Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
171
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e59f952337f932f775fa49e/pentingnya-orangtua-membaca-buku-kia
buku KIA artinya Kesehatan Ibu dan Anak itu jaman sekarang penting banget loh dibaca, apalagi untuk para orangtua yang masih pemula. Sekarang ibu hamil wajib punya, harganya juga nggak mahal kok. Apa aja sih yang ada didalam buku? Dan seberapa penting kalian baca buku ini? Yapss emak hanya akan bahas beberapa aja diantaranya :
Lapor Hansip
29-02-2020 12:40

Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ilustrasi Buku KIA
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA

Assalamu'alaikum gansist apa kabarnya nih? Semoga baik-baik aja yah, ketemu lagi sama mak kece dua anak. Kali ini mak mau bahas soal pentingnya para orangtua membaca buku KIA, seperti apa bahasannya cekidot πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡


Welcome To My Thread

Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA


Jaman sekarang begitu mudahnya kita sebagai orangtua apalagi yang masih muda untuk belajar ilmu parenting secara gratis. Banyak grup di sosial media yang menjadi wadah untuk sharing, meski begitu kita wajib tau sumber yang akurat dari setiap info yang diterima, salah satunya dari buku KIA yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan dan pihak terkait lainnya.

Nih gansist namanya buku KIA artinya Kesehatan Ibu dan Anak itu jaman sekarang penting banget loh dibaca, apalagi untuk para orangtua yang masih pemula. Sekarang ibu hamil wajib punya, harganya juga nggak mahal kok. Apa aja sih yang ada didalam buku? Dan seberapa penting kalian baca buku ini? Yapss emak hanya akan bahas beberapa aja diantaranya :

1. Mengetahui Gejala Kehamilan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA

Pertama buku ini dibuat agar ibu hamil utamanya pasangan pasutri tahu soal gejala kehamilan yang normal dan tidak normal. Apa yang harus dilakukan, cara penanganannya lengkap dijelaskan di sini. Emak suka banget deh tampilan buku yang sekarang, karena lebih lengkap dari yang sebelumnya.

2. Memantau Kesehatan Ibu Hamil
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA

Kedua, kalian bisa memantau kesehatan ibu dan bayi dari detak jantung, letak bayi, tekanan darah, tinggi fundus. Di sana juga bidan akan menyarankan apa yang harus kita lakukan jika mengalami sesuatu selama kehamilan. Nah, dengan adanya kontrol setiap bulan, kalian bisa tau kondisi bayi juga kesehatan ibu, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diingiinkan. Memasuki usia 5 bulan yakin deh kalian bakal seneng dengar detak jantung debay.

3. Edukasi Pemberian Mp-Asi
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA

Nah di sini nanti akan dijelaskan usia berapa kita mulai memberikan asupan dampingan selain Asi. Belakangan banyak sekali berita berseliweran soal bayi yang diberi makan saat usia baru 2-3 harian, akhirnya si bayi pun meninggal dunia. Jangan sampai kejadian deh ya gansist, makanya penting sekali baca panduan dibuku ini.

4. Menu Mp-Asi
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA

Di buku ini juga dijelaskan tentang menu Mp-Asi apa saja yang cocok untuk bayi sesuai usianya. Jadi sangat terbantu bukan?

5. Grafik Berat Badan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA

Pentingnya memantau berat badan anak dari lahir sampai usia 5tahun. Hal itu sangat dianjurkan agar anak terhindar dari stunting atau gizi buruk. Setiap orangtua pastinya sangat ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, salah satunya dengan cara memantau berat badan anak setiap bulannya.

Terahir dibuku ini kita akan diberikan penjelasan dan pengetahuan soal Undang-undang perlindungan anak.
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA

Gimana gansist setelah lihat artikel diatas? Sangat penting dan mudah bukan untuk belajar? Kalau dikasih buku ini sama bidan sambil dibaca ya. Jangan jadi pajangan doank diatas lemari hehehehe.

Kalau ditempat emak nih, anak atau ibu hamil yang nggak ikut posyandu. Mereka disusul kerumah untuk penimbangan, kalau ada yang stunting atau gizi buruk pihak puskesmas akan memberikan bantuan berupa makanan yang bergizi. Kelas ibu hamil juga ada, biasanya yang hadir akan diberi snack dan juga amplop. Uhlalalala ibu hamil kan jadi pada semangat ikutan kelasnya iya kan....

Nah sekian thread kali ini dari emak, mari diskusi santuy dan jangan lupa tinggalin cendol. Hatur nuhunemoticon-Angel

Sumber : Opini pribadi & Jepretan sendiri
Diubah oleh ummusaliha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desyyyyyy dan 51 lainnya memberi reputasi
52
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 7
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
18-03-2020 04:05
Quote:Original Posted By riwidy β–Ί
waw...KIA. keren euy....


Huum say, skrg lebih bagus isinya
profile-picture
makola memberi reputasi
1 0
1
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
03-08-2020 22:43
ane aja sering baca punya saudara ama tetangga
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
03-08-2020 23:20
Buku pinky yang satu ini lengkap banget untuk memantau kesehatan ibu dan anak, waktu hamil, Ane bawa ke bidan setiap cek kehamilan, dan sekarang sebulan sekali Ane bawa ke posyandu setiap ada penimbangan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
04-08-2020 08:35
Ane suka sekali baca buku pink ini sist, jadi tahu yg tidak ane tahu.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
04-08-2020 12:11
Emang perlu banget buku KIA, bisa lihat tumbuh kembang anak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
04-08-2020 14:17
ane dua kali hamil dan punya balita paling rajin bolak balik KIAπŸ˜‚ belum lagi join grup khusus kehamilan dan batita. lumayan bisa banyak ilmu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
04-08-2020 15:06
Kalo pas lagi hamil dan mempunyai balita, ane gak terlewatkan baca buku panduan ini. Bagi ane penting mengetahui pertumbuhan dan jadwal imunisasi anak dan pemeriksaan fase kehamilan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
04-08-2020 18:13
Zaman sekarang, kader pos yandu memang harus aktif juga 😊
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
04-08-2020 21:34
Wiih perhatian juga ya sampe di samperin ke rumah. Kalo di sini mah di biarin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
05-08-2020 05:25
Wah ilmu nih. Thanks Sis
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
05-08-2020 05:56
Gue mahh sakinhg hobi bacaa..jaman anak gue bayi...nih buku ampe apal isinya..dari depan ampe belakang..grafik berat badan anak aja apaall..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‘πŸ‘πŸ‘
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
05-08-2020 09:59
Buku KIA itu berguna sekali. Eh, btw pas saya hamil, gak ada gejala mual, pusing dll. Pas ke dokter kandungan, eh usia kehamilan sudah 10 minggu.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
05-08-2020 23:11
dulu sering bacain punya Emak pas hamil adek. sekarang jga bukunya masi ada, dan adek udah SD kelas satu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
06-08-2020 15:21
anakku seneng bget klo dibacain buku KIA. apalagi ceklist pas hamil itu, dia tnya ibu kok tgl ini periksa knp? dijawab yg ini mual", yg ini kecapekan, yg ini usg. eh dianya girang bnget tau pernah di usg diperut.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
06-08-2020 21:30
buku jaman dulu banget ini ya, aku pas masih piyik sampek Sekarang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
10-08-2020 09:04
InsyaAlloh buku KIA sudah sangat praktis dan lengkap buat keluarga indonesia, memang harus rajin di baca karena penuh dengan info bermanfaat untuk ibu dan anak, makasih infonya kak
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
10-08-2020 21:08
Buku penting ini
Syarat informasi buat para ibu dan keluarganya
Gratis pula
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
10-08-2020 21:30
Bner bnget apalagi kehamilan pertama gan, bnyak ilmu yg kta dapat dri mmbaca buju KIA
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
13-08-2020 08:39
Ilmu nich bwt mahmood
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya Orangtua Membaca Buku KIA
14-08-2020 09:46
❀️❀️.
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia