• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Inilah PNS Pertama di Indonesia, Nomor Induknya Urutan 1 Gan!

Sok.Art
TS
Sok.Art
Ternyata Inilah PNS Pertama di Indonesia, Nomor Induknya Urutan 1 Gan!


Berbicara tentang profesi pekerjaan yang mungkin menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alasannya ya klasik sih, mulai dari gaji yang lumayan, dan yang paling populer adalah karena dapat fasilitas tunjangan di hari tua nanti. Tapi gak melulu dari sisi finansial doang, kalau jadi PNS juga bisa tuh mendapatkan fasilitas beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tentunya dengan melengkapi persyaratan dan harus mendapatkan izin dari atasan juga ya Gan.

Karena sebagian “kenikmatan” tersebutlah, banyak orang yang berlomba-lomba untuk berkarir sebagai abdi negara atau PNS. Bahkan hingga Januari 2020 lalu aja, jumlah PNS yang tercatat melalui data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sudah mencapai 4.286.918 orang. Apakah ente yang baca adalah salah satu dari jutaan orang tersebut Gan? Hehe.



Tapi kalau ngomongin tentang profesi sebagai PNS, ente pernah penasaran gak sih siapa orang yang pertama kali tercatat menjadi PNS di Indonesia? Mungkin bakal terkesan “legend” banget kali ya orang tersebut. Apalagi dengan Nomor Induk Pegawai dengan urutan pertama.

Dan, jawaban dari rasa penasaran tentang siapa orang yang pertama kali menjadi PNS di Indonesia adalah seorang Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat bernama Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Hal tersebut bisa diketahui karena fakta tentang Sri Sultan HB IX yang menjadi PNS tertuang dalam Kartu Pegawai Negeri Sipil RI yang pernah diterbitkan oleh Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) pada 1 Desember 1974 di Jakarta.

Meskipun bukti tentang kartu PNS Sri Sultan HB IX yang diterbitkan oleh BAKN ditandatangi dan dikeluarkan oleh Kepala BAKN, A E Manihuruk, pada tahun 1974, namun sebenarnya Sri Sultan HB IX udah menjadi mengabdi sebagai pegawai sejak tahun 1940 Gan.



Hal yang kerennya lagi dari fakta ini adalah tentang Nomor Induk Pegawainya Sri Sultan HB IX. Karena tercatat sebagai PNS pertama di Indonesia, makanya Sri Sultan HB IX mendapatkan nomor kepegawaian dengan urutan 010000001. Wow!

Memang sih kalau ngomongin Sri Sultan HB IX itu jasa-jasanya untuk bangsa Indonesia banyak banget Gan. Selain menjadi Sultan Yogyakarta ke-9, beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia yang ke-2 loh. Gak hanya itu aja, namanya juga populer banget sampai saat ini dengan sebutan Bapak Pramuka Indonesia.



Jadi seperti itulah Gan fakta tentang PNS pertama di Indonesia yang tak lain tak bukan adalah Sri Sultan HB IX. Nah, kalau ente sendiri yang berprofesi sebagai PNS punya nomor urut berapa nih? Ah, pasti udah urutan berjuta-juta kali ya, hahaha.


* * *
R E F E R E N S I
1, 2 , 3
* * *

Jangan lupa kasih Cendol dan Bintang 5 di thread ini ya Gan.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


tyrodinthorydhstry03raliakbarrr
raliakbarrr dan 44 lainnya memberi reputasi
45
14.1K
110
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.