Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
119
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f30e60568cc9542a02f4b34/cara-pengereman-di-balapan-moto-gp
Buat kamu yang suka balap motor, pastinya melihat turnament di moto gp sangat seru kan. Nah, disini ane akan membahas hal yang terjadi ketika balapan sedang berlangsung. Terutama masalah yang paling utama yaitu Rem, andai kendaraan tidak ada rem otomatis akan nabrak ya gan. Tapi penasaran kan, bagaimana tehnik pengereman pada moto gp?
Lapor Hansip
10-08-2020 13:15

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Buat kamu yang suka balap motor, pastinya melihat turnament di moto gp sangat seru kan. Nah, disini ane akan membahas hal yang terjadi ketika balapan sedang berlangsung.

Terutama masalah yang paling utama yaitu Rem, andai kendaraan tidak ada rem otomatis akan nabrak ya gan. Tapi penasaran kan, bagaimana tehnik pengereman pada moto gp?

Apa sama dengan motor harian yang dijual bebas oleh pabrikan yang ada di Indonesia? Atau berbeda? Yuk, lah kita kupas tuntas masalah ini.

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Rem didesain berfungsi untuk alat pengurangan kecepatan ketika berkendara dalam waktu yang sangat singkat. Namun sistem dalam pengereman di moto gp tidak bisa dipakai pada motor harian ini akan sangat berbahaya.

Dengan kecepatan kendaraan yang bisa mencapai 350 kpj, tentu saja sistem pengereman yang dilakukan harus sangat kuat.

Bayangkan kalau tidak kuat, akan terjadi kecelakaan yang fatal. Namun tehnik pengereman pada moto gp sangat berbeda dengan motor harian, rem di front lebih sering digunakan hingga 70%, sedangkan rem belakang hanya 10% sisanya adalah engine brake secara automatis sebesar 20%.

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Namun teknologi pada rem menyesuaikan gaya riding si pembalap dan juga material untuk rem akan berubah sesuai kondisi dan cuaca. Bila cuaca bersahabat maka cakram akan terbuat dari karbon namun bila hujan cakram akan diganti dengan baja.

Cara rem tergantung dari riding masing-masing pembalap, dan biasanya front brake akan sering digunakan ini mengapa ketika balapan ban belakang akan terlihat sedikit mengangkat.

Harga satu set rem pada motogp termasuk mahal,

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Quote:

satu set rem depan dan belakang untuk motor balap MotoGP berharga sekitar USD 10.000 hingga USD 15.000 atau setara Rp 144 juta hingga Rp 216 juta (Kurs USD 1 = Rp 14.394).

sumber kutipan




Setidaknya ini memberikan informasi pada pengguna motor biasa di jalan raya, bahwa part untuk teknologi rem sangat berbeda dengan motor harian, tapi biasanya moto gp adalah sistem baru yang nantinya bisa saja dipakai untuk motor harian.

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Seperti teknologi CBS, Combi Brake System. Dimana menggabungkan 2 system ketika menarik tuas rem kanan, maka tuas rem belakang akan ikut serta sebesar 20%. Kalau saat ini untuk harian lebih banyak dipakai untuk jenis matic dimana tuas kiri di pencet akan memaksa tuas kanan ikut serta ikut mengerem, jadi depan belakang otomatis bekerja seiringan.

Beberapa pembalap ada yang menggunakan pengereman dengan teknologi ini walau tidak semua memakai teknologi CBS, yah tergantung si pembalap sih sukanya gimana. Tapi untuk ABS (Anti lock Brake System) hingga hari ini tidak pernah dipasang oleh mekanik karena percuma, di motogp ABS tidak terlalu penting.

Namun sistem CBS buat kamu yang memakai matic untuk tipe tertinggi biasanya sudah ada teknologi CBS ISS, di motor lain selain sayap terbang mungkin beda nama tapi systemnya sama saja, ane harap jangan membawa motor tipe ini ke area pegunungan. Lebih baik membawa motor jenis matic biasa, atau bebek, dan lebih bagus lagi motor variant sport biasanya kita kenal dengan motor laki.

