News
Batal
KATEGORI
link has been copied
284
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f30955f65b24d26ed1a8f90/alfamart-potong-10-persen-gaji-karyawan-saat-keuntungan-naik-rp493-miliar
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) membukukan pendapatan sebesar Rp38,08 triliun sepanjang semester I-2020, naik 5,33 persen dibanding pendapatan pada periode sama tahun lalu sebesar Rp36,15 triliun.
Lapor Hansip
10-08-2020 07:31

Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar

Past Hot Thread
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar


JAKARTA, HALUAN.CO - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) membukukan pendapatan sebesar Rp38,08 triliun sepanjang semester I-2020, naik 5,33 persen dibanding pendapatan pada periode sama tahun lalu sebesar Rp36,15 triliun.

Apa yang penting: Perseroan Alfamart mencatatkan kenaikan laba bersih 23,20 persen menjadi sebesar Rp493,25 miliar dari sebelumnya sebesar Rp400,36 miliar.

Konteks: Di tengah kebahagiaan karena keuntungan laba bersih naik, Aliansi Serikat Pekerja Alfamart (ASPAL) memprotes Alfamart yang memotong gaji karyawan 10 persen atas sistem nota selisih barang (NSB).

Apa katanya: “Rencananya 11-13 Agustus 2020 kami akan melakukan aksi mogok kerja di kantor pusat,” tegas Suryanto Perwakilan dari ASPAL dilansir CNN, Rabu (5/8/2020) lalu.

Suryanto mengatakan, kebijakan diambil perusahaan tanpa kesepakatan dengan serikat pekerja. Ia mengaku tak terima, terlebih keputusan diambil di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi virus korona.

Sumber laba:

• Pendapatan eksternal dari wilayah Jabodetabek Rp13,72 triliun, pendapatan antar segmen di wilayah Jabodetabek Rp51,66 miliar, pendapatan dari wilayah Jawa di luar Jabodetabek Rp13,25 triliun dan pendapatan di luar wilayah Jawa Rp11,10 triliun.

• Penjualan pada segmen makanan sebesar Rp24,72 triliun, dan segmen bukan makanan sebesar Rp13,34 triliun dan segmen jasa mencapai sebesar Rp12,88 triliun.

• Beban pokok pendapatan sebesar Rp30,32 triliun naik 4,73 persen dari sebelumnya sebesar Rp28,95 triliun pada semester I-2019.

• Dengan demikian, laba bruto tercatat sebesar Rp7,75 triliun atau naik 7,78 persen dibanding periode sama tahun 2019 sebesar Rp7,19 triliun.

Pemotongan gaji:

• Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya Solihin menjelaskan, pemotongan gaji dilakukan jika sisa barang di toko tidak sesuai dengan data penjualan.

• Misalnya, ada pengiriman barang 10 kotak ke satu toko. Kemudian, barang itu hanya laku delapan kotak, artinya masih ada sisa dua kotak di toko tersebut. Namun, setelah dicek yang tersisa hanya satu kotak. Di situlah perusahaan memotong gaji karyawan di toko tersebut.

Protes karyawan:

• Pemotongan gaji 10 persen setiap bulan dilakukan jika hasil akhir perhitungan stok opname melebihi batas toleransi kehilangan sebesar 0,02 persen. Hanya saja, Suryanto menyebut tak ada bukti bahwa kelalaian pekerja yang mengakibatkan terjadinya nilai selisih barang.

• Pekerja Alfamart yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau mengundurkan diri juga terkena pemotongan gaji otomatis bila ada nilai selisih barang. Hal ini dianggap menambah beban pekerja.

“Praktik tanggung renteng seperti ini tidak seharusnya dibenarkan, di mana pekerja yang harus menanggung kerugian tanpa ada bukti jelas,” pungkasnya.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Lampaui Jawa Timur, Jumlah Kasus Korona di Jakarta Kembali Tertinggi
2. Habiskan Rp4 Miliar, Anies Kini Menyadari Toa Peringatan Banjir Tidak Efektif
3. Hasrat Seksual Gilang Terpuaskan Melihat Orang Dibungkus Pocong
4. Tenaga Medis yang Gugur Bakal Dapat Santunan Rp300 Juta dan Anugerah Bintang Jasa
5. Anies Syok Ketahui DKI Jakarta Belum Punya Alat Ukur Curah Hujan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyong.eq dan 41 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 17:10
Bodoamat, demo aja gih emoticon-Ngakak
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 17:18
Kalo selisih ya di potong
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 17:29
500M untuk skala nasional kecil sih sebenarnya...
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 17:34
Buat yg pengen parkir gratis, cobain bayar pake uang 100rb sambil bilang ga ada uang kecil. Trik ini 99% working.
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 17:35
Lah alfamart di daerah ane lucu lg...pada di tutupin..info yg beredar menyalahi aturan...padahal udah berdiri dr awal 2000an..yg nutup kepala daerahnya mau lengser tahun ini...

