasih materi pelajaran ke siswa.... dan saat ini tidak ada buku pdf dan aplikasi yg harusnya sudah dibuat untuk sekolah online..... mulai dari soal dan bacaannya....

jangan ngandelin app macem ruang gurukk.... karena itu bukan aplikasi dari sekolah resmi....







0 0
0
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 12:30
untung di galaxy far far away belom ada covid, kasian warga bumi emoticon-Sorry
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia