Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
262
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f23543d8d94d0424f2b1678/gara-gara-hutang-kerja-keras-jadi-sia-sia
Lebih jahat dari galak waktu ditagih, hasil kerja keras sendiri tidak bisa dinikmati Hai GanSis!! Ngomongin soal hutang sebenarnya agak sensitif ya. Saya ini aja mikir dua kali untuk menulis thread ini. Takut-takutnya ada yang tersinggung.
Lapor Hansip
31-07-2020 06:14

Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-siaIlustrasi - sumber


Lebih jahat dari galak waktu ditagih, hasil kerja keras sendiri tidak bisa dinikmati

Hai GanSis!! Ngomongin soal hutang sebenarnya agak sensitif ya. Saya ini aja mikir dua kali untuk menulis thread ini. Takut-takutnya ada yang tersinggung.

Karena kita tahu sendirilah, warga +62 memang memiliki respon yang unik terkait hutang. Mungkin saya salah ketika mengatakan "orang Indonesia geger mengurusi hutang pemerintah, tapi sama hutangnya sendiri pura-pura lupa". Hmm.. Drama banget.

Saya bikin thread ini didasari ketika lihat berita seseorang yang menagih hutang, tapi malah dipenjara. Saya sudah lama dengar berita ini, namun kemarin di Kaskus trending lagi (kask.us/iGEeH). Maka saya merasa terdorong untuk ikut menyampaikan uneg-uneg.



Heran sih, saat kita menagih hutang namun justru malah dipenjara. Memang cara menagih lewat medsos kurang etis. Namun mau bagaimana lagi jika yang ditagih seakan tidak punya niat bayar sedari awal meminjam. Ya itu persepsi dari pelaku tersebut. Aslinya gimana saya kurang tahu.

Lebih jahat dari orang yang galak sewaktu ditagih hutang. Saya yakin GanSis sering menemukan kasus-kasus demikian. Dan tahukah GanSis yang lebih jahat dari itu semua?

Ya, seperti dituliskan pada judul thread. Karena hutang, hasil kerja keras jadi sia-sia. Kenapa gitu? Jelas saja bisa begitu, misal kita baru gajian, lalu teman pinjam uang untuk cicilan inilah itulah segala macam. Begitu juga gaji-gaji berikutnya juga dipinjam dengan drama-drama lainnya.

Lalu ada yang lebih jahat lagi, sifat orang yang suka penghutang. Tanpa pedulikan bahwa orang yang dimintai hutang juga punya kehidupan dan keperluannya sendiri.

Hutang ini sangat penuh drama dan dilema kalau saya pikir. Di masyarakat kita, persepsi yang terbentuk cukup absurd. Seseorang bisa dituduh pelit, atau tidak peduli antar sesama hanya karena ogah memberi pinjaman. Sementara sebaliknya, jika memberi pinjaman, maka dilupakan. 

Alhasil, semuanya jadi serba salah. Seseorang tidak mungkin bisa membahagiakan semua orang. Lucu saja, misalnya saya sudah mengumpulkan uang untuk suatu barang. Tapi disaat uang terkumpul, ada orang lain ingin pinjam uang. Karena tujuan peminjaman uang bukan sesuatu yang darurat seperti sakit misalnya. Maka saya pikir, hak saya menolak memberi pinjaman. Dan bukan suatu hal baru di Indonesia, jika besoknya saya jadi bahan gosip, ketika melihat saya belanja suatu barang. "Dimintai hutang gak bisa! tapi belanja bisa! dasar pelit!" celoteh warga +62. *julid mode on*
*Itu hanya contoh aja



Kenapa orang-orang bisa seenak itu pinjam uang tanpa berpikir bayarnya gimana? Sementara begitu malangnya orang-orang yang punya sifat gak enakan.

Sifat gak enakan ini memang merusak banget. Jika diteruskan, kita akan dimanfaatkan oleh orang lain terus. Jatuhnya kita seperti bekerja, hasilnya untuk menyenangkan orang lain.

Memikirkan hutang ini memang ribet dan penuh drama. Bagi yang memiliki hutang, siangnya terhina, malamnya gelisah. Juga dengan orang yang memberi pinjaman atau debitur, menagihnya seperti orang mengemis, padahal itu uangnya sendiri.



Angkat topi untuk orang-orang yang berbesar hati mengikhlaskan uangnya yang telah dipinjamkan pada orang lain.

Seperti pria asal Jogja yang telah ikhlaskan utang Rp. 16 juta yang dipinjam oleh ke 10 temannya dengan masing-masing nominal yang berbeda. Dengan alasan malas berdrama dalam penagihan hutang. Ia lebih memilih menganggap lunas hutang tersebut.

Quote:Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-siaUnggahan Teja tentang utang teman-temannya/ Foto: Facebook Teja


Memang solusi terbaik bagi kita yang kesulitan menagih hutang kepada orang lain, yakni dengan mengikhlaskannya. Terlebih jika hutang tersebut untuk keperluan mendesak, seperti berobat misalnya.

Hanya saja rasa ikhlas merelakan hutang orang lain kepada diri kita tidak semudah itu. Apalagi saat kita memang membutuhkan sekali uang tersebut. Sementara orang yang dipinjamkan uang, justru saat punya uang malah kesannya menghamburkan uang untuk kesenangannya sendiri. Kan kesel ya.

Salahnya sih dari awal, kenapa mau pinjamkan uang kepada orang begitu? Karena gak tega? Gak enakan sama orang? Begitulah risiko, utang melayang tidak dibayarkan.

Demi menghindari kondisi demikian. Solusinya kita harus lebih bijak dan selektif meminjamkan uang. Jangan asal selama ada uang, langsung dikasihkan gitu aja, supaya dianggap dermawan. Gak gitu juga.

Menolong orang ada banyak cara. Sebaliknya, ketika kita manja-manjain orang lain dengan memberikan uang, justru itu tidak mendewasakan orang lain. Niat awal mungkin kita mau membantu, ketika ada datang orang untuk pinjam uang dengan alasan buat makan. Rasa empati ini akan muncul untuk membantu.

Tapi kadang kita keliru dalam menolong orang. Mereka yang ditolong mungkin saja memang susah beneran. Namun susahnya itu, susah yang dibuat-buat. Disebabkan gaya hidup yang hedon misalnya dan tidak bisa mengatur keuangan. Uang berapapun habis hanya untuk keperluan tidak esensial. Sampai untuk makannya saja tidak ada lagi uang tersisa.



Oke GanSis, seperti biasa thread saya memang suka kepanjangan. Ini karena saya menulis memang tujuannya buat menuangkan segala uneg-uneg. Kalau ada yang baca ya alhamdulillah.

Sadar gak sih, selama ini kita terlalu sibuk bagaimana cara dapatkan uang dan mengumpulkan harta. Hingga lupa caranya mengatur keuangan. Di kondisi normal mungkin tidak masalah, tiap bulan terima gaji. Penghasilan usaha juga ada. Cicilan jadi lancar. Tanpa nabung pun gak masalah. Pokoknya untuk hidup hari ini.

Tapi hidupkan tidak selamanya normal dan berjalan mulus. Seperti sekarang, dunia tengah krisis kesehatan dan ekonomi. Saat seperti ini baru sadar betapa penting menabung, menyiapkan dana darurat dan berhemat. Menabung itu seperti sedekah, tidak harus menunggu ketika punya banyak uang. Justru sebaliknya.
Diubah oleh riandyoga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nellyville.jr dan 50 lainnya memberi reputasi
47
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
31-07-2020 11:52
Sebenernya ga ada yang salah dari hutang, asalkan bisa mengembalikan. tapi yang jadi masalah adalah banyak orang yang nekat tapi ngga mengkalkulasi, alhasil gabisa bayar cicilannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fikrionly dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
31-07-2020 22:09
emang simalakama banget hutang tuh kalo bukan buat hal yg produktif. dan main asal minjem tanpa punya kemampuan balikin lg ckck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
31-07-2020 22:16
Haduhh kalau bisa jauh jauh deh sama yang namanya urusan utang utang begini emoticon-Cape d... yakalau masih dikasih umur buat bisa nglunasin utang tersebut klau ajal yang datang duluan kasian ahli warisnya nanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
r1dw4nf dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
01-08-2020 12:07
klo terpaksa ngutang ga masalah.. asal berguna aja

jngn kek bnykan org minjem bsa balikin ga bsa emoticon-Ngakak (S)

malah pamer punya ini ituh emoticon-Shutup





emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan riandyoga memberi reputasi
2 0
2
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
02-08-2020 08:04
debt collector lagi banyak kerjaan selama pandemi
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan riandyoga memberi reputasi
2 0
2
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:05
pusing kalo nagih utank
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan riandyoga memberi reputasi
2 0
2
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:07
Tp, pake CC itu mmg memudahkan tuk blanja, secara teori nya lho, gan.... emoticon-Frown
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:14
belajar pengelolaan keuangan itu penting, biar ngerti ada hutang produktif ada hutang konsumtif.

hutang produktif juga harus dipilah lagi. Misalnya kredit motor buat dipake ngojek, kalo cukup beat atau mio ya jangan maksa ngutang n-max apalagi ninja. toh penghasilan ngojek pake n-max nggak akan lebih gede daripada pake mio kan? sementara biaya perawatannya pasti lebih mahal n-max. Yang ada emte cuma ngasih makan leasing doang, sementara makanan buat keluarga malah ngirit gara2 maksa. Di sini utang produktif malah jadi konsumtif.

satu lagi, kalo bilangnya minjem, sesudah ente mati pun ente punya kewajiban bayar. Kalo nggak mau ditagih, atau malu ditagih ya bayar tepat waktu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pan5 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:15
Kok ada ya gan orang yang mempunyai sifat seperti itu ,enteng ngutang tapi berat nyaur nya
emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:16
saya nulis thread ini campur curcol. gk nyangka bisa naik HT :nulisah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
l13ska dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:17
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:17
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rhuelli dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:18
Kalo ada utangan yg macet, minta tagihin anak buah John kei aja emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:18
apalagi yg ngambil kredit tapi minjem nama
udah dibantuin karena iba
tapi cicilannya ga mau bayar

emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubangkaca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:22
Utang bagaikan pisau bermata 2
Tapi yang sering terjadi
Yang minjem gak tau diri
Langsung maen cabut aja kalo ditagih
Itulah yang bikin males kalo jumpa ama orang yang mau ngutang
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan riandyoga memberi reputasi
2 0
2
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:22
Hutang kaga apa-apa sih asal buat hal yg produktif, lain kata klo sakit nah baru tuh pas pake peribahasa "Gara-gara sakit, kerja keras jadi sia-sia"
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:24
engga apa-apa suka ngutang.

asal ngutang istri yang motifnya renda-renda.
emoticon-Cool
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:26
Selama bukan hutang produktif, hindari
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:26
yap betuul gan. jangan sampe hutang gak dibayar.. suatu saat pastii ditagih.. hati hati jika hutang jangan lupa untuk dibayar yaa gan
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
09-08-2020 14:27
Buh, 16 jt diikhlasin untuk menghindari drama llama. emoticon-linux2

Berhutang itu sah² saja, yang penting sanggup membayar dikemudian harinya. .......emoticon-Ngacir

Aspal Kotor
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia