Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
138
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f27b60168cc95327e5a1582/flashback-celengan-mana-yang-pernah-lo-punya
edari duduk dibangku SD, pepatah lama ini pun seakan sudah melekat dihati gue Gan... . Dengan kita rajin menabung maka pada suatu saat/waktu nanti kelak akan menjadi kaya. Kalimat tersebut pun tak sekadar sebagai pepatah saja
Lapor Hansip
03-08-2020 14:00

[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:
"Menabung Pangkal Kaya"


Sedari duduk dibangku SD, pepatah lama ini pun seakan sudah melekat dihati gue Gan... . Dengan kita rajin menabung maka pada suatu saat/waktu nanti kelak akan menjadi kaya. Kalimat tersebut pun tak sekadar sebagai pepatah saja, melainkan gue sendiri mengamalkan pepatah ini dengan menabung melalui (celengan). Maklum, di era 90 an anak SD seperti gue belum mengenal produk tabungan, atau semacamnya. Pepatah itu dijalani dan dibuktikan dengan menyimpan uang di celengan selama satu catur wulan, dan hasilnya memang lumayan karena bisa dimanfaatkan untuk membeli buku dan peralatan belajar pada masa itu. Meskipun beberapa pendapat (celengan) sudah tak relevan di era digital seperti sekarang ini, kali ini gue mau mengajak kalian semua generasi lama untuk flashback akan celengan yang pernah lo pakai guna menyimpan uang. 


Quote:
Quote:
Celengan Jago

[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
Terbuat dari tanah liat, celengan yang memiliki bentuk menyerupai ayam jago ini pun menjadi barang untuk menyimpan uang. Sedari kecil, beberapa orang tua kerap mengajarkan kita untuk menabung, salah satu caranya adalah dengan memberikan celengan berbentuk ayam jago. Selain berbentuk ayam jago, celengan ini memiliki lubang sebagai tempat untuk memasukan uang, baik berupa koin atau pun kertas. Kelemahan celengan ini, ketika dipecah/dibongkar. maka celengan ini sudah tak bisa dipakai lagi. 



Quote:
Quote:Celengan Plastik

[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
Beradaptasi dengan kemajuan zaman, celengan berbentuk jago ini mungkin sudah mulai ditinggalkan. Hadirnya celengan plastik sebagai alternatif barang yang diberikan kepada anak-anak guna mengajarkan akan pentingnya menabung. Celengan ini mudah didapatkan, dan memiliki berat yang ringan.. namun ketika sudah celengan dibongkar atau disobek, karena bahan terbuat dari plastik sehingga celengan tersebut pun berakhir menjadi limbah plastik. 
Uniknya, celengan ini pun memiliki banyak bentuk.. mulai dari silinder, menyerupai suatu karakter, sehingga menambah daya tarik bagi anak-anak untuk memiliki celengan. 



Quote:
Quote:Celengan dari Bambu

[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
Bagi anak-anak generasi sekarang, mungkin kurang mengenal dengan celengan satu ini. Celengan terbuat dari bambu ini memang fenomenal pada jamannya, bahkan termasuk TS sendiri pernah merasakan momen menabung di celengan bambu. Selain bahan bisa dengan mudah kita temukan, besar lubang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun celengan ini memiliki kekurangan akan keamanan dari uang tersebut. Salah duanya adalah apabila bambu dipenuhi rayap, atau bambu membubuk sehingga uang kertas di dalamnya akan menjadi rusak. 
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
bonus penampakan ambil dari google


Selain ketiga celengan tersebtu di atas, sekarang sudah tersedia juga celengan terbuat dari bahan seng atau dengan berbentuk kaleng atau lainnya. Itulah beberapa celengan yang pernah TS alami, kalau lo... kir-kira celengan mana nih yang masih ingat banget sampe sekarang?
Cuss Komentar dimari Gan... Gue Tunggu ya... emoticon-Cool



Quote:Inspirasi Thread Sendiri
Gambar dari Google



Diubah oleh drumss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:12
celengan ayam pernah punya...
atas nabung, bawahnya dibolongin..emoticon-Leh Uga
profile-picture
eeng1989 memberi reputasi
1 0
1
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:16
Ga pake celengan, kaleng biskuit dulu pakenya, ga perlu beli celenganemoticon-Leh Uga

BATA! emoticon-Bata (S)
profile-picture
Vinzarc memberi reputasi
1 0
1
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:16
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?

Terakhir kali iseng nih bongkar celengan bisa dapet hampir 500rb.. nggak nyangka.. koin seribuan sisaan beli rokok sebanyak itu..
profile-picture
Vinzarc memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:17
1 dan 2
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:19
kalo celengan bisa dicolong sama tuyul/babi ngepet gak gan?
profile-picture
Vinzarc memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:23
Klo gw celengan ayam tp bawah nya ane bolongin biar gambang ngambil klo g ada duit wkwkkw
profile-picture
profile-picture
diehard57 dan Vinzarc memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:27
celengan plastik yg sering gan wowkol
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:28
Ayam jago ama macan. Kalo dah penuh di pecahin, seru nya bukan main

_______________________________________________________

Yg kasi cendol mudah²an dipertemukan jodohnya dan yang udah ada jodohnya semoga di permudah ke pelaminan


emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:29
Celengan bikin sendiri dari kaleng bekas emoticon-Sorry
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:31
dulu pernah punya celengan ayam yg dari tanah liat lapis keramik. keren banget tuh dulu
emoticon-Cool
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:35
punyae kek gini doang

[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
23serigala dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:35
buat agan yang udah buka celengan nya bole mampir di lapak ane gan siapa tau ada yang nyangkut. emoticon-2 Jempol
isi lapaknya baju" kekinian tp harga lokal, untuk kualitas gausah diragukan lagi. mampir aja gan cek koleksinya di instagram ane getitnowstore
ato click link di bawah👇😁
https://linktr.ee/getitnowstore

emoticon-Cendol Gan
emoticon-Shakehand2
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:35
Wah, ini keren. Jangan lupa ikuti saya kawan
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:36
celengan babi gan
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:40
dulu pernah bikin dari bambu emoticon-Big Grin
skrng si Ayam Jago
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:45
celengan plastik lebih awet dan murah pula harganya.

emoticon-Toast emoticon-Toast
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:46
Q dulu pernah punya celengan plastik bentuk gajah. isinya udah penuh ama uang koin sama ibu ditukar uang kertas 1 lembar 50 ribu. Q ngk terima sambil nangis2 gtu soalnya uang koinku kn banyak penuh pula kok malah di tukar uang kertas cuma 1 lmbar q mintanya uang 50 rbuan harus penuh dicelengan gajahku emoticon-Ngakak
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:48
celengan plastik gan,punya anak ane. bentuknya minion 😁
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:50
Di bambu dan ayam dr tanah. emoticon-Recommended Seller



baru di masukin uang besoknya di ambil lg buat jajan emoticon-Hammer2
0 0
0
[Flashback] Celengan Mana yang Pernah Lo Punya?
11-08-2020 12:52
Ane dulu pake celengan tanah liat bentuknya semacam kendi gitu sama celengan plastik. Tapi ga bertahan lama soalnya ane lebih sering nyimpen duit di kantong celana ama tas emoticon-Ngakak
Diubah oleh 23serigala
0 0
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia