WardahRos
TS
WardahRos
Istri Tak Kunjung Hamil, Bisa Jadi Suami yang Bermasalah
Bukan istri yang mandul



Wanita sering dituduh menjadi penyebab utama pasangan suami istri belum mempunyai momongan. Namun, tahu gak Gan Sis, kalau suami juga bisa jadi penyebab utamanya.

Dalam setahun, ternyata hanya 85% pasangan seksual aktif yang mencapai tahap kehamilan. Perempuan pada dasarnya tak mudah hamil. Kalau tidak ada kelainan serius pada organ reproduksi, peluang terjadinya hanya 20-25% setiap bulannya. Tahu, kan tentang masa subur? Jadi jika ada 100 pasangan berhubungan intim secara rutin maka dalam satu bulan hanya ada 20-25 pasangan yang mencapai tahap pembuahan sel telur.

Paling tidak dibutuhkan waktu setahun bagi pasangan untuk melakukan usaha berulangkali agar berhasil. Itu pun berdasarkan penelitian hanya 85%, sisanya disarankan untuk mengunjungi dokter untuk berkonsultasi dan memeriksa kesehatan fungsi reproduksi kedua belah pihak.

Jadi bukan hanya si istri yang dicek mandul apa kagak. Catet!

Nah berikut ini ane kasih tahu beberapa penyebab si istri tak kunjung halim dari sisi suami.

1. Sperma

Sulit hamil boleh jadi karena ada permasalahan sperma. Bisa karena produksi sperma si suami bermasalah. Jumlah sperma yang terlalu sedikit atau malah tidak ada sama sekali. Atau bisa juga spermanya kurang berkualitas. Misalnya gerakannya lambat, anatomi spermanya tidak lengkap seperti tidak mempunyai ekor, dan lain-lain.



Anatominya terdiri dari kepala, leher, dan ekor. Meski yang berhasil membuahi sel telur hanya si pemenang alias satu sperma, tapi tetap dibutuhkan banyak sperma agar peluang kehamilan semakin besar.

Masalah lainnya yaitu karena saluran sperma yang tidak lancar.

Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan, mulai dengan menjalankan pola hidup sehat sehingga kualitas dan kuantitas sperma meningkat. Hingga pembedahan untuk menormalkan saluran yang tersumbat.

Ini ada pengalaman saudara ane Gan Sis. Dia kerja sebagai supir yang kerjanya mengharuskan dia selalu keluar kota. Istrinya tidak kunjung hamil, jadi mereka periksa ke dokter. Ternyata masalahnya pada kualitas sperma suami yang tidak sehat karena terpapar polusi. Si suami akhirnya harus terapi untuk menjaga kesehatannya.

2. Gangguan testis

Testis adalah organ yang bertanggung jawab atas produksi sperma. Jika si pabrik ini bermasalah maka akan menggangu proses produksi sperma. Organ ini bisa jadi berkurang performanya disebabkan oleh beberapa penyakit yang menimbulkan infeksi seperti sifilis, gondongan, gonorrhea, dan lain-lain. Jika organ ini terganggu, kualitas dan kuantitas sperma akan bermasalah. Bisa jadi orang tersebut mengeluarkan cairan sperma tapi tanpa sel sperma.





3. Kelainan bawaan

Meskipun angkanya kecil, tapi kelainan ini tetap bisa menjadi penyebab yang langka. Ada pria yang kromosomnya perempuan. Aneh, ya? Tapi memang begitulah.

4. Masalah psikologis

Orang yang mengalami stress ternyata membuat kesehatan tubuhnya terganggu. Termasuk kualitas spermanya. Makanya Gan Sis, perhatikan juga kesehatan rohani pasangan kalian. Jangan sampai stress, sering ajak komunikasi atau ajak liburan juga untuk menghilangkan stress.



Nah itulah Gan Sis masalah-masalah yang mungkin menjadi penyebab istri tak kunjung hamil.

Buat kalian yang sedang promil, tetap berjuang dan jangan patah semangat emoticon-Jempol

Sumber:
Pinterest
Media Indonesia
Channel-Korea

Diubah oleh WardahRos 08-08-2020 06:41
anton2019827pulaukapoktien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.8K
71
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.