• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • International L 170: Truk yang Menjadi Inspirasi Karakter Tow Mater Dari Film Cars

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
International L 170: Truk yang Menjadi Inspirasi Karakter Tow Mater Dari Film Cars
Hallo gan sist semua, pecinta otomotif dan film animasi Cars. TS kembali hadir dengan pembahasan karakter dari film Cars, setelah membahas mobil dengan kecepatan tinggi ditulisan sebelumnya. TS akan mengenalkan kalian dengan kendaraan yang lebih kalem, kali ini TS akan membahas sosok Tow Mater dari film Cars, sosok teman dari tokoh utama yaitu Mc Queen. Langsung saja TS mulai kisah panjangnya.



International Harvester Company


Sebelum mengenal kendaraannya, alangkah baiknya jika kita berkenalan dengan pabrikan pembuatnya. Nama pabrikan tersebut adalah International Harvester Company (biasa disingkat IHC atau IH), pabrikan ini pertama kali didirikan pada tanggal 22 Maret 1902 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Dilihat dari sejarahnya, pabrikan ini berfokus pada pembuatan kendaraan berjenis truk dan juga pick up gan sist, mereka juga memproduksi traktor untuk pertanian.


Produk mereka banyak diminati dan berhasil dijual cukup banyak pada dekade 1950-1970, tapi menjelang tahun 1980, tepatnya tahun 1985. Pabrikan IHC ditutup alias bangkrut, karena penjualan produk mereka yang semakin menurun pada tahun 80-an. Sangat disayangkan, pabrikan lehendaris seperti IHC harus bangkrut, mengingat mereka cukup mumpini dalam pembuatan kendaraan dan traktor untuk pertanian. Berikut adalah beberapa produk dari IHC gan sist.




Versi truk derek yang menjadi inspirasi Mater.

Sumber




Pick up series A, 1957.



Produk traktor tahun 1940-an.




Loadstar 1700 edisi 1970 (R series), sekilas mirip Toyota Buaya emoticon-Big Grin

Sumber Foto




Truk L Series buatan 1950.

Sumber




International L Series


Produk truk dari International ini diberi kode L gan sist, diikuti dengan tiga angka dibelakangnya. Kalau untuk sosok Tow Mater menggunakan tipe L 170, International membedakan produknya menjadi 3. Yaitu The Schoolmaster, The Loadster dan The Roadliner. Truk buatan International ini bisa diaplikasikan dalam berbagai model, mulai dari dump truk, truk derek, sampai mixer truk sampai truk box. Untuk L Series diproduksi tahun 1949-1952, kemudian produk L Series digantikan oleh R Series.


Di Amerika Serikat truk ini dikenal juga dengan nama 'boom truck', entah kenapa bisa begitu, TS juga masih belum tahu alasannya. Bagi gan sist yang tahu bisa komen dibawah nanti. Kita langsung berkenalan dengan truk yang dijadikan karekter film Cars, namanya adalah L 170, diproduksi dan dipasarkan mulai tahun 1951. Kita mulai dari eksterior dulu gan sist



Eksterior


Kita mulai dari bagian luar alias eksterior, untuk truk langsiran 1950-an. L 170 masih membawa desain kabin dengan moncong panjang, mirip moncong buaya. Mengingatkan TS akan Toyota DA 110 yang dijuluki buaya oleh orang Indonesia, karena bentuk moncongnya yang panjang. Salah satu ciri khas truk ini adalah lampu bulatnya gan sist, dimana truk era 1950-an rata-rata model lampunya bulat.


Yang unik nih lampu sein depan justru berada diatas spakbor roda depannya dengan bentuk bulat dan berwarna kuning, kemudian diantara lampu depan ada grillnya. Bentuk grillnya lumayan unik, disamping lampu utama grillnya dibuat pendek, kemudian bagian tengahnya grillnya memanjang. Dibagian bawah grill ini juga diberikan plakat yang dilabur krom, yang diposisikan vertikal memanjang, membelah bagian tengah kedua sisinya.




L170 tampak dari luar, ini versi dump truk kalau TS lihat deskripsinya diinternet. CMIIW

Sumber


Sementara spionnya sendiri ditempatkan agak jauh dari posisi normal, biasanya spion berada didekat kedua pintu utamanya, persis didekat jendela. Sementara letak spion L 170 diletakan dekat pintu, dimana ukurannya juga lumayan panjang. Ini harus hati-hati kalau membuka pintunya, kalau gak hati-hati spionnya bisa kena hantam pintu sewaktu membukanya.


FYI untuk versi truk derek (truk yang ukurannya lebih besar) menggunakan spion berbeda gan sist. Dengan besi penyangga yang lebih panjang, varian truk derek adalah jenis yang berbeda dari truk biasa yang dipasarkan oleh International. Untuk yang dijadikan truk derek, plakat kromnya ada tiga, berada dibawah grill depan. Untuk lampu kabut, semua variannya tepat berada dibawah lampu utamanya, berbentuk kotak kecil.




Versi truk derek yang jadi inspirasi Mater, ukurannya lebih besar dari ilustrasi truk yang diatas.

Sumber


Kalau dilihat lagi, truk ini dibuat dengan tambahan lekukan spakbor yang mengikuti bentuk roda depannya, dimana spakbor ini dibuat terpisah dari body utama alias moncongnya. Dibelakang spakbor depan ini terdapat pijakan untuk naik ke dalam kabin truk. Sementara dibagian atas spakbor depan sebelah kiri terdapat tulisan International L 170 yang dilabur krom.




Tampak foto dari samping.




Tulisan yang TS maksud, diatas spakbor sebelah kiri.

Sumber


Lanjut ke bagian belakang, ada sekat yang memisahkan kacanya kalau dilihat dari belakang gan sist. Bisa dilihat dari foto dibawah nanti, untuk lampu belakang mengusung desain bulat. Tapi sayangnya gak begitu banyak foto kendaraan yang terlihat bagus, jadi agak susah memberi review untuk bagian belakangnya ini. Rata-rata truk International yang TS temukan diinternet dalam kendaraan yang kurang terawat dan kebanyakan sudah berkarat.




Bagian belakangnya gan sist.

Sumber



Interior


Untuk eksteriornya TS rasa sudah cukup, kita beralihk ke interior. Bentuk dashboard milik L 170 lumayan unik gan sist, dimana terlihat rata alias gak ada bentuk lekukan seperti dashboard truk zaman sekarang. Untuk tuas persenelingnya menyatu dengan setir, jadi untuk kabinnya akan terasa luas.


Truk ini juga sudah dilengkapi radio, dan juga jam pada dashboardnya. Bentuk setirnya juga lumayan besar gan sist, karena belum power steering, akan menjadi tantangan tersendiri buat mengemudikan Si Mater. Bentuk setir besarnya mengingatkan TS dengan setir milik bus Mercy 1521 yang sama-sama besar. Foto interior ada dibawah sini.




Sekilas bagian interior.

Sumber



Dapur Pacu


Sekarang kita beralih ke dapur pacu alias mesin gan sist, L170 dibekali mesin dengan nama Silver Diamond dengan kode BD 269 enam silinder segaris. Berkapasitas 4410 cc Dapat memuncratkan tenaga maksimal mencapai 100 HP, dikimpoikan dengan transmisi manual 3 kecepatan. Tenaga mesinnya tergolong kecil untuk kapasitas yang hampir 4000 cc, tapi untuk torsinya bisa mencapai 301 Nm. Mohon koreksinya gan sist, untuk bagain mesin, TS tidak membahas terlalu banyak. Karena sedikit informasi yang bisa didapat, bagi yang mau manambahkan nanti bisa komen dibawah.



Fakta Menarik Soal Truk L 170


1.Ditemukan Tidak Sengaja di Rute 66


Mobil derek tua ini tidak sengaja ditemukan oleh Joe Ranft (penulis cerita Cars) dan John Lasseter (sutradara) pada tahun 2001 , waktu itu mereka sedang melakukan perjalanan guna mencari karakter untuk film Cars. Dan perjalanan itu membawa mereka ke Rute 66, kalian tidak salah baca gan sist. Rute 66 itu nyata dan membentang dari Chichago, Illinois sampai Santa Monica, California. Melewati 8 negara bagian.


Mereka mengetahui informasi tentang truk ini dari artikel di 66 Route Magazine, truk itu ditemukan oleh direktur Route 66 Magazine yang bernama Ron Hart. Truk itu ditemukan disebuah pom bensin tua yang sudah tidak digunakan lagi. Mengetahui hal ini, John Lasseter dan Joe Ranft menghubungi Michael Wallis, penulis artikel dimajalah tersebut. Mereka berdua kemhdian menuju ke Galena, sebuah kota di Cherokee County, Kansas. Kota yang berada diujung timur dari Rute 66, disanalah truk itu berada.




Sudut Kota Galena.



Rute 66 yang melewati kota Galena.

Sumber Foto


Mereka mengetahui dalam artikel Majalah Route 66 bahwa pom bensin yang ditutup telah dibeli. Ron Hart akhirnya meminta bantuan dari pemilik pom bensin yang baru, Larry Courtney (pengusaha Galena) dan karyawannya, Charley Mc Cumbera untuk membantu menemukan truk tersebut. Truk L170 yang ditemukan dulu persis seperti keadaan Tow Mater difilm animasi, sudah dipenuhi karat diseluruh bodynya gan sist.


Awalnya Courtney tidak mengetahui untuk apa Ron mencari truk tersebut, namun ia tetap membantu memcari kebradaan truk tua itu. Dalam waktu singkat, truk Internasional 1951 sudah ditemukan disebuah ladang pertanian, dan kemudian dibeli oleh Courtney. Dia kemudian menempatkan truk untuk dipajang di pom bensin Kan-O-Tex, yang telah dipulihkan di North Main dan Route 66 di Galena.


Setelah mengetahui tujuan asli pembelian truk tersebut, Courtney pun merasa bangga. Setelah rilisnya film Cars, Courtney berharap Kota Galena akan semakin dikenal oleh banyak orang, mengingat sosok Mater berada di kota tersebut. Untuk Tow Mater pengisi suaranya adalah Larry the Cable Guy.




Joe Ranft sedang mempelajari truk International di Galena pada tahun 2001.

Sumber



2 .Rute 66 Menjadi Isnpirasi Film Cars


Setelah mengetahui truk Internatuial ditemukan di Kota Galena yang berada di Rute 66 yang terkenal, penulis cerita Cars pun memasukan rute tersebut sebagai bagian dari film Cars bersama sosok truk tua yang ditemukan disana.


Jalan ini sebenarnya melewati hutan belantara, dan dibuka pertama kali oleh Letnan Angkatan Laut AS yang bernama Edward Beale pada tahun 1857. Kemudian jalan ini mulai dibangun pada tahun 1920 dan diresmikan pertama kali tahun 1926, kemudian jalan ini pada akhirnya harus ditutup pada tahun 1985.


Penutupannya pun sama persis dengan cerita film Cars, dimana versi aslinya, jalan ini ditutup karena pembangunana jalan lintas negara bagian pada tahun 1950-1970. Pada periode 1970, muncul empat jalur modern yang melintasi seluruh bagian Rute 66, puncaknya tahun 1984. Ketika jalan tol resmi dibangun, maka mulai tahun 1985 Rute 66 dinonaktifkan. Jalan ini masih bisa dilintasi, dan kini menjadi tujuan turis dari berbagai dunia, ditambah kemunculannya difilm Cars. Rute 66 kini menjelma menjadi destinasi wisata baru, eksistensinya tak akan pernah terhapus sampai kapan pun.




Rute 66 di Arizona.

Sumber


3.Hadir Dalam Versi Nyata Dengan Memakai Truk GMC

Sosok Mater memang karakternya cukup kuat difilm Cars gan sist, sehingga membuat Aaaron Hyden, seorang modifikator asal Cleveland (AS) membuat replikanya. Replika Tow Mater ini memakai truk derek GMC langsiran 1955, mulai dari cat, gigi kelinci bahkan mata pada kaca depannya dibuat serupa dengan sosok versi animasinya.


Kalau dilihat truk hasil modifikasi ini malah mendekati sosok asli Mater, karena wheelbase GMC yang tidak terlalu panjang, membuatnya lebih pas dibuat sebagai replika Mater. Hyden juga memasang pemutar DVD dan pengeras suara pada bagian luar truk modifikasi ini, sehingga kita bisa mendengar celotehan dari mater yang lucu. Truk modifikasi ini dihargai Rp 700 juta, cukup mahal untuk truk yang terlihat sudah karatan.




Truk hasil modifikasi, basis Truk GMC 1955.

Sumber


Demikian sedikit cerita dari sosok Tow Mater, semoga bisa mengobati rasa penasaran gan sist yang menjadi penggemar film animasi Cars. Bagi yang mau menambahkan atau koreksi tulisan TS, silakan nanti berkomentar dibawah. Sampai ketemu lagi, Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer





Jangan hapus penyokku, penyok ini sangat berharga. Penyok ini kudapatkan saat bersama sahabatku, aku ingin mengingat dia seumur hidupku.


~Tow Matter~




Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 11-08-2020 14:29
vampiire
wicaks227
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.2K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.