ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Kenapa Minyak Selalu Meletup Saat Menggoreng?



Agan agan disini pernah masak? Pernah menggoreng? Kalau pernah pasti tau dong momen paling nggak enak saat menggoreng? Yap, gosong.

Tapi bukan itu yang mau saya bahas melainkan momen nggak enak saat menggoreng lain yakni minyak panas yang meletup dan memercik kemana mana.



Semua orang yang pernah menggoreng pasti tau fenomena ini. Dikala kita memasukkan bahan masakan yang hendak digoreng kedalam minyak panas maka minyak akan memunculkan reaksi perlawanan dengan menyerang balik menggunakan cipratan minyaknya yang amat sakit sekali bila terkena kulit.

Fenomena ini sungguh menyebalkan dan juga berbahaya. Karna itulah tak jarang kita melihat orang orang yang amat sangat berhati hati bila menggoreng dan memakai alat pengaman seperti helm atau perisai. Emang sih itu demi pertahanan diri. Tapi hasil akhirnya malah jadi lucu.



Tapi kenapa minyak selalu memunculkan reaksi seperti itu? Apa itu sebuah cobaan untuk mendapatkan makanan enak? Jawabannya adalah penguapan.

Minyak merupakan salah satu zat cair yang memiliki titik didih yang tinggi sehingga zat zat lain yang berada di dalam minyak akan menguapterlebih dahulu. Uap yang naik keatas inilah yang akan membawa minyak dalam bentuk gelembung gelembung kecil yang akan meletup dan memercikkan minyak.



Biasanya bahan masakan yang mengandung banyak air lebih banyak memicu reaksi penguapan dikarenakan semakin banyak air yang masuk ke dalam minyak panas maka semakin banyak pula uap yang akan dihasilkan. Saat airnya sudah menguap seutuhnya maka percikan minyak pun akan hilang.

Tapi kenapa hanya minyak yang mengalami fenomena seperti ini? Kalau kita merebus pakai air kok percikannya tidak sebesar minyak? Jawabnnya kekentalan gan. Karna minyak lebih kental daripada air maka letupannya tidak sekeras minyak.

Nah, udah tau kan alasannya? Jadi mulai sekarang biasakanlah berdamai dengan minyak gan. Siapa tau kalau agan bisa akrab sama minyak si minyak nggak bakalan nyipratin agan emoticon-Big Grin

Sekian dari saya Mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Diubah oleh ih.sul 11-08-2020 02:12
metalgodfather
alizazet
kekefadilah
kekefadilah dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.5K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.