Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
102
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2e55d10577a96bdf50d143/uniknya-kode-jalanan-di-australia-sampai-22-macam
Jalan adalah sebuah sarana yang dicipakan guna mempermudah transportasi khususnya melalui jalur darat. Jalanan sendiri mulai dibangun atau diadakan sejak zaman manusia purba loh gan, meskipun enggak di cor, di aspal, beton dan lain-lain, mereka membuat jalan sederhana untuk memudahkan berpindah tempat ke antara hutan satu ke hutan yang lain. 
Lapor Hansip
08-08-2020 14:35

Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Jalan adalah sebuah sarana yang dicipakan guna mempermudah transportasi khususnya melalui jalur darat. Jalanan sendiri mulai dibangun atau diadakan sejak zaman manusia purba loh gan, meskipun enggak di cor, di aspal, beton dan lain-lain, mereka membuat jalan sederhana untuk memudahkan berpindah tempat ke antara hutan satu ke hutan yang lain. 

Nah berbicara mengenai jalan, kita akan sama-sama bahas nih dan mengenai sistem penamaan jalan menggunakan kode-kode tertentu di Australia (dan negara-negara persemakmuran Inggris lainnya)  yang unik nan kreatif serta sangat bermanfaat bila ditiru. 

Beberapa kode-kode jalan yang akan saya jabarkan di bawah berikut ini, merupakan cara untuk mengetahui apakah jalan yang sedang kita lalui ini kedepannya akan sempit? rindang karena banyak pohon disisi kiri kanan? ataukah jalannya akan menanjak, memuta,r mendaki? atau kendaraan kita melaju pada jalan yang nantinya akan banyak gedung-gedung publik di kiri kanan?

Langung kita bahas ya gannn emoticon-Smilie


Quote:1. Esp. (Esplanade)

Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Nah, jika agan-agan sekalian yang sempat jalan-jalan ke Australia atau beberapa negara persemakmuran Inggris lainnya, kemudian membaca di papan jalan tulisan jalan "xxx Esp", maka agan-agan sekalian sedang menuju ke jalan yang panjang serta terbuka yang dekat dengan laut berada atau jalan di tepi laut emoticon-Smilie. Kalau di Indonesia sendiri, Esplanade ini sifatnya mirip-mirip dengan jalan yang berada tepat di sisi pantai Soge di Pacitan-Trenggalek




Quote:2.  Aly. (Alley)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Aly nih adalah kode untuk memberitahukan kepada kita bahwa jalan yang kita lalui ini adalah jalan yang kecil dan berada di antar gedung, dan mungkin saja bisa di lewati atau tidak bisa di lewati. Contohnya Nih gan, gedung A bersebelahan banget dengan gedung B , terus ada jalan kecil yang mengantarainya, dan jalan itu kecilll sekali hingga dimungkinkan bisa di lalui atau tidak, contohnya jalan kecil itu namanya gang Asik, maka ditulislah " Asik Aly. 
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)




Quote:3. Cress (Crescent)
 Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
Jalan ini adalah jalan yang melengkung yang bisa saja kedua ujungnya saling menyatu. biasanya mengitari perumahan dan sebagainya emoticon-Smilie



Quote:4. Bltwy ( Beltway)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Jalan ini adalah jalan melingkar yang mengelilingii kota. Intinya mengitari ya gan, menyerupai bulan sabit yang bisa saja jalan tersebut tidak terputus pada kedua ujungnya. misalnya Simpang Susun Semanggi ( hanya saja Bltw lebih luas ya emoticon-Smilie ) . Jadi bisa kita namai, Simpang Susun Semanggi Bltwy


Quote:5. Cswy (Causway) 
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Apakah agan pernah melewati suatu jalan yang di bawahnya melewati tanah atau air yang rendah? ataupun juga rawa? Nah, jika agan menemukan jalan yang namanya, misalnya jalan " Bajing Galak Cswy ", berarti sebentar lagi agan akan melewati jalan yang bawahnya terhadap rawa ataupun air yang rendah emoticon-Smilie



Quote:6. Pkwy (Parkway)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Pkwy ini adalah kode jalan untuk menggambarkan jalan umum besar yang di dekorasi dengan banyak pohon/ taman yang sering muncul di sisi jalan emoticon-Smilie





Quote:7. Fwy (Freeway)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Nah jalan ini yang paling sering kita pijak gan, dimana ia adalah jalan raya yang besar dimana ada dua atau lebih jalur di setiap sisinya emoticon-Smilie





Quote:8.  Tpke ( Turnpike )
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Ini adalah bagian dari jalan raya dan merupakan jalan Tol emoticon-Smilie . Misalnya Jagorawi Tpke emoticon-Smilie
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)




Quote:9. I ( Interstate)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Interstate sendiri adalah jalan besar yang biasanya di danai oleh pemerintah faderal  yang merupakan bagian dari sistem jalan raya, biasanya pun kode I dipakai untuk jalan yang yang melewati beberapa negara. 


Quote:10.   Hwy (Highway)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Ini adalah jalan umum, besar, utama yang menghubungkan banyak kota, Misalnya Jalur pantura yang melintasi sejumlah kota-kota seperti Cilegon, Serang, Tangerang, Bekasi dll, Jadi Pantura Hwy emoticon-Smilie


Quote:11. Fr ( Frontage Road )
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Di Australia, Fr ini dikenali sebagai jalan akses ataupun juga alan paralel dengan jalan yang lebih besar. Fr menyediakan  akses ke jalan masuk pribadi, tokoh ataupun rumah 


Quote:12. Pl ( Place )
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Kondisi jalan yang memakai kode Pl ini, adalah sebuah jalan buntu atau yang tidak memiliki tembusan (semacam gang). Kalau agan lihat jalan misalnya, "Burung Kakatua Pl" Itu berarti jalan kecil di apit oleh rumah dan buntu emoticon-Smilie




Quote:13. Ter ( Terrace )
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Jika pada suatu waktu agan menemukan misalnya jalan "Ayam Jago Ter", berarti jalan di depan agan adalan jalan yang mengikuti kemiringan puncak, atau jalan mendaki ke puncak bukit
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)




Quote:14. Plz ( Plaza) 
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Plaza umunya di tengah kota, menggambarkan jalan yang dikelilingi oleh gedung-gedung ataupun ruang publik ainnya, Plaza nih kata lainnya Square.



