Lockdown666Avatar border
TS
Lockdown666
Luhut Sebut Covid-19 dan Ekonomi RI Minus adalah Ujian


Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan soal pesan Presiden Jokowi yang ingin agar daya beli masyarakat bisa kembali bergerak di tengah pandemi covid-19.
Cara menggerakkan ekonomi dengan membeli produk dalam negeri, saat pandemi covid-19 sudah memukul ekonomi Indonesia minus sampai 5,32% pada kuartal II-2020.
"Saya merasa bahwa pandemi dan pelemahan ekonomi ini adalah tantangan dan ujian kita bersama, untuk itu perlu dicari jalan keluar masalahnya bersama-sama pula," jelas Luhut dikutip dari akun media sosialnya, Senin (10/8). 


Salah satu jalan keluar yang sedang diusahakan pemerintah adalah pada tanggal 17 Agustus 2020 nanti akan dijadikan momen untuk peluncuran dua program besar pemerintah dalam rangka mendorong perekonomian Indonesia melalui UMKM. Hal ini dilakukan sebagai langkah stimulus ekonomi untuk percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Gerakan Bangga Buatan Indonesia ini sudah menjangkau tambahan hingga 1,4 juta unit UMKM yang masuk ke dalam platform online, artinya 70% lebih dari target 2 juta UMKM tercapai.
Gerakan ini sebagai program stimulus tambahan bagi masyarakat sebagai konsumen untuk berbelanja produk dalam negeri buatan UMKM/IKM sehingga bisa menciptakan efek berganda bagi perekonomian nasional yang menurut laporan BPS, pertumbuhannya minus 5%. Program ini nantinya akan memberikan potongan berupa cashback maksimal hingga Rp 750 ribu per konsumen.
"Presiden Joko Widodo sudah berkali-kali mengingatkan belanja ini harus turun ke bawah dengan benar, sehingga peluncuran program ini nantinya akan membawa optimisme yang memberikan efek domino yang baik dalam penciptaan dan inovasi produk-produk dalam negeri," katanya.
Ia berharap akan banyak bertumbuh usaha-usaha baru dan tercipta lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya bagi masyarakat Indonesia. 


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...s-adalah-ujian
0
726
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.