Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
106
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2c9456f4d6952a2535de50/benarkah-hewan-bisa-memprediksi-bencana-alam-gempa-bumi
Terlepas dari itu,setelah bencana terjadi banyak laporan,atau kabar yang mengatakan ada kejadian aneh berupa hewan terdampar dipesisir laut,burung tiba-tiba terbang jauh dari sarangnya dalam skala besar dan berbagai kejadian perilaku aneh hewan lainnya.
Lapor Hansip
07-08-2020 06:37

Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Bersama saya,dan...hy.
Quote:Tak terhitung sudah berapa sering gempa terjadi dan sudah berapa banyak memakan korban di abad 21 ini.
yang paling memebekas bagi kita orang Indonesia adalah gempa dan Tsunami Aceh tahun 2004,gempa bumi padang 2009 dan gempa diikuti Tsunami di Palu,Sulawesi pada 2018.

Terlepas dari itu,setelah bencana terjadi banyak laporan,atau kabar yang mengatakan ada kejadian aneh berupa hewan terdampar dipesisir laut,burung tiba-tiba terbang jauh dari sarangnya dalam skala besar dan berbagai kejadian perilaku aneh hewan lainnya.
lalu benarkah hewan bisa memprediksi bencana alam gempa bumi?

Apakah benar hewan bisa memprediksi bencana alam gempa bumi?
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?

[/left]

Oke,jawabannya beberapa jenis hewan bisa merasakan kehadiran gempa besar beberapa saat 'sebelum gempa itu terjadi'.Hal ini disebabkan oleh kemampuan hewan untuk merasakan pergeseran sangat halus atau tiba-tiba dilingkungan yang disebabkan oleh gempa bermagnitude rendah.Dan itu adalah kemampuan yang tidak dimiliki secara alami oleh manusia.Saat gempa terjadi, maka ia akan memancarkan gelombang seismik dengan frekuensi sangat rendah (infrasonik) yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia dan hanya bisa didengar oleh beberapa makhluk hidup saja.sebagai perbandingan,manusia hanya bisa mendengar gelombang suara dengan frekuensi dari 31 Hz-19kHz. sapi dengan frekuensi 23 Hz-35 kHz dan gajah pada frekuensi 17 Hz-10.5 kHz.
Sementara gempa bisa menghasilkan gelombang infrasonik dengan frekuensi sangat halus yakni 17 Hz-0,001 Hz dan tentu saja tidak dapat didengar oleh telinga manusia maupun sapi  namun bisa didengar oleh gajah atau paus beluga.
Quote:Munurut penelitian.Untuk memprediksi kedatangan gempa besar hewan mempunyai kemampuan terkait itu.Kemampuan memprediksi jangka pendek yaitu beberapa detik atau menit sebelum terjadi gempa besar dan kemampuan memprediksi jangka panjang atau beberapa hari atau minggu sebelum gempa besar terjadi.

Secara ilmiah,hewan (kita ambil contoh gajah) bisa memprediksi gempa dalam jangka pendek berkat kemampuannya mendengar dan merasakan gelombang suara rendah dengan kecepatan penyebaran di udara yang tinggi hingga 300m/s (dimana Tsunami sendiri mempunyai kecepatan gelombang suara 200m/s).kemampuan ini adalah alasan rasional kenapa gajah dan beberapa hewan lain di beberapa tempat di Asia-Pasifik secara tiba-tiba bergerak ketempat yang lebih tinggi tepat beberapa saat sebelum Tsunami Hindia-Pasifik 2004 menghantam.Alasannya adalah karena saat terjadi aktivitas tektonik kecil maka ia memancarkan  gelombang infrasonik yang sangat halus kisaran 17-0.001 Hz yang kemudian ditangkap oleh telinga dan otak hewan sehingga hewan tersebut menjadi reaktif beberapa saat sebeum terjadi gempa besar 2004.Walau kemampuan hewan mendeteksi gempa bumi jangka pendek masuk akal,namun penjelasan ini masih hipotesis.
Untuk memprediksi gempa dalam jangka panjang,itu hanya bisa dilakukan oleh beberapa hewan seperti ikan (paus Beluga dan beberapa jenis ikan lainnya).Hal itu dimungkinkan berkat kemampuan mendeteksi perubahan medan listrik atau magnetik serta aktivitas tektonik yang meningkat atau terkonsantrasi di kerak bumi yang biasa terjadi jauh hari sebelum gempa.Lagi,walau kemampuan hewan mendeteksi gempa jangka Panjang itu logis,namun ini masih hipotesis.
Dan masih banyak hipotesis lainnya yang menjelaskan kemampuan hewan merasakan perubahan lingkungan akibat gelombang infrasonik gempa atau berkat merasakan medan magnetik dan pemusatan aktivitas tektonik dan sebab-musabab lainnya.
----

Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua perilaku aneh hewan itu menandakan ia sedang mendengar atau merasakan gelombang infrasonik gempa atau perubahan medan magnetik dan meningkatnya aktivitas tektonik bumi.Bisa saja hewan tersebut berperilaku aneh karena sedang kelaparan,terancam oleh predator,mempertahankan wilayah teritorial atau sedang memikat pasangan.
oleh karena itu,para ilmuwan mengatakan sangat sulit mengumpulkan bukti untuk melakukan studi ilmiah terkait perilaku hewan terhadap gempa bumi,walaupun hewan reaktif terhadap perubahan getaran dipermukaan bumi namun tidak berarti semua perilaku aneh hewan itu menandakan ia sedang merasakan perubahan getaran pada permukaan bumi.
Berbeda dengan bencana alam lainnya yang dapat diprediksi seperti badai.Gempa bumi tidak dapat diprediksi secara pasti.oleh karena itu hampir mustahil meneliti perubahan perilaku hewan terhadap hal yang kita tidak tahu kapan akan terjadinya seperti,gempa.

Bagaimana Kesimpulannya?
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
Gambar

[left]
Quote:Sejauh ini belum ada banyak bukti yang membuktikan kalau hewan bisa memprediksi bencana alam gempa bumi,hampir semuanya adalah anekdot yang dilaporkan setelah bencana terjadi,bukan sebelum bencana.Tetapi kita tidak menyangkal bahwa beberapa hewan bisa merasakan kehadiran bencana alam gempa bumi sebelum kita dapat merasakannya.Dan juga kita menyangkal kemampuan hewan yang secara ilmiah terbukti mampu mendengar gelombang infrasonik,perubahan medan listrik,serta penumpukan aktivitas tektonik di kerak bumi.
Walau banyak kejadian hewan berperilaku aneh sebelum terjadi bencana alam gempa bumi,namun secara ilmiah hewan tidak bisa memprediksi kedatangan gempa besar dengan menunjukkan perilaku aneh karena ketidakcukupan bukti.




Demikian.
Thank,

Saleum.
Sumber : tulisan pribadi
Referensi : sini , kesini
 .

Diubah oleh bintanghu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
10-08-2020 15:02
Bisa gaes
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
10-08-2020 15:10
Kayaknya hewan kasi tanda gitu deh kalau mau ada bencana alam


_______________________________________________________

Yg kasi cendol mudah²an dipertemukan jodohnya dan yang udah ada jodohnya semoga di permudah ke pelaminan


emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
10-08-2020 15:44
Datanya dah diupdate? emoticon-Bingung
Dulu katanya manusia cuma 20 hertz-20 kilohertz emoticon-Bingung
Gempa susah diprediksi walau ama hewan juga emoticon-Takut
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
10-08-2020 17:26
terima kasih infonya
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
10-08-2020 20:46
Sejauh ini masih hipotesis yak.. tp semisal ada riset lebih lanjut tntng ini bisa menguntungkan banget sih sebenernya. Seenggaknya manusia bisa terbantu dg perilaku hewan yg menunjukkan akan datangnya bencana alam
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
10-08-2020 21:50
bisa disebut "insting" kali ya
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
10-08-2020 22:08
Keknya nalurinya lebih kuat yakkkk
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
11-08-2020 12:18
Insting dan naluri hewan dalam merasakan bahaya yang mengancang hidup mereka sepertinya lebih baik dari manusia.
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
11-08-2020 18:51
bisa sih gan. kalo ada pertanda mau ada gempa pasti pada turun gunung rusa dsb nya gan
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
13-08-2020 13:46
naluri hewan yg menyelamatkan manusia, cuma manusia nya aja yg sok2an punya naluri kyk hewan emoticon-Wakaka
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
14-08-2020 11:06
bisajadi gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
18-08-2020 16:28
Kayaknya emang bisa sih, kaya gunung meletus juga, karena sensori mereka beda kan dr manusia
0 0
0
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
30-08-2020 01:16
saya setuju sih bahwa hewan bisa memprediksi, mungkin lebih tepatnya kalo ane bilang bisa merasakan adanya perubahan yang terjadi di sekitarnya sih. soalnya sewaktu gempa yang melanda Jogja 2006 silam anjing ane dari malem sembunyi dibawah mobil
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia