komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Melihat Lebih Dekat Keindahan Athena di Yunani
Athena adalah sebuah ibukota negara Yunani yang memiliki berbagai detinasi wisata cantik yang sayang untuk kamu lewati. Negara yang tengah dilanda krisis ini, masih menjadikan pariwisata sebagai tumpuan ekonominya.

Negara ini merupakan sebuah negara yang memiliki penduduk sekitar 11 juta jiwa. Ya, pariwisata masih menjadi tumpuan pendapatan negara yang memiliki luas sekitar 131.957 kilometer persegi.

Pada tahun 2015, 22 juta wisatawan mancanegara datang untuk mengunjungi Yunani, dengan sebagian di antaranya adalah penumpang kapal pesiar.

Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera mengetahui wisata apa saja yang menjadi andalan Yunani khususnya ibukotanya yaitu Athena? Kali ini, kita akan membahasnya dalam melihat lebih dekat keindahan kota Athena di Yunani.


Sekilas tentang Athena

Athena via i-berita

Athena adalah ibukota negara Yunani. Kota ini memiliki penduduk sekitar 700.000 jiwa, namun bila dihitung dari kawasan metropolitannya, kota ini memiliki penduduk yang tidak kurang dari 3,5 juta jiwa.

Athena menjadi pusat dari ekonomi, budaya dan politik Yunani. Athena disebut juga sebagai asal dari pusat peradaban barat karena berbagai pencapaian kebudayaan bangunan yang berasal dari abad ke 4 dan 5 di kota ini.

Ketika menyambangi Athena, kamu akan dimanjakan dengan bangunan-bangunan tua yang megah dan indah. Hal ini akan membuatmu betah menyambangi kota yang satu ini.


Perjalanan Menuju Athena

Bandara Internasional Athena via News Gtp

Untuk melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Athena, kamu dapat memilih beberapa maskapai penerbangan. Salah satu maskapai penerbangan yang paling populer adalah Emirates.

Rata-rata waktu penerbangan yang kamu butuhkan untuk mencapai Athena dari Jakarta adalah sekitar 14 jam 25 menit.


Menyambangi Kawasan Wisata Plaka

Kawasan Wisata Plaka via Athens Guide

Untuk mengawali perjalanan wisatamu selama berada di Yunani, kamu dapat memulainya dengan menyambangi kawasan wisata Plaka. Plaka sendiri adalah kependekan dari Pliak Athena, yang berarti Kota Tua Athena dalam bahasa Yunani.

Plaka beralamat tepat di lereng timur Acropolis, Kota Atas Athena. Keunikan lain yang disajikan oleh kawasan wisata Plaka ini adalah kawasan ini termasuk kawasan yang tidak pernah tidur karena hampir 24 jam diramaikan dengan beragam aktivitas restoran tradisional Yunani maupun rumah makan modern.

Plaka juga merupakan kawasan konservasi. Nah, sebagian besar penduduk kawasan Plaka ini berasal dari turunan Albania atau disebut juga sebagai Arvanite dalam bahasa Yunani.

Di dalam kawasan ini, kamu juga dapat melihat Museum Acropolis, Museum Kesenian Rakyat Yunani (Museum of Greek Folk Art), Museum Universitas Athena dan sejumlah museum “pribadi” lainnya.

Di kawasan ini pula kamu dapat menemukan berbagai makanan tradisional Yunani yang tentunya menggugah selera. Salah satu makanan tradisional Yunani yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Thanasis Kebab. Selain itu, kamu juga dapat menemukan berbagai souvenir unik khas Yunani di kawasan yang satu ini.

Kamu juga dapat menemukan berbagai deretan toko pembuat tas dan sepatu. Kawasan Plaka adalah salah satu kawasan yang tepat jika kamu ingin melihat lebih dekat seperti apa kehidupan kota Athena.


Menyambangi Syntagma Square

Syntagma Square via Boomsbeat

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Athena yang tentunya sayang untuk kamu lewatkan. Destinasi wisata ini adalah Syntagma. Salah satu hal yang menyenangkan dan dapat kamu lakukan di Athena adalah berjalan kaki.

Ya, kamu dapat menelusuri kota dengan cara berjalan kaki. Hal ini dikarenakan jarak dari satu kawasan untuk mencapai kawasan lain adalah tidak terlalu jauh.

Selain Plaka, kamu dapat mengunjungi Syntagma ini untuk dapat merasakan lebih dekat seperti apa rasanya atmosfir kehidupan lokal kota ini. Kabar baiknya adalah kamu dapat berjalan kaki dari Plaka menuju Syntagma ataupun sebaliknya.

Sepanjang perjalanan, kamu dapat melihat deretan restoran khas Yunani. Selain itu, kamu juga dapat melihat berbagai deretan toko tas dan sepatu yang terdapat di sepanjang jalanan dari Plaka menuju Syntagma ini.

Sementara itu, di ujung jalan Monastiraki, kamu dapat melihat sebuah flea market yang menjual berbagai macam produk dengan harga yang miring dan terjangkau. Menyenangkan sekali, bukan?

Di kawasan ini, biasanya wisatawan berkumpul untuk menikmati kopi, the, wine atau minuman lainnya untuk mengurangi rasa dingin.

Yunani juga memiliki minuman beralkohol yang khas bernama uozo. Di kawasan ini, biasanya juga disajikan makanan khas Yunani seperti gyros yang mirip dengan kebab isi daging sapi, domba atau ayam.

Roti pita yang membungkus daging pada gyros terlihat lebih tebal dibandingkan dengan kulit kebab biasa dan disajikan bersama dengan saus dan kentang goreng.

Selain itu, di kawasan ini kamu juga dapat menikmati souvlaki (sate), spanakopita yang mirip seperti martabak, tzaziki (salad dengan saus yoghurt), moussaka yang mirip lasagna serta kourabiedes (roti almond panggang).

Syntagma Square juga terkenal sebagai kawasan wisata yang dilengkapi dengan sejumlah hotel, kafe, air mancur dan peninggalan masa lalu yang masih terawat.

Di sekitar tempat ini, kamu juga dapat melihat gerbang Handrian yang dibangun pada 131. Gerbang ini sendiri dibangun untuk menyambut kedatangan Romawi di Yunani.


Melihat Lebih Dekat Museum Kereta Gratis di Stasiun Syntagma

Stasiun Kereta Syntagma via Wikimedia

Bagi kamu yang masih penasaran dengan berbagai destinasi wisata di Athena, maka sebaiknya kamu tidak melewatkan destinasi wisata yang satu ini yaitu Stasiun Kereta Syntagma.

Tempat ini merupakan stasiun untuk jalur metro di kota Athena. Konon, sepanjang pembuatan jalur metro untuk transportasi di Kota Athena, pekerjanya seringkali menemukan berbagai relik sejarah.

Nah, ketika menemukan berbagai relik sejarah tersebut, penggalian untuk jalur metropun terpaksa dihentikan sementara. Para pekerja kemudian memanggil arkeolog agar dapat menyelamatkan relik sejarah yang ditemukan.

Alat yang digunakan untuk pembangunan jalur metro pun berubah dari yang awalnya menggunakan alat berat terpaksa berubah menjadi kuas.

Akhirnya, setelah memakan waktu yang cukup lama, pembangunan jalur metro di kota Athena pun selesai dilakukan. Untuk mengabadikan relik sejarah yang ditemukan sepanjang penggalian, relik sejarah tersebut pun dipajang dan dipamerkan di stasiun metro yang terletak di Syntagma.

Nah, jika kamu adalah penggemar arkeologi, tidak ada salahnya menyambangi stasiun Syntagma ini untuk melihat lebih dekat seperti apa relik sejarah yang ditemukan di sepanjang penggalian jalur metro untuk kota Athena.


Melihat Lebih Dekat Museum Acropolis

Menyambangi Museum Acropolis via News Gtp

Menyambangi Paris belum lengkap rasanya jika belum menyambangi Menara Eiffel. Begitupun halnya dengan menyambangi Athena, belum lengkap rasanya jika belum menyambangi Museum Acropolis yang terkenal ini.