Akhirnya buka kembali dgn tidak memakai nama alfa..tp prodak dalemannya alfa ...cemana kok gt deh
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 17:50
Dpr donk turun tangan..
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 17:52
Ini sih gaji buruh tapi tanggungjawab Buruh + manajer/supervisor

Lha manajer/ supervisor kerjaannya apaan?
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 17:54
aku pindah ke rosinmart aja emoticon-Ngakak
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:00
Kuy pindah indomie
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:04
bukanya semua retail kaya gt? udah biasa kan. orang ada yg ngambil jg
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:05
Saya ada pertanyaan! Disitu ada alfamart pasti ada indomart, disitu ada indomart situ juga pasti ada alfamart. Terkadang saya berfikir, apa mereka satu perusahaan cuman namanya aja yang beda atau bagimane?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:09
Krj di alfa klau di toko itu gk enak......
Bner gak enak...
Gue yg prnah ngerasain ya.

Cmn totalitas doang. Gk bisa maju2. Gaji supervisor ma kasir cmn beda 300rbu.
Kerajinan gk dpet, bonus jga kdg dpet kdg engga. Lembur juga gk diitung. Trgntung toko ya. Kalau kepala toko ya enak anak buah ya pasti dperhatiin tpi kalau engga mah masa bodo.dia juga cape pusing.


Blom klau barang hilang, gue prnah ngerasain brg toko ilang ampe 40jt. Gilaa susu hrga mahal2 ma kosmetik pada gk da ilang.
Itu gaji gue dipotong 300rbu.
Banyangin aja gaji gue dlu 1.2jt tahun 2010 dipotong 300rbu. Blom gue lembur.. trus gntiin temennn berkorban sama jatah libur gue.. mana ada itungannya. Blom lagi gue kasir da potongan klau mines. Apes gue dlu dpt duit palsu 100rbu.
Tiap toko buka gue perbantuan ampe mlem jam 12, dikira bokap gue pacaran. gk da jenjang karir nya. Ijazah gue dlu jg ditahan.
Gue putuskan risegn stlah gue 1thun kontrak gue abis. Ogah perpanjang lagi. Akhir gue nyari krja kantor. Trus gue kuliah lagi dah.
Yg kntor mah enak, dpet jmputan, dan lain2.
profile-picture
budak.game memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:11
tidak dipotong full sesuai nilai barang tanpa kecuali, udah bagussssssssssss banget...

salah satu kunci performa indeks karyawan retail/ distributor ya lost goods, bahkan semua yg berhubungan dengan logisitik inventory jg bgitu...Ga suka ya buka sendiri saja, nanti baru ngerasain nemu banyak model karyawan tukang catut, baru ngarti rasanya (banyak loh muka alim agamis pula, tapi maling dan atau raja kongkalikong, jago kongtai)...kan sudah teken kontrak kpi pas awal masuk...ga sanggup capai performa ya ga usah ngoyo...yg lain banyak yg bisa kerja bagus tuk perencanaan, pengaturan, pendelegasian, pengawasan...
profile-picture
budak.game memberi reputasi
1 0
1
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:16
Contoh 212 mart dong....
Kalo ada pegawainya yang culas langsung dihukum gantung
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:16
selisih stock opname d retail manapun gtu sih...jarang ada yg baek hati di putihin alias adjustment, yg ada kepala toko, region managernya bisa kena rapor merah d semprot abis2an

Nah kalo potong gaji pokok silahkan protes ampe berjilid2 dah terserah
Diubah oleh elefana
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:30
Cokin civil war emoticon-Hansip
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:50
Buset bisa gitu yak, kasian juga itu pegawainya. Tapi kadang ada pegawainnya juga sih yang nakal yak hehehehe
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 18:51
Oalah klo ada selisih toh, ya bukannya di retail mana aja sama nih tong wkwkwk untung gua gak baca judul doang, kampret.
0 0
0
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 19:08
300 rupiahnya boleh didonasikan kak? makasi
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia