• Beranda
  • ...
  • Health
  • 5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!

srinamiAvatar border
TS
srinami
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!

Kontrol emosi itu penting


sumber gambar

Ketika sedang dalam keadaan emosi atau mood yang sedang tidak bagus, sebaiknya kita jangan berada pada zona nyaman saat berada dalam keadaan itu Gan-Sist.

Maksud saya seperti ini, ada orang yang justru merasa nyaman atau betah saat dirinya sedang berada dalam keadaan emosi atau membenci sesuatu sehingga dia menjadi uring-uringan, tetapi di lain sisi orang itu suka dengan keadaan yang seperti itu, karena dia merasa bebas melakukan apa pun sesuka hatinya.

Ada yang pernah ngalamin seperti itu? Saya sendiri nggak pernah sih Gan-Sist, cuma saya tahu hal ini dari curhatan salah satu teman saya kepada saya, katanya dia sebenarnya ingin keluar dari zona nyaman saat berada di situasi emosi yang uring-uringan seperti itu, karena kasihan terhadap anak dan suaminya yang jadi nggak keurus, tapi di lain sisi dia merasa nyaman, karena anak dan suaminya jadi nurut sama dia.

Saya pun memberi saran agar teman saya itu mulai belajar untuk mengontrol emosinya yang biasanya meledak-ledak hanya gara-gara masalah sepele.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Gan-Sist lakukan untuk mengontrol emosi agar tetap stabil, karena emosi yang berlebih itu juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mendengarkan musik kesukaan kita


sumber gambar

Musik menjadi salah satu pengontrol emosi yang baik, tapi pilihlah musik yang berirama bahagia ya Gan-Sist. Misalkan saja musik tentang percintaan dsb.

2. Mencuci piring atau perabotan dapur yang kotor


sumber gambar

Sensasi dingin yang timbul pada telapak tangan saat terkena air keran waktu mencuci piring kotor, dapat memberi ketenangan pada diri kita, sensasi dingin itu akan menjalar dari telapak tangan ke seluruh tubuh kita.

3. Menyapu lantai rumah dan halaman


sumber gambar

Kalau ini sering saya lakukan saat sedang bad mood, saat melihat ruangan di dalam rumah menjadi bersih juga halaman rumah yang bebas dari sampah dedaunan dan lain sebagainya, secara otomatis saya menjadi merasa tenang, mungkin karena memang sifat saya yang menyukai kebersihan dan kerapihan. Tapi mungkin cara ini bisa Gan-Sist praktekkan.

4. Menyiram tanaman dan juga halaman rumah


sumber gambar

Saat sedang berada di titik terendah, baik itu dalam keadan sedih, kecewa, atau pun marah, sebagai pelariannya saya biasanya mengambil selang air yang terhubung pada keran, kemudian menyiram tanaman di kebun depan rumah juga menyiram pekarangan rumah saya.

Berangsur-angsur emosi saya pun mulai menjadi stabil saat sedang melihat dedaunan hijau dan juga bunga-bunga yang bermekaran. Bau tanah yang tersiram air juga memberikan ketenangan.

5. Mandi kemudian berdoa kepada Tuhan


sumber gambar

Memang hanya Beliau satu-satunya tempat kita untuk berserah dan mengadu tentang semua masalah dan juga beban hidup kita, agar diberikan kemudahkan dalam menjalaninya. Saat sedang emosi biasanya saya duduk dan mengatur napas terlebih dahulu, kemudian saya mengambil handuk dan mandi, setelah itu badan menjadi terasa lebih enteng dan segar. Selesai mandi dan berganti pakaian kemudian saya berdoa kepada-Nya.

Saya lebih menyarankan cara yang kelima ini dan tidak menganjurkan untuk meminum obat tidur maupun obat penenenang dan segala macam obat-obatan kimia lainnya, karena akan menyebabkan efek ketergantungan obat yang susah untuk dilepaskan. Obat kimia juga tidak baik untuk kesehatan oragan dalam pada tubuh kita terutama ginjal.

Semoga thread sederhana saya kali ini bisa bermanfaat ya Gan-Sist. Mohon maaf apabila saya ada salah kata dalam tulisan ini.

Baca Juga : Dasi Keren Buat Gan-Sist, Yuk Kepoin Dimasi! Tutorial Cara Memakai Dasi

Penulis : srinami

Sumber referensi : opini pribadi
Diubah oleh srinami 06-08-2020 21:14
merahmetalik
ziont
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
5K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.