• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Krisis Penghargaan Diri, Penyebab Mental Menciut Saat Dihinggapi Kegagalan

adnanami
TS
adnanami
Krisis Penghargaan Diri, Penyebab Mental Menciut Saat Dihinggapi Kegagalan
Kamu tetap berharga dan berpotensi sekalipun pernah mengalami kegagalan

Gagal! Sebuah kata yang menakutkan dan dihindari oleh hampir semua orang. Kegagalan adalah sebuah mimpi buruk yang nyata. Setelah gagal itu hinggap di bahu seseorang, perasaan tidak menyenangkan lainnya akan ikut bertengger juga seperti rasa kecewa, sedih, bahkan trauma. Tapi ini hidup, man! Tidak mungkin seorang anak manusia hidup tanpa mengalami kegagalan.

Anak kecil yang belajar berjalan, dia pasti pernah jatuh. Dalam jatuhnya itu dia merasakan kegagalan, namun karena dia terus bangkit lagi dan lagi, pada akhirnya kesuksesan untuk berdiri, berjalan dan berlari bisa dia dapatkan.

Kenapa semakin bertambah dewasa, mental kita untuk bangkit semakin menciut? Tidak sama lagi seperti saat kita belajar berjalan. Terkadang kita bisa mengambil pelajaran dari seorang anak kecil yang tidak terlalu banyak berpikir ketika dirinya gagal. Setelah jatuh tersungkur, dia menangis sesaat tapi dia tetap bangkit, berlari kembali dengan menebarkan senyuman keceriaan.


Kita orang dewasa terlalu banyak berpikir. Memikirkan kemungkinan - kemungkinan yang belum tentu akan terjadi. Terlalu larut dalam pikiran sendiri yang membuatnya semakin lama untuk berdiri. Parahnya, beberapa dari kita mengutuk diri sendiri dengan label yang salah, yang semakin membuat keadaan mental semakin terpuruk. Merasa tidak berharga lagi, payah dan tidak pantas.

Satu hal yang patut agan ingat saat terpuruk dalam kegagalan adalah "Kamu tetap berharga dan berpotensi sekalipun pernah mengalami kegagalan"

Nilai diri kita tidak berkurang hanya karena satu kegagalan yang kita perbuat. Kamu tetaplah berarti bagi orang - orang yang menyayangimu. Kamu masih tetap berhak mendapatkan masa depan yang cerah, tak peduli sekelam apa masa lalumu. Orang yang pernah gagal kemudian menjadi semakin rusak sebenarnya adalah orang yang mengalami krisis "penghargaan diri". Dia lupa bahwa dirinya berharga sehingga memilih berkubang dalam kegelapan yang semakin menarik dirinya dalam ketidakbahagiaan.

Hidup adalah pilihan. Kita sendiri yang bisa memilih akan diarahkan kemana hidup ini. Mau kita bentuk seperti apa diri kita serta masih maukah kita terus jatuh tersungkur terlalu lama sampai lupa bagaimana caranya untuk bangkit.

Ane @adnanamipamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk berbagi mengenai kisah kegagalan dalam hidup kalian di kolom komentar thread ini ya!



Sumber tulisan : pemikiran TS
Diubah oleh adnanami 11-08-2020 04:25
knoopytien212700iblast867583
iblast867583 dan 53 lainnya memberi reputasi
54
6.8K
168
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.