Museum Acropolis adalah sebuah museum yang terletak di Distrik Makriyianni, dekat Plaka. Museum ini adalah sebuah museum yang dibangun pada tahun 2003 tetapi baru dapat diresmikan pada tahun 2009.

Museum Acropolis ini terletak di sisi tenggara bukit batu Acropolis, tempat Acropolis lama berdiri dengan Parthenon sebagai bangunan utamanya. Museum baru yang didirikan dengan biaya tidak kurang dari 130 juta euro tersebut berdiri tegak di atas reruntuhan bagian kota Athena lama.

Museum ini memiliki suatu keunikan, yaitu sebagian lantainya terbuat dari kaca. Hal ini membuat pengunjung masih bisa melihat sisa bangunan di bawahnya yang memuat berbagai peninggalan dari masa zaman perunggu yang ditemukan di kawasan sekitar bukit batu Acropolis.

Pembangunan museum Acropolis yang pertama sendiri dimulai pada tahun 1865. Pada waktu tersebut, museum ini memiliki luas sekitar 800 meter persegi.

Jika kamu ingin melihat lebih dekat dan memasuki museum ini, biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar 5 euro untuk tiket. Di dalam museum ini terdapat koleksi yang berjumlah lebih dari 4.000 buah dan tersimpan di dalam bangunan empat lantai yang tahan gempa tersebut.

Dari pintu masuk Museum Acropolis ini, kamu akan melihat berbagai benda purbakala yang disajikan dalam lorong The Slopes of The Acropolis (lereng Acropolis) di lantai dasar atau level 0.

Sementara itu, pada lantai pertama, kamu dapat melihat berbagai koleksi Propylaia (gerbang kompleks Acropolis), kuil Athena-Nike, kuil Erecthei-on, serta berbagai benda yang ditemukan sejak periode abad kelima sebelum masehi dan periode kuno Yunani.

Pada lantai ketiga, kamu dapat menemukan berbagai artefak yang berkaitan dengan kuil Parthenon. Parthenon sendiri merupakan kuil terbesar dalam kompleks kota kuno Acropolis dan menjadi tempat pemujaan terhadap Dewi Athena.


Menyambangi Acropolis Athena

Menyambangi Acropolis via Wikimedia

Selanjutnya, tidak lengkap rasanya menyambangi Athena jika kamu belum menyempatkan diri untuk menyambangi Acropolis yang satu ini. Kawasan ini merupakan kota kuno yang terletak di atas bukit batu Acropolis di Athena.

Kota ini memiliki nama lain Citadel. Acropolis ini merupakan tujuan utama wisatawan mancanegara datang menyambangi Athena. Kawasan ini berjarak sekitar 300 meter dari Museum Acropolis.

Kompleks bangunan kuno ini memiliki 21 situs bersejarah yang menjadi nilai tambah utama kawasan ini, termasuk Parthenon, yang berdiri di atas lahan datar seluas tiga hektar.

Namun, sebagian besar situs itu rusak dimakan usia, terkena bencana dan juga terkena bom. Kawasan ini direnovasi sejak tahun 1975 dan renovasi tersebut masih terus berlangsung hingga saat ini.

Parthenon yang merupakan bangunan terbesar di Acropolis Athena pun masih direnovasi sampai saat ini. Kuil pemujaan terhadap dewi Athena yang bergaya Doria atau Yunani Klasik ini didirikan pada 447 sebelum masehi dan mulai resmi dibuka pada 432 sebelum masehi. Keindahan Parthenon ini terletak pada detail ornamennya.

Nama Parthenon sendiri diperkirakan berasal dari sosok Athena yang digambarkan tidak pernah menikah, tetap perawan. Dalam bahasa Yunani, disebutjuga dengan Athena Parthenos. Kuil ini digambarkan sebagai lambang keperawanan sehingga seringkali juga dijadikan sebagai gereja yang menghormati Maria, ibu Yesus yang perawan.

Selain itu, Parthenon juga pernah dijadikan sebagai masjid pada masa Kekaisaran Ottoman sekitar tahun 1460.

Untuk mengunjungi Acropolis ini, kamu harus berjalan mendaki di lereng bukit yang dipenuhi berbagai tanaman, terutama zaitun. Di bukit batu Acropolis juga terdapat teater Odeon Pericles yang didirikan pada tahun 435 sebelum masehi.

Gedung ini seringkali disebut juga dengan sebutan Odeon Athena. Gedung ini dihancurkan ketika terjadi perang Mithridatic yang pertama tahun 87-86 sebelum masehi. Padahal, teater seluas 4.000 meter persegi yang kini hanya tinggal berupa puing-puing tersebut tercatat sebagai salah satu situs yang tertua di Yunani.


Menyambangi Pelabuhan Piraeus Athena

Mengunjungi Pelabuhan Piraeus Athena via Morphis

Kamu masih berminat untuk menjelajahi destinasi wisata lainnya di Athena? Kali ini, kamu dapat mencoba untuk menyambangi Pelabuhan Piraeus yang satu ini.

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan tempat sejumlah kapal pesiar termasuk Riviera yang dimiliki Oceania Cruises bersandar. Pelabuhan Piraeus sendiri berada sekitar 20 kilometer dari Syntagma dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menjangkaunya dengan menggunakan taksi.

Piraeus merupakan kota tersendiri dan bukan merupakan bagian dari Athena yang awalnya bernama Helipedon. Helipedon sendiri berarti ladang garam.

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan terbesar di Yunani dengan luas yang tidak kurang dari 3.900 hektar. Pada tahun 2014, pelabuhan Piraeus ini dilewati oleh sekitar 39,6 juta orang dan 73,1 muatan kargo.

Tidak kurang sekitar 47.839 kapal dengan berbagai ukuran bersandar di pelabuhan ini. Pelabuhan ini juga merupakan pintu gerbang utama menuju ke berbagai tujuan wisata di Yunani seperti Santorini, Corfu dan Myonos.

Piraeus sendiri saat ini sudah menjadi tujuan wisata di Yunani sehingga di kawasan tersebut kamu juga dapat melihat berbagai restoran dan hotel.


Mengunjungi Koukaki

Mengunjungi Koukaki via Athens Greek

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata lainnya di Athena yang sayang untuk kamu lewatkan. Destinasi wisata ini adalah sebuah kawasan yang bernama Koukaki.

Di Koukaki kamu dapat melihat banyak wisatawan berkumpul dengan menikmati kopi, the, wine atau minuman lainnya untuk dapat mengurangi rasa dingin.

Koukaki merupakan sebuah kawasan yang terletak di bagian tenggara kota Athena. Untuk melihat lebih dekat seperti apa kehidupan warga lokal Athena, kamu dapat mencoba untuk menyambangi kawasan Koukaki yang satu ini.

Bagi kamu yang tidak begitu suka dengan tempat yang touristry seperti Plaka, maka dapat mencoba untuk menginap di sekitar kawasan Koukaki ini. Tempat ini juga sangat sesuai untukmu yang ingin menikmati kota Athena sambil berjalan kaki.

Bagi kamu yang ingin menyambangi kawasan dengan banyak bar dan juga restoran, maka kamu dapat mencoba menyambangi kawasan Faliron Square yang terletak di Koukaki ini. Faliron Square sendiri termasuk dalam kawasan yang sangat populer di Koukaki ini.

Karena termasuk kawasan yang tidak begitu touristry, kawasan ini menyajikan suasana yang lebih tenang. Selain itu, kebanyakan wisatawan yang datang menyambangi kawasan ini memiliki tujuan untuk bisnis.

Karena alasan tersebut, tidak mengherankan jika biaya untuk makan maupun menginap di kawasan Koukaki ini cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kawasan Plaka.

Meskipun demikian, dari segi keterjangkauan, kawasan ini adalah sebuah kawasan yang termasuk dalam kawasan yang tidak begitu jauh dari Acropolis. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Athena, jangan lupa untuk menyambangi kawasan Koukaki yang satu ini.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai Athena, sebuah kota tua di Yunani yang memiliki berbagai objek wisata cantik. Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk menyambangi kota ini atau memasukkan Athena dalam daftar destinasi wisata tujuanmu selanjutnya.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi kepadamu terutama jika kamu ingin mengenal lebih dekat kota Athena.

Happy traveling!

SUMBER
0
11.8K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.