 
Quote:15. Ct (Court)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Ct merupakan jalan yang pada akhirnya seseorang akan berada pada area lingkaran seperti pada gambar, serta sifat jalannya seperti pada Place (Pl) alias jalan buntu




Quote:16. Way (Way)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Way nih banyak di sekitar kita, kalau rumah kita di pinggir jalan, maka itu Way, sebab arti Way di Austrilia di pakai untuk jalan-jalan kecil di pinggir jalan





Quote:17.  Dr ( Drive )
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Nah kode Dr ini adalah jalanan yang kontruksinya mengikuti bagaimana keadaan alam setempat, jika ada jalan yang di bangun menanjak ke bukit, maka jalanan Dr adalah jalanan mendaki, jika ada jalanan yang dibangun mengitari perbukitan maka jalanan Dr akan melingkar serta tidak mesti lurus-lurus saja tiada hambatan, adakalanya kode Dr menggambarkan jalan curan dan banyak berliku, oleh sebab dibangun berdasarkan bagaimana alam disana





Quote:18.  Ln ( Lane )
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Ln adalah tipe jalanan yang sempit, dan banyak di jumpai di daerah pedesaan 
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)





Quote:19. Blvd (Boulevard)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Nih jalan yang bagus untuk naik sepeda saat sore hari sambil pasang earphone di telinga dan putar lagu favorit emoticon-Big Grin. Sebab jalan berkode Blvd adalah jalan besar dan lebar , sisi kiri kanannya di tanami banyak pepohonan secara teratur





Quote:20. Ave (Avenue)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

Ini adalah jalanan umum, di tandai dengan banyaknya pepohonan atau bangunan di kiri kanannya





Quote:21. St ( Street )
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)

St ini biasanya terhubung ujungnya pada Ave di atas, Ini pun adalah jalan umum dengan bangunan di kedua sisinya.





Quote:22.  Rd (Road)
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
Ini adalah jalan biasa tetapi dia menghubungkn dua titik maka dinamakan Rd





------------

Sangat bagus bukan bila ditiru, untuk lebih mendetailkan jalanan baru yang akan kita lalui emoticon-Smilie, namun untuk di negara kita, berbicara soal jalan yang mesti menjadi prioritas sungguhan adalah membenahi jalan-jalan yang banyak rusak, khususnya di daerah pedalaman dan perbatasan yang membuat saudara-saudara kita kesulitan,. juga yang harus mendapat perhatian lebih, jalan di pelosok desa banyak yang tidak bisa dilewati akibat becek bak longsor ..


sekian semoga bermanfaatun emoticon-Smilie











profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 03:33
Oh kodenya ad keterangan sama fungsinya masing2 yak, wah keren sih ini simpel mungkin bisa ditiru di kota2 besar di indonesia hehehehe
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 06:07
sangat berguna nanti jika saya tersesat di London.
emoticon-Cool
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 06:20
Ini mirip di perumahan besar,kaya kelapa gading, serpong bsd, sumarekon.. bulan depan ke Melbourne berarti..go go go..
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 07:04
Sangat membantu sekali informasinya gan apalagi didukung ilustrasi yang mudah dipahami
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 07:13
nais inpona gan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 07:18
nanti kesana langsung biar hafal nama jalannyaemoticon-Ngakak (S)

BATA!emoticon-Bata (S)
0 0
0
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 07:31
klo gang buntu apaan?
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 08:46
unfaedah...
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 08:53
gak pernah kesana juga emoticon-Hammer2
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 09:37
keren ya bisa dinamain sampe 22 jalan gitu dan teratur..
tapi kalo yg pertama dateng pasti bingung wkwk
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 12:40
sebagai arsitek dan pengamat perkotaan / urban.. INFORMASI INI JOSS BANGET DEH AHH
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 14:33
jadi udah tertata rapi gt ya gan jadi juga bisa aoa ya, tahu mana jalan yg harus dilewati bahkan buat bukan orang setempat
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 18:28
Semua artinya Jalan
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 22:46
Banyaknya jenisssnyaaaa hmmmmm
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
11-08-2020 23:10
tapi keren sih. jadi lebih tertata gitu menurutku lebih rapih krn org2 jd bisa engeh
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
13-08-2020 01:15
mungkin kalo buat warga Australi mereka bisa apal karena terbiasa dan hidup sehari-hari di sana emoticon-2 Jempol

tapi kalo buat pendatang mungkin susah payah juga ngapalin macem-macem kode jalan hehehe emoticon-Bingung
0 0
0
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
13-08-2020 21:43
Beragam yak.. jd bingung kalo ga hapal
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
25-08-2020 00:38
Baru nyadar asli bro. Dah pernah kesini sih. Taunya cm Ave, Blvd, sam St. Hahaha
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Uniknya Kode Jalanan di Australia (Sampai 22 Macam!)
29-08-2020 01:54
wahhh ane bahkan baru tau nih ada yang kaya begini, mantep banget dah tritnye nih langsung kasih cendol emoticon-Wow
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia