• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kisah Pelajar yang Terpaksa Jadi Kuli Untuk Beli HP Agar Bisa Sekolah Daring, Viral!

masnukho
TS
masnukho 
Kisah Pelajar yang Terpaksa Jadi Kuli Untuk Beli HP Agar Bisa Sekolah Daring, Viral!

Kesusahan masyarakat kelas bawah, menandakan kelas daring tidak efisien!
Adakah solusi yang lebih baik?



Sekolah, adalah sebuah lembaga pendidikan seorang murid di bawah bimbingan guru. Di mana di tempat ini anak-anak murid mendapatkan ilmu pengetahuan untuk bekal hidup di masa depan, serta mendapatkan bimbingan karakter yang baik dengan melihat guru sebagai contoh dan teladan baik nyata untuk diikuti.

Di Indonesia sendiri, masyarakat dituntut wajib belajar 12 tahun, yaitu dari bangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Diharapkan dengan diterapkannya sistem wajib belajar 12 tahun, dapat menjadikan Indonesia yang maju dengan Sumber Daya Manusianya yang berkompeten di bidangnya masing-masing!

Tentu mewajibkan belajar 12 tahun, pemerintah selama ini juga tidak diam saja. Mereka menyokong serta memberikan subsidi serta bantuan biaya pendidikan bagi mereka yang seharusnya mendapatkan bantuan tersebut. Bantuan dan subsidi itu sudah dapat kita rasakan sejak belasan tahun lalu, salah satunya dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Tapi apakah bantuan saja cukup?
Tidak, masih banyak sekali anak-anak putus sekolah karena mereka tidak mendapatkan bantuan atau mereka belum mendapatkan bantuan.
Belum meratanya bantuan operasional sekolah itu juga masih menjadi masalah di dunia pendidikan Indonesia!




Di atas adalah sedikit fakta tentang pendidikan Indonesia, yang masih perlu diperhatikan lebih seksama agar semua masyarakat dapat mengenyam pendidikan 12 tahun.

Membahas tentang dunia pendidikan, di masa pandemi virus covid-19 ini, terpaksa sekolah-sekolah harus dilakukan dengan cara yang berbeda.
Murid tidak lagi datang ke sekolah membawa tas dan buku, mereka cukup di rumah memantau gadget atau laptop untuk melakukan sekolah secara daring (dalam jaringan).

Tentu hal ini masih sangat asing bagi masyarakat Indonesia, sebab tidak semua orang yaitu masyarakat Indonesia itu paham akan tekhnologi dan memiliki sarana prasarana gadget yang di sekolah jarak jauh ini adalah menjadi media belajar dan pembelajaran.

Belajar sistem daring atau virtual ini tentu menciptakan masalah baru bagi masyarakat, baik itu orang tua wali murid, guru, dan muridnya sendiri.
Kegiatan belajar mengajar yang biasa dilakukan secara tatap muka di sekolah, harus berubah menjadi tatap muka online.

Tidak dipungkiri, masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang terdiri dari beberapa lapisan ekonomi. Perbandingan kaya, menengah dan miskin, itu masih ada, dan terdampak pada pendidikan sistem daring ini.

Mereka yang kaya (orang tua murid), tidak mempunyai banyak waktu untuk memberikan bimbingan serta pengawasan kepada anaknya saat belajar di rumah.

Mereka yang dari kelas menengah, mungkin masih bisa membagi waktu, meskipun terbagi-bagi dengan pekerjaan yang lain.

Sedang yang miskin (kurang mampu)?
Lapisan masyarakat inilah yang selalu mendapatkan dampak paling buruk, mereka banyak yang tidak dapat mengikuti sistem belajar daring dengan berbagai alasan yang itu adalah fakta.
Mulai dari tidak tersedianya media belajar, seperti handphone dan jaringan.
Serta kurangnya pengetahuan tentang tekhnologi di mana itu sangat dibutuhkan.




Seperti kisah nyata seorang remaja laki-laki yang sedang viral di media sosial yang satu ini.

Remaja ini bernama Catur Ferianto, seorang murid kelas VII yang bersekolah di MTS YA ROBI desa Karangrejo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.
Di mana kisahnya menjadi perhatian dari para warganet dan diharapkan agar dinas terkait setempat juga ikut memberikan perhatiannya.

Catur Ferianto adalah salah satu murid yang tidak dapat mengikuti kegiatan belajar sistem daring, bukan karena gagap teknologi, melainkan karena dia tidak memiliki alat atau media untuk mengikuti sistem belajar tersebut.
Memang sesekali dia bisa mengikuti sistem belajar daring, itupun terlambat setiap mengumpulkan tugas, karena dia harus menunggu sang Kakak pulang kerja malam hari!
Sedangkan untuk orang tuanya, mereka adalah dari keluarga kurang mampu, jadi tidak dapat membelikan Catur handphone android.

Hal inilah yang membuat Catur Ferianto terpaksa harus bekerja menjadi kuli bangunan, dia ingin membeli handphone dari uang gaji menjadi kuli bangunan agar dapat mengikuti kegiatan belajar sistem daring seperti teman-teman sekolahnya yang lain.




Kisah Catur ini merupakan salah satu contoh dari sekian banyak kasus sama yang ane yakin tersebar di seluruh Indonesia.

Mungkin memang niat dari dinas pendidikan dan pemerintah itu baik, menerapkan sistem belajar daring guna untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus covid-19.

Namun dari sinilah, banyak PR yang harus diperhatikan dan ditindaklanjuti agar tidak menjadi masalah serta membebani semua pihak. Baik itu wali murid, murid, dan gurunya sendiri!

Perlu diketahui bersama, di Indonesia ini masih banyak sekali anak-anak usia sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan namun terhalang biaya.
Jangan sampai impian mereka calon generasi penerus Bangsa ini putus impian dan harapan, dan menjadi pengangguran di Negerinya sendiri.

Semoga, kisah Catur Ferianto yang terekspos ke media ini bisa mendapatkan perhatian dari Pemerintah dan masyarakat sekitar. Agar dapat menemukan jalan atau titik penyelesaian atas masalah yang serupa!




Oke, itulah tadi GanSis kisah dari salah satu murid yang harus bekerja keras demi dapat mengikuti kegiatan belajar sistem daring.
Mudah-mudahan Catur Ferianto segera mendapatkan bantuan dan uluran tangan.

Terima kasih untuk Agan dan Sista yang sudah bersedia singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain!



Penulis: @masnukho©2020
Narasi: opini pribadi
Referensi dan gambar
di sini


Kunjungi Blog Komunitas KOMPAK dengan Klik Gambar di Bawah Ini!



emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan

cheria021screamo37omniivora
omniivora dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.3K
35
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.