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Karena bila di daerah turunan curam, sistem brake akan mudah blong karena terlalu sering brake depan piringan akan panas. Maka yang terjadi hal yang merugikan, system cbs buat saya agak kurang penting untuk motor harian yang sering dibawa turun naik gunung. Kecuali untuk jalanan kota, mungkin sangat membantu.

Sekian saja thread dari saya semoga berguna, saya c4punk see u next thread.


emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 46 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:30
CBS mnurut gw pribadi gak enak dipake
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:31
Namun sistem dalam pengereman di moto gp tidak bisa dipakai pada motor harian ini akan sangat berbahaya. 


Bahayanya gimane?

Rem depan 70% gitu? Atau engine breaknya? Bukannya memang harus dominan rem depan ya? Makanya motor2 harian yg cakram, cakram depannya lebih besar drpada belakang.
Pernah coba ngerem dominan rem belakang, malah geal geol ga karuan.

Cmiiw
Diubah oleh samudra6969
profile-picture
dbz86 memberi reputasi
1 0
1
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:32
Quote:Original Posted By adekgantengom
Cepeda adek pake cendal.
emoticon-Baby Boy


Kirain pake frame aloy dek emoticon-Leh Uga
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:33
pake rem kapal bre lempar jangkar emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:35
Ane bru tau ada 3 rem.
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:37
Brembo punya ni
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:39
busyet harga satu set rem bisa buat beli mobilemoticon-Wow
Jiwa misquen ane bergejolak keras, mio ane ganti kanvas rem yang cuma 12ribu perak nunggu sampai tipis dan berdecit emoticon-Hammer (S)
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:43
Saflok sama grip nya yg dikawat

Baru 2minggu lalu ngobrol sama ex pembalap yg lagi bersihin motor nya full

Bang tuh grip ngapain di kawat
Biar ga geser ,lu lihat aja gp
Ternyata bener emoticon-Matabelo



_____
Harga buat rem nya ga kaget
Bajakannya aja cmn kaliper bisa seceng emoticon-Takut (S)
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:48
wiih harganya mahal nian niih.. remnya kualitasnya highend
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 18:55
CBS menurut ane enggak praktis malah nyusahin sih kerja gir roda belakang jadi lebih berat karena enggak ngikut kecepatan alur mesin buat ngerem emoticon-Hammer2
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:02
Quote:Original Posted By c4punk1950...


Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Buat kamu yang suka balap motor, pastinya melihat turnament di moto gp sangat seru kan. Nah, disini ane akan membahas hal yang terjadi ketika balapan sedang berlangsung.

Terutama masalah yang paling utama yaitu Rem, andai kendaraan tidak ada rem otomatis akan nabrak ya gan. Tapi penasaran kan, bagaimana tehnik pengereman pada moto gp?

Apa sama dengan motor harian yang dijual bebas oleh pabrikan yang ada di Indonesia? Atau berbeda? Yuk, lah kita kupas tuntas masalah ini.

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Rem didesain berfungsi untuk alat pengurangan kecepatan ketika berkendara dalam waktu yang sangat singkat. Namun sistem dalam pengereman di moto gp tidak bisa dipakai pada motor harian ini akan sangat berbahaya.

Dengan kecepatan kendaraan yang bisa mencapai 350 kpj, tentu saja sistem pengereman yang dilakukan harus sangat kuat.

Bayangkan kalau tidak kuat, akan terjadi kecelakaan yang fatal. Namun tehnik pengereman pada moto gp sangat berbeda dengan motor harian, rem di front lebih sering digunakan hingga 70%, sedangkan rem belakang hanya 10% sisanya adalah engine brake secara automatis sebesar 20%.

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Namun teknologi pada rem menyesuaikan gaya riding si pembalap dan juga material untuk rem akan berubah sesuai kondisi dan cuaca. Bila cuaca bersahabat maka cakram akan terbuat dari karbon namun bila hujan cakram akan diganti dengan baja.

Cara rem tergantung dari riding masing-masing pembalap, dan biasanya front brake akan sering digunakan ini mengapa ketika balapan ban belakang akan terlihat sedikit mengangkat.

Harga satu set rem pada motogp termasuk mahal,

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Setidaknya ini memberikan informasi pada pengguna motor biasa di jalan raya, bahwa part untuk teknologi rem sangat berbeda dengan motor harian, tapi biasanya moto gp adalah sistem baru yang nantinya bisa saja dipakai untuk motor harian.

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Seperti teknologi CBS, Combi Brake System. Dimana menggabungkan 2 system ketika menarik tuas rem kanan, maka tuas rem belakang akan ikut serta sebesar 20%. Kalau saat ini untuk harian lebih banyak dipakai untuk jenis matic dimana tuas kiri di pencet akan memaksa tuas kanan ikut serta ikut mengerem, jadi depan belakang otomatis bekerja seiringan.

Beberapa pembalap ada yang menggunakan pengereman dengan teknologi ini walau tidak semua memakai teknologi CBS, yah tergantung si pembalap sih sukanya gimana. Tapi untuk ABS (Anti lock Brake System) hingga hari ini tidak pernah dipasang oleh mekanik karena percuma, di motogp ABS tidak terlalu penting.

Namun sistem CBS buat kamu yang memakai matic untuk tipe tertinggi biasanya sudah ada teknologi CBS ISS, di motor lain selain sayap terbang mungkin beda nama tapi systemnya sama saja, ane harap jangan membawa motor tipe ini ke area pegunungan. Lebih baik membawa motor jenis matic biasa, atau bebek, dan lebih bagus lagi motor variant sport biasanya kita kenal dengan motor laki.

Cara Pengereman Di Balapan Moto GP

Karena bila di daerah turunan curam, sistem brake akan mudah blong karena terlalu sering brake depan piringan akan panas. Maka yang terjadi hal yang merugikan, system cbs buat saya agak kurang penting untuk motor harian yang sering dibawa turun naik gunung. Kecuali untuk jalanan kota, mungkin sangat membantu.

Sekian saja thread dari saya semoga berguna, saya c4punk see u next thread.


emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star







Rem Jempol blom dimasukin, sekarang banyak rider yang minta ada rem jempol di stang kiri, karena klo ngerem pake kaki ganggu stabilitas pas cornering karena kaki dipake buat nyeimbangin bodi motor pas lagi rebah2an
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:02
wajar sih mahal juga, dengan kecepatan tinggi gtu...
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:04
rem belakang cuma berfungsi 10% doang.. kalo gitu mending gk usah pake rem belakang skalian dah.. lumayan tuh bikin bobot motornya jd lebih ringan kan..
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:08
duh favorite ane udah ga ada simoncelemoticon-Mewek

BATA! emoticon-Bata (S)
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:08
motor gw msh motor kluaran 2012,blom bongkar mesin 😅
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:13
Kalo ane jarang ngerem...soale ga punya motor...
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:14
di jalan raya, saya juga sering pake kombinasi 80-20
tergantung jalannya
kalau aspal lurus dan posisi motor tegak kadang pake rem depan doang untuk memperlambat
rem belakang cuman membantu aja karena tiap kita ngerem beban pindah ke depan semua
jadi pastikan ban kalian dalam keadaan bagus, terutama ban depan
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:21
Seharga 1 rumah
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:22
nice info gan
emang bener gan cara yang baik dan benar saat rem mendadak itu engine brake di tambah rem depan
ane pernah praktekin
hasil nya lebih akurat pake rem depan tapi posisi kendaraan harus lurus,kalo stang belok yang ada melintir motor dan jatoh.
kalo pake rem belakang malah kelewatan

oiya satu lagi posisi berkendara motor yang benar itu posisi jari menggenggam handle stang ga boleh ada jari yang megang tuas rem.


CMIIW
0 0
0
Cara Pengereman Di Balapan Moto GP
11-08-2020 19:28
Tuas atas kopling aspaan ya
0 0
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia