News
Batal
KATEGORI
link has been copied
140
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f243ed968cc9526cd6f0dce/agm-158-jassm-pesan-dari-trump-yang-dibawa-pesawat-b1-b-lancer-untuk-xi-jinping
Ketegangan di Laut Cina Selatan semakin meningkat, bahkan sebelum mewabahnya Corona. Dimana pihak RRC sering bersinggungan dengan beberapa negara di kawasan ASEAN pada awal 2020 ini. Salah satunya konflik dengan Indonesia.
Lapor Hansip
31-07-2020 22:55

AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ketegangan di Laut Cina Selatan semakin meningkat, bahkan sebelum mewabahnya Corona. Dimana pihak RRC sering bersinggungan dengan beberapa negara di kawasan ASEAN pada awal 2020 ini. Salah satunya konflik dengan Indonesia, dimana Cina melanggar batas zona ZEE yang sudah ditetapkan. Tak sampai disitu, Cina juga sempat mengusik Vietnam dengan melakukan latihan militer lima hari berturut-turut di Kepulauan Paracels, dimana pulau itu masih termasuk wilayah Vietnam.


Hal ini juga diprotes Filipina diforum ASEAN, karena latihan militer ini diduga untuk menggencarkan klaim atas wilayah perairan Cina terhadap negara tetangga dikawasan ASEAN. Akibat hal ini, AS pun turun tangan dengan mengerahkan dua kapal induknya ke wilayah Laut Cina Selatan. Dengan dalih patroli dan menjaga keamanan dijalur perairan internasional. Saat ini militer AS sedang berada di Guam, pulau yang menjadi pangkalan militer AS diwilayah Samudera Pasifik.


Wilayah dibagian barat Samudera Pasifik ini letaknya tidak begitu jauh dari Laut Cina Selatan, nah beberapa waktu lalu gan sist. Tepatnya bulan Mei, pesawat B-1B Lancer membawa sebuah pesan dari Donald Trump sebagai pimpinan tertinggi AS. Pesan tersebut diberi kode AGM-158 JASSM, seperti apa isi pesan tersebut ? Dan kenapa TS menyebutnya sebagai pesan ? Mari kita mulai cerita panjang ini.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Ilustarsi B1-B Lancer.

Sumber





AGM-158 JASSM


AGM-158 JASSM adalah sebuah nama bagi rudal pembom jarak jauh andalan Amerika Serikat, dimana rudal ini mampu diluncurkan dari luar wilayah udara sebuah negara. Kenapa TS menyebutkannya sebagai sebuah pesan ? Hal ini tentu berkaitan dengan masalah yang terjadi diwilayah Laut Cina Selatan (LCS), selama ini pihak RRC selalu memprovokasi negara tetangga yang dekat dengannya.


Bahkan tetangga jauh yang bernama Amerika Serikat pun sampai gerah melihat tingkahnya, pembicaraan secara baik-baik sepertinya bukan salah satu gaya dari Trump. Dengan kekuatan militernya, Trump mencoba membuat gentar Xi Jinping (pemimpin RRC) dengan mengirimkan pesan yang berwujud rudal pembom jarak jauh. TS akan sedikit mengulas kekuatan mengerikan milik Paman Sam ini gan sist, kita mulai dari asal usulnya.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

F 16 meluncurkan rudal JASSM.

Sumber



Dekade 1990-an angkatan udara AS (USAF) menginginkan jenis rudal jelajah baru, pada waktu itu Lockheed Martin menawarkan model AGM-158, sementara McDonnell Douglas mengusulkan model AGM-159. Pihak Lockheed Martin memulai pengembangan pada tahun 1995, kemudian 3 tahun berselang. Pihak USAF memilih model AGM-158, Lockheed Martin pun menerima kontrak pengembangan dan produksi dengan nama proyek Joint Air to Surface Standoff Missile (JASSM).


Tahun 1999 tes prototipe pertama rudal ini dilakukan, dan pengembangan selanjutnya selesai tahun 2003. Tahun 2004 produksi pertama dilakukan dan pengirimannya dimulai tahun 2005. Namun rentang 2005-2008, banyak peluncuran misil rudal yang gagal, Lockheed Martin pun terancam kehilangan kontrak kesepakatannya (tidak disebutkan berapa besaran dan durasi kontraknya). Namun Lockheed Martin memperbaiki masalah pada rudal mereka, sehingga tingkat kegagalan peluncuran pun berkurang. Sampai tahun 2010 mereka sudah memproduksi 1000 rudal, dan 4900 rudal siap dikirimkan untuk USAF tahun itu.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Ilustrasi gambar rudalnya.

Sumber




Kehebatan AGM-158 JASSM 


AGM-158 JASSM adalah rudal jelajah dengan akurasi tinggi, perannya adalah menghancurkan sasaran dari jarak jauh seperti target di perbukitan, lembah dan gunung. Tanpa perlu memasukan sebuah jet tempur jauh ke zona pertahanan udara lawan, tugas penghancuran sepenuhnya dapat diemban oleh rudal ini. JASSM generasi 1 ini memiliki jangkauan sekitar 370 km, ditenagai mesin turbojet Teledyne CAE J402-CA-100.


Membawa hulu ledak tipe Explosive Fragmentation (HE-FRAG) seberat 450 kg, rudal ini juga  memiliki sistem navigasi dengan pembaruan GPS, juga menggunakan pencari IR untuk navigasi internal. Rudal ini diklaim AS sangat akurat, USAF melaporkan bahwa AGM-158 memiliki kesalahan akurasi hanya 3 meter saja gan sist. Ketika rudal dibawa oleh pesawat, sayap dan siripnya dilipat, dan akan terbuka setelah rudal dilepaskan menuju target sasaran.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Ilustrasi rudal setelah diluncurkan, akan membuka seperti ini.

Sumber.



Perjalanan rudal ini ditempuh dengan kecepatan subsonik, dan lebih sulit untuk mendeteksi dan mencegat rudal ini di uadara karena mengurangi penampang radar dan IR Kemampuan ini membuatnya lebih mudah dalam mengatasi sistem pertahanan udara canggih, seperti  S-300 dan S-400 buatan Rusia. Rudal ini khusus ditembakan untuk menghancurkan negara yang mempunyai sistem pertahanan canggih, walau sering dibawa dalam misi ke Timur Tengah. Rudal ini baru resmi diluncurkan untuk kepentingan militer pada 2018 kemarin, ISIS dan Suriah menjadi yang pertama kali merasakan kengerian rudal JASSM ini.


Pesawat yang bisa membawa rudal ini adalah pesawat pembom seperti B-1B Lancer. B-1B Lancer dapat membawa 24 JASSM, B-2 Spirit dapat membawa 16 rudal, sedangkan B-52H Stratofortress dapat membawa 20 rudal. Rudal ini juga dapat dipasang pada F/A-18E/F, F-15E dan F-16. Pesawat tempur tersebut dapat membawa satu atau dua rudal serangan darat ini. Satu rudal AGM-158 berharga sekitar US$ 850.000 atau sekitar Rp 11,7 miliar. Selain AS tercatat 3 negara ikut menggunakan rudal ini, negara itu antara lain: Australia, Finlandia dan Polandia.



Perkembangan AGM-158 JASSM


Versi pertama rudal ini dihentikan produksinya pada tahun 2015, produk awal ini diberi nama AGM-158 JASSM A. Lockheed Martin pun mengembangkan versi kedua dan diberi kode huruf B, atau biasa disebut AGM-158 JASSM ER (Joint Air to Surface Standoff Missile Extended Range).


Pembuatan dan pengembangan versi kedua ini sudah dimulai sejak tahun 2006, kemudian tahun 2011 mulai diproduksi dalam jumlah terbatas. Tahun 2013 pihak pembuat yakni Lockheed Martin bersama USAF menyelesaikan tes dan evaluasinya. Tahun 2014 pihak USAF pun mulai menggunakan rudal ini.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Wujud rudalnya seperti ini gan sist.

Sumber



JASSM-ER memiliki jangkauan lebih luas dari pendahulunya, mencapai 930 km. Versi kedua ditenagai mesin turbofan Williams International F107-WR-105, jarak jelajah mencapai 925 km, dan hulu ledaknya memiliki berat 450 kg. Dari luar kedua varian ini terlihat sama gan sist, yang membedakan adalah daya jelajah dan mesinnya.


Kedua varian AGM-158 A dan AGM-158 B sama-sama memiliki ukuran yang sama, panjang mencapai 4,27 meter, lebar bentang sayap 2,4 meter dan bobot mencapai 1 ton. Tak disebutkan secara pasti berapa kecepatannya, tapi diberitakan kedu rudal ini melesat dikecepatan subsonic. Harga AGM-158 B JASSM-ER tentu lebih mahal, yakni mencapai US$ 1,32 juta.



Debut JASSM dan JASSM-ER Untuk Menggempur ISIS


Debut AGM-158 JASSM A terjadi saat digunakan dalam serangan AS/NATO ke Suriah pada 14 April 2018. Dua unit pesawat B-1B Lancer menembakkan 19 JASSM, sebagai bagian dari serangan terhadap tiga basis pemerintahan Suriah yang diduga sebagai lokasi penempatan senjata kimia.


Menurut media dari Rusia, dua rudal yang gagal meledak ditemukan oleh militer Suriah dan dibawa ke Rusia pada tanggal 18 April untuk dipelajari lebih lanjut. Laporan awal mengatakan bahwa rudal yang digunakan ke Suriah adalah JASSM-ER, setelah ada klarifikasi oleh USAF. Sebenarnya yang digunakan pertama kali adalah varian dasar (AGM-158A), meski yang digunakan rudal jadul buatan 90-an, Xi Jinping tentu tidak boleh berleha-leha melihat fakta kejadian dua tahun lalu. Meski 2 rudal gagal meledak, tapi sistem pertahanan Suriah tak kuasa mendeteksi rudal tersebut.


Konflik ISIS di Timur Tengah dimanfaatkan dengan baik oleh AS untuk menguji senjatanya, giliran sang adik yang bertugas. Rudal AGM-158 B JASSM-ER diluncurkan pada 27 Oktober 2019, rudal jelajah dilepaskan ke kawasan Barisha untuk menghancurkan basis pimpinan ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi. Sejumlah AGM-158B digunakan untuk meratakan tempat itu, tidak disebutkan secara pasti berapa rudal yang ditembakan. Tapi yang pasti ISIS lagi ketiban sial, karena jadi kelinci percobaan rudal jelajah milik AS.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Sumber


Debut sang adik menandai kedua kalinya rudal JASSM ikut terlibat dalam operasi militer. Dulu tidak diberitakan ada rudal yang gagal meledak, itu berarti sang adik berhasil menjalankan tugas dengan sempurna. Jadi apakah Xi Jinping akan gentar dengan hal ini ? Mengingat Guam sangat dekat dengan wilayah LCS, dan disanalah bersemayam B-1B Lancer yang membawa pesan dari Uncle Trump.


JASSM atau JASSM-ER yang sebenarnya dibawa B-1B Lancer ke Guam ? Hal ini masih menjadi tanda tanya, tapi sudah dikonfirmasi bahwa Uncle Trump mengirim JASSM 158 ke pangkalan militer AS di Guam. Hal ini diperlihatkan oleh situs TheDrive.com (10/5/2020), dalam unggahan fotonya memperlihatkan sebuah rudal yang dipasang pada B-1 Lancer. Foto ada dibawah gan sist.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

B-1B lancer dipasangi rudal JASSM.

Sumber





Rute Perjalanan B-1 Lancer


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Pangkalan militer AS di Guam.

Sumber



Seperti yang banyak diberitakan gan sist, empat pesawat B-1B Lancer sudah terbang dari sarangnya di Lanud Dyees (Texas), dan sekarang sudah berada di Lanud Andersen (Guam). Meski dikemas dalam misi latihan, tentu tidak begitu saja mengurangi kecurigaan media tentang kehadiran pesawat bomber legendaris ini. Dimana disetiap kehadirannya pasti selalau berkaitan dengan rudal jelajah jarak jauh milik AS.


Untuk menuju LCS, pesawat B-1B Lancer kemungkinan akan melewati wilayah udara Filipina. Pesawat bomber ini bisa membelah wilayah uatara dan selatan Filipina, jika memang Uncle Trump sudah memberi aba-aba. Mereka bisa lewat rute selatan mapun utara, dengan 4 pesawat bomber yang sudah stand by. Mengirimkan 2 pesawat untuk lewat jalur utara dan sealan bisa jadi pilihan, mengingat rute ini sama-sama dekat dengan LCS.



AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Perkiraan rute pesawat B-1B Lancer.

Sumber



Meski akan dipensiunkan ditahun 2036 mendatang, tapi pesawat ini tak bisa dirmemehkan gan sist. B-1B Lancer dapat terbang sejauh 9.400 km, jangkauan jelajahnya bisa bertambah berkat dukungan air refueling model boom (seperti pada F-16 Fighting Falcon). Ketinggian terbang maksimum mencapai 18.000 meter dan punya kecepatan menananjak sampai 28,84 meter per detik.


B-1B Lancer ditanami empat mesin turbofan General Electric GE F-101-GE-102 afterburner. Setiap mesin mampu menghasilkan daya dorong 13.605 kg. Pesawat pembom dengan sayap model swing-wing (sayap sapuan variabel) ini dapat melesat dengan kecepatan jelajah mencapai Mach 0.92 dan kecepatan maksimum Mach 1.25. Pesawat ini kerap kali digunakan untuk membombardir basis ISIS di Suriah.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Foto pas lepas landas gan sist.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

B-1B Lancer saat mengudara, bentuknya mantul gan sist emoticon-Belo

Sumber



Melihat catatan mentereng dari rudal maupun pesawatnya, apakah ini akan membuat Xi Jinping akhirnya gentar ? Menarik untuk menunggu kelanjutan drama LCS ini gan sist, terlebih menantikan respon RRC yang kini begitu mesra dengan Rusia dalam pengembangan alutsista militer.


Tapi sejujurnya TS kembali berpikir suatu hal yang penting, apakah perang akan benar-benar kembali terjadi ? Meski kemungkinan ke arah sana kecil, karena kedatangan pesawat bomber AS bisa jadi hanya untuk gertakan saja. Tapi tak menutup kemungkinan gertakan itu akan menjadi kenyataan.



Saya pikir hidup damai setelah meraih kemerdekaan itu tidak sepenuhnya akan terjadi, nyatanya masih banyak manusia yang ingin menciptakan kegaduhan dan huru-hara. Manusia terkadang memang susah untuk dimengerti, apakah perang adalah cara terakhir untuk menyelesaikan kegaduhan ini ?



Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kutil75 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 13:44
0 0
0
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 13:49
Belum ada misil atau senjata lain yg bisa mengcounter AGM ini kah?
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 13:50
Coba itu bangunin Little Boy ama Fat Man..kelamaan tidur dia

Siapin pilox buat nulis pesawat "Enola Gay" ama "Bocks Car"

Lets Go Disco..
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 14:32
Klo Indonesia bawa apa gan ke laut natuna utara?
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 14:54
kenapa kirim pesannya ga lewat wa aja sih, apa karena china ga pake wa kali yak 😁
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:08
Ini beda lagi sama B52 ya gan? Kalau beda versi berarti pembom Us banyak banget silumat, b52 dn ini
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:29
Quote:Original Posted By Over the Top
perangnya kapan..ributnya mulu


gak akan perang selagi China masih dibekingi Rusia,


Quote:Original Posted By turkusuma
o....seperti itu to bntuk dr rudal, ternyata mirip kyak pesawat ya🤔🤔🤔


setelah diluncurkan sekilas memang mirip pesawat gan



Quote:Original Posted By Cupu1971
Ngga cukup di lawan pake bambu runcing nih... 🙄


bambu runcing bukan lawan untuk rudal gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By moggey
salah 1 cara promosi ke negara calon customer,ke 2 belah pihak saling memamerkan alutsista nya


mungkin ini jadi salah satu strategi mereka gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By fr4nk3nst3in
Wadidaw panjang jejak dulu aja emoticon-Big Grin


silakan gan emoticon-Salaman



Quote:Original Posted By dr.web
Wah bisa2 rata sama tanah tuh


mungkin mau menggertak saja gan



Quote:Original Posted By mrromance
Masih nunggu, kalau kalau ada perang, pasti jadi tontonan seru dan menarik


apalagi perangnya dia asia tenggara emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By rajkapoor
amerika nyerang tiongkok... ?!
ane dukung tiongkok laah


jelas kalah, karena ada rusia dibelakang tiongkok, mereka berdua sudah menegembangkan rudal balistik nuklir lintas benua. sementara AS belum mengembangkan hal itu, paling untuk menggertak saja gan
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:33
Untung masih 'pesan singkat' bukan 'pesan panjang tanpa akhir'
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:35
moga2 ga sampai terjadi perang.....

blom perang aja udh banyak PHK gini kok
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:36
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
Ketegangan di Laut Cina Selatan semakin meningkat, bahkan sebelum mewabahnya Corona. Dimana pihak RRC sering bersinggungan dengan beberapa negara di kawasan ASEAN pada awal 2020 ini. Salah satunya konflik dengan Indonesia, dimana Cina melanggar batas zona ZEE yang sudah ditetapkan. Tak sampai disitu, Cina juga sempat mengusik Vietnam dengan melakukan latihan militer lima hari berturut-turut di Kepulauan Paracels, dimana pulau itu masih termasuk wilayah Vietnam.


Hal ini juga diprotes Filipina diforum ASEAN, karena latihan militer ini diduga untuk menggencarkan klaim atas wilayah perairan Cina terhadap negara tetangga dikawasan ASEAN. Akibat hal ini, AS pun turun tangan dengan mengerahkan dua kapal induknya ke wilayah Laut Cina Selatan. Dengan dalih patroli dan menjaga keamanan dijalur perairan internasional. Saat ini militer AS sedang berada di Guam, pulau yang menjadi pangkalan militer AS diwilayah Samudera Pasifik.


Wilayah dibagian barat Samudera Pasifik ini letaknya tidak begitu jauh dari Laut Cina Selatan, nah beberapa waktu lalu gan sist. Tepatnya bulan Mei, pesawat B-1B Lancer membawa sebuah pesan dari Donald Trump sebagai pimpinan tertinggi AS. Pesan tersebut diberi kode AGM-158 JASSM, seperti apa isi pesan tersebut ? Dan kenapa TS menyebutnya sebagai pesan ? Mari kita mulai cerita panjang ini.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Ilustarsi B1-B Lancer.

Sumber





AGM-158 JASSM


AGM-158 JASSM adalah sebuah nama bagi rudal pembom jarak jauh andalan Amerika Serikat, dimana rudal ini mampu diluncurkan dari luar wilayah udara sebuah negara. Kenapa TS menyebutkannya sebagai sebuah pesan ? Hal ini tentu berkaitan dengan masalah yang terjadi diwilayah Laut Cina Selatan (LCS), selama ini pihak RRC selalu memprovokasi negara tetangga yang dekat dengannya.


Bahkan tetangga jauh yang bernama Amerika Serikat pun sampai gerah melihat tingkahnya, pembicaraan secara baik-baik sepertinya bukan salah satu gaya dari Trump. Dengan kekuatan militernya, Trump mencoba membuat gentar Xi Jinping (pemimpin RRC) dengan mengirimkan pesan yang berwujud rudal pembom jarak jauh. TS akan sedikit mengulas kekuatan mengerikan milik Paman Sam ini gan sist, kita mulai dari asal usulnya.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

F 16 meluncurkan rudal JASSM.

Sumber



Dekade 1990-an angkatan udara AS (USAF) menginginkan jenis rudal jelajah baru, pada waktu itu Lockheed Martin menawarkan model AGM-158, sementara McDonnell Douglas mengusulkan model AGM-159. Pihak Lockheed Martin memulai pengembangan pada tahun 1995, kemudian 3 tahun berselang. Pihak USAF memilih model AGM-158, Lockheed Martin pun menerima kontrak pengembangan dan produksi dengan nama proyek Joint Air to Surface Standoff Missile (JASSM).


Tahun 1999 tes prototipe pertama rudal ini dilakukan, dan pengembangan selanjutnya selesai tahun 2003. Tahun 2004 produksi pertama dilakukan dan pengirimannya dimulai tahun 2005. Namun rentang 2005-2008, banyak peluncuran misil rudal yang gagal, Lockheed Martin pun terancam kehilangan kontrak kesepakatannya (tidak disebutkan berapa besaran dan durasi kontraknya). Namun Lockheed Martin memperbaiki masalah pada rudal mereka, sehingga tingkat kegagalan peluncuran pun berkurang. Sampai tahun 2010 mereka sudah memproduksi 1000 rudal, dan 4900 rudal siap dikirimkan untuk USAF tahun itu.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Ilustrasi gambar rudalnya.

Sumber




Kehebatan AGM-158 JASSM 


AGM-158 JASSM adalah rudal jelajah dengan akurasi tinggi, perannya adalah menghancurkan sasaran dari jarak jauh seperti target di perbukitan, lembah dan gunung. Tanpa perlu memasukan sebuah jet tempur jauh ke zona pertahanan udara lawan, tugas penghancuran sepenuhnya dapat diemban oleh rudal ini. JASSM generasi 1 ini memiliki jangkauan sekitar 370 km, ditenagai mesin turbojet Teledyne CAE J402-CA-100.


Membawa hulu ledak tipe Explosive Fragmentation (HE-FRAG) seberat 450 kg, rudal ini juga  memiliki sistem navigasi dengan pembaruan GPS, juga menggunakan pencari IR untuk navigasi internal. Rudal ini diklaim AS sangat akurat, USAF melaporkan bahwa AGM-158 memiliki kesalahan akurasi hanya 3 meter saja gan sist. Ketika rudal dibawa oleh pesawat, sayap dan siripnya dilipat, dan akan terbuka setelah rudal dilepaskan menuju target sasaran.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Ilustrasi rudal setelah diluncurkan, akan membuka seperti ini.

Sumber.



Perjalanan rudal ini ditempuh dengan kecepatan subsonik, dan lebih sulit untuk mendeteksi dan mencegat rudal ini di uadara karena mengurangi penampang radar dan IR Kemampuan ini membuatnya lebih mudah dalam mengatasi sistem pertahanan udara canggih, seperti  S-300 dan S-400 buatan Rusia. Rudal ini khusus ditembakan untuk menghancurkan negara yang mempunyai sistem pertahanan canggih, walau sering dibawa dalam misi ke Timur Tengah. Rudal ini baru resmi diluncurkan untuk kepentingan militer pada 2018 kemarin, ISIS dan Suriah menjadi yang pertama kali merasakan kengerian rudal JASSM ini.


Pesawat yang bisa membawa rudal ini adalah pesawat pembom seperti B-1B Lancer. B-1B Lancer dapat membawa 24 JASSM, B-2 Spirit dapat membawa 16 rudal, sedangkan B-52H Stratofortress dapat membawa 20 rudal. Rudal ini juga dapat dipasang pada F/A-18E/F, F-15E dan F-16. Pesawat tempur tersebut dapat membawa satu atau dua rudal serangan darat ini. Satu rudal AGM-158 berharga sekitar US$ 850.000 atau sekitar Rp 11,7 miliar. Selain AS tercatat 3 negara ikut menggunakan rudal ini, negara itu antara lain: Australia, Finlandia dan Polandia.



Perkembangan AGM-158 JASSM


Versi pertama rudal ini dihentikan produksinya pada tahun 2015, produk awal ini diberi nama AGM-158 JASSM A. Lockheed Martin pun mengembangkan versi kedua dan diberi kode huruf B, atau biasa disebut AGM-158 JASSM ER (Joint Air to Surface Standoff Missile Extended Range).


Pembuatan dan pengembangan versi kedua ini sudah dimulai sejak tahun 2006, kemudian tahun 2011 mulai diproduksi dalam jumlah terbatas. Tahun 2013 pihak pembuat yakni Lockheed Martin bersama USAF menyelesaikan tes dan evaluasinya. Tahun 2014 pihak USAF pun mulai menggunakan rudal ini.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Wujud rudalnya seperti ini gan sist.

Sumber



JASSM-ER memiliki jangkauan lebih luas dari pendahulunya, mencapai 930 km. Versi kedua ditenagai mesin turbofan Williams International F107-WR-105, jarak jelajah mencapai 925 km, dan hulu ledaknya memiliki berat 450 kg. Dari luar kedua varian ini terlihat sama gan sist, yang membedakan adalah daya jelajah dan mesinnya.


Kedua varian AGM-158 A dan AGM-158 B sama-sama memiliki ukuran yang sama, panjang mencapai 4,27 meter, lebar bentang sayap 2,4 meter dan bobot mencapai 1 ton. Tak disebutkan secara pasti berapa kecepatannya, tapi diberitakan kedu rudal ini melesat dikecepatan subsonic. Harga AGM-158 B JASSM-ER tentu lebih mahal, yakni mencapai US$ 1,32 juta.



Debut JASSM dan JASSM-ER Untuk Menggempur ISIS


Debut AGM-158 JASSM A terjadi saat digunakan dalam serangan AS/NATO ke Suriah pada 14 April 2018. Dua unit pesawat B-1B Lancer menembakkan 19 JASSM, sebagai bagian dari serangan terhadap tiga basis pemerintahan Suriah yang diduga sebagai lokasi penempatan senjata kimia.


Menurut media dari Rusia, dua rudal yang gagal meledak ditemukan oleh militer Suriah dan dibawa ke Rusia pada tanggal 18 April untuk dipelajari lebih lanjut. Laporan awal mengatakan bahwa rudal yang digunakan ke Suriah adalah JASSM-ER, setelah ada klarifikasi oleh USAF. Sebenarnya yang digunakan pertama kali adalah varian dasar (AGM-158A), meski yang digunakan rudal jadul buatan 90-an, Xi Jinping tentu tidak boleh berleha-leha melihat fakta kejadian dua tahun lalu. Meski 2 rudal gagal meledak, tapi sistem pertahanan Suriah tak kuasa mendeteksi rudal tersebut.


Konflik ISIS di Timur Tengah dimanfaatkan dengan baik oleh AS untuk menguji senjatanya, giliran sang adik yang bertugas. Rudal AGM-158 B JASSM-ER diluncurkan pada 27 Oktober 2019, rudal jelajah dilepaskan ke kawasan Barisha untuk menghancurkan basis pimpinan ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi. Sejumlah AGM-158B digunakan untuk meratakan tempat itu, tidak disebutkan secara pasti berapa rudal yang ditembakan. Tapi yang pasti ISIS lagi ketiban sial, karena jadi kelinci percobaan rudal jelajah milik AS.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Sumber


Debut sang adik menandai kedua kalinya rudal JASSM ikut terlibat dalam operasi militer. Dulu tidak diberitakan ada rudal yang gagal meledak, itu berarti sang adik berhasil menjalankan tugas dengan sempurna. Jadi apakah Xi Jinping akan gentar dengan hal ini ? Mengingat Guam sangat dekat dengan wilayah LCS, dan disanalah bersemayam B-1B Lancer yang membawa pesan dari Uncle Trump.


JASSM atau JASSM-ER yang sebenarnya dibawa B-1B Lancer ke Guam ? Hal ini masih menjadi tanda tanya, tapi sudah dikonfirmasi bahwa Uncle Trump mengirim JASSM 158 ke pangkalan militer AS di Guam. Hal ini diperlihatkan oleh situs TheDrive.com (10/5/2020), dalam unggahan fotonya memperlihatkan sebuah rudal yang dipasang pada B-1 Lancer. Foto ada dibawah gan sist.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

B-1B lancer dipasangi rudal JASSM.

Sumber





Rute Perjalanan B-1 Lancer


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Pangkalan militer AS di Guam.

Sumber



Seperti yang banyak diberitakan gan sist, empat pesawat B-1B Lancer sudah terbang dari sarangnya di Lanud Dyees (Texas), dan sekarang sudah berada di Lanud Andersen (Guam). Meski dikemas dalam misi latihan, tentu tidak begitu saja mengurangi kecurigaan media tentang kehadiran pesawat bomber legendaris ini. Dimana disetiap kehadirannya pasti selalau berkaitan dengan rudal jelajah jarak jauh milik AS.


Untuk menuju LCS, pesawat B-1B Lancer kemungkinan akan melewati wilayah udara Filipina. Pesawat bomber ini bisa membelah wilayah uatara dan selatan Filipina, jika memang Uncle Trump sudah memberi aba-aba. Mereka bisa lewat rute selatan mapun utara, dengan 4 pesawat bomber yang sudah stand by. Mengirimkan 2 pesawat untuk lewat jalur utara dan sealan bisa jadi pilihan, mengingat rute ini sama-sama dekat dengan LCS.



AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Perkiraan rute pesawat B-1B Lancer.

Sumber



Meski akan dipensiunkan ditahun 2036 mendatang, tapi pesawat ini tak bisa dirmemehkan gan sist. B-1B Lancer dapat terbang sejauh 9.400 km, jangkauan jelajahnya bisa bertambah berkat dukungan air refueling model boom (seperti pada F-16 Fighting Falcon). Ketinggian terbang maksimum mencapai 18.000 meter dan punya kecepatan menananjak sampai 28,84 meter per detik.


B-1B Lancer ditanami empat mesin turbofan General Electric GE F-101-GE-102 afterburner. Setiap mesin mampu menghasilkan daya dorong 13.605 kg. Pesawat pembom dengan sayap model swing-wing (sayap sapuan variabel) ini dapat melesat dengan kecepatan jelajah mencapai Mach 0.92 dan kecepatan maksimum Mach 1.25. Pesawat ini kerap kali digunakan untuk membombardir basis ISIS di Suriah.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

Foto pas lepas landas gan sist.


AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping

B-1B Lancer saat mengudara, bentuknya mantul gan sist emoticon-Belo

Sumber



Melihat catatan mentereng dari rudal maupun pesawatnya, apakah ini akan membuat Xi Jinping akhirnya gentar ? Menarik untuk menunggu kelanjutan drama LCS ini gan sist, terlebih menantikan respon RRC yang kini begitu mesra dengan Rusia dalam pengembangan alutsista militer.


Tapi sejujurnya TS kembali berpikir suatu hal yang penting, apakah perang akan benar-benar kembali terjadi ? Meski kemungkinan ke arah sana kecil, karena kedatangan pesawat bomber AS bisa jadi hanya untuk gertakan saja. Tapi tak menutup kemungkinan gertakan itu akan menjadi kenyataan.



Saya pikir hidup damai setelah meraih kemerdekaan itu tidak sepenuhnya akan terjadi, nyatanya masih banyak manusia yang ingin menciptakan kegaduhan dan huru-hara. Manusia terkadang memang susah untuk dimengerti, apakah perang adalah cara terakhir untuk menyelesaikan kegaduhan ini ?



Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image


Astaghfirullah ... emoticon-Cendol Gan
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:36
Quote:Original Posted By abk3304157
waduh klo sampe pd3 ngeri juga gan, emoticon-Takut


corona saja sudah ngeri gan, apalagi kalo perang emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By kily89
Nih yang bikin thread fans mamarika pasti... Dibuat seolah" Mamarika pembela kebenaran... Dateng jauh" Buat ngebela negara asean karena kasian (tanpa pamrih), melawan ISIS (padahal penyebabnya juga si mamarika)...


ane cuma menyampaikan apa adanya saja, serba salah ya, kalo mau memberi berita benar dikira pembela Paman Sam.


bisa kunjungi link referensi kalo merasa tidak puas, itu pun kalo agan mau. ane cuma suka militer dan ane ingin menghidupkan formil dengan tulisan ini emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By Junmai92
Ibaratnya udah dikasih kode kenceng nih China sama si Amerika Serikat wkkkw


ane ragu kalo sampe perang gan emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By metrysmahardika
Yg ane ga habis pikir, duit segitu banyak hanya utk 1 rudal dan diledakkan pula. Kasih ke ane aja dah. Buat ane nyalon bupati.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


ane ikut jadi tim sukses kalau agan mau mencalonkan diri emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By Golday338
Rusia jackpot itu dapet rudal 2 biji


lumayan buat diteliti gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By bl0job
jadi ingat ama game arcade carrier wing, boss pertama typenya B1-Bemoticon-Ngakak


masuk game juga ternyata, baru tahu emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By koementatoer
masih kalah sm senjata paling mematikan yg telah teruji meruntuhkan banyak kerajaan besar di muka bumi.... HARTA, TAHTA& WANITAemoticon-Ngakak


masih kalah lagi sama sarmat gan, 3 hal itu bakal hilang dalam waktu kurang dari 15 menit kalo si sarmat udah siap keluar.



Quote:Original Posted By bauasemloe
perang jadi duit...


alutsista laku keras karena perang
0 0
0
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:41
Quote:Original Posted By zomage.ops
Tanya, Indonesia punya gak rudal sejenis ini?


tentu saja tidak,


Quote:Original Posted By klateam
Rudalpun canggih, ekspansi ke luar angkasa, alutistanya mntereng, teknologi wahid...

Lawan makhluk sekecil micro kelabakan...

Bgitulah...anomalinya..

Heavy Gauge~kisah batas normal.


kisah yang menarik gan, sebenarnya AS sudah ketinggalan jauh sama Rusia dibidang persenjataan.



Quote:Original Posted By ibelindua
Cina mulai rese. . . . kudu pretelin dulu giginya biar ga gigit sana sini emoticon-Ngakak


karena lagi mesra dengan Rusia, menyebabkan mereka agak lupa daratan gan



Quote:Original Posted By kratos2223
2 negara t4i

Asu : hegemoni,sok suci,arogan,mrasa plng bnar,hobi intervensi

Cina : lg pamer2ny

emoticon-Cape d...


Cina merasa superior karena dibekingi Rusia



Quote:Original Posted By d4lij0
bakalan seru neh.... emoticon-Turut Berduka


cukup nonton saja gan emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By decodeca
Rasanya perang rudal bakal lama jadinya. Perang virus yang bakal terjadi..terbukti sukses kan ngancurin ekonomi. Virus made in china udah ngobrak ngabrik ekonomi 1 dunia. Ngapain bikin senjata jutaan dolar.


kedepan mungkin akan jadi perang penangkal virus emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By krisnanda99
Memang AS dari dulu ngga main" masalah keamanan negara, Russia juga sama" ga mau kalahemoticon-Big Grin


sama2 punya kepentingan sendiri2 gan


Quote:Original Posted By edox_in
Jangan sampe meledak di negara kita gan😢


gak kak gan, selama ini negara kita kalem, gak suka rusuh
Diubah oleh si.matamalaikat
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:49
Quote:Original Posted By lupis.manis.
Gw jadi ingat Soviet dan Nazi Jerman..

Sama2 berinovatif soal teknologi serta kemajuan negaranya hingga menjajah negara lain.
Tapi ya gitu lagi2 disikat Sekutu karena terlalu berambisi.

Disini China ada kemiripan bedanya mencoba cara lain dengan tetap mengedepankan inovasi dan tech dari hasil copy serta bukan lagi menjajah langsung negara tapi memakai prinsip kapitalisme sekutu.

2-2nya coba cara masing2 mengamankan keuntungan pribadinya.

Ini bisa jadi berakhir seperti Soviet dimulai dengan perang dingin atau malah berakhir seperti Jepang dengan bom atom.

Perang itu macam kontrol antar negara biar tidak over limit atau over teritory.


perang masih terjadi, tapi dengan cara yang berbeda ya gan. mungkin kita hanya bisa melihat dan menunggu hasil dari perang ini,




Quote:Original Posted By smoothx
Seperti kata om .....
"ONLY DEATH PEOPLE CAN FELL THE FREEDOM"


mantap kata2nya gan, ane rasa juga begitu


cek kulkas emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Quote:Original Posted By johanbaikatos
Daya deterennya yg mancap


lumayan gan buat menggebrak timur tengah yang sistem udaranya belum begitu canggih



Quote:Original Posted By BamzDelonge
ini untuk apa gan ? emoticon-Big Grin


untuk main bom2an gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By ageN.Dosa
biaya beli rudal kalo di buat beli cendol ama kerupuk bawang dapat berapa ya brey emoticon-Leh Uga


agan bisas beli pabrik pembuatnya beserta karyawannya emoticon-Malu




Quote:Original Posted By ramablb4
Kirain bakal pakai blackbird pesawat tercepat di dunia


gak sembarangan pesawat bisa dipasang gan


Quote:Original Posted By liverint13
Ini kira-kira seperti yang dipakai di film korea Steel Rain ya?


kurang tahu juga gan, karena ane belum nonton filmnya. mungkin saja beda, cmiiw


Quote:Original Posted By rh2110
berasa ngeliat pesawat alien liat lancer


desainnya unik gan, dimana sayapnya bisa ditekuk juga saat kecepatan tinggi.
Diubah oleh si.matamalaikat
0 0
0
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:50
Bukan tidak mungkin, perang akan benar-benar kembali terjadi gan
0 0
0
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:50
Horeeee....
0 0
0
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 15:52
mantap kali ya rudalnya.. apalagi yg versi kedua, hampir bisa menjelajahi sejauh 1000 km.. udah kaya dr ujung banten sampe ujung banyuwangi tuh.. hehe
0 0
0
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 16:00
Quote:Original Posted By djinggo88
Sbenarnya klo cina gak halu tentang 9dash line itu

Ini semua gak perlu terjadi

Serakah bukan sifat baik anak2

Buat negara2 lain tergantung dng hutang dri china saja sbenarnya udah cukup


mungkin ini salah satu cara mereka menekan pihak yang berhutang, dengan bikin ribut masalah LCS. cmiiw gan



Quote:Original Posted By felixivan
Ane nunggu aja itu rudal meluncur karna negara kontroversial yang 1 ini emoticon-Embarrassment


ane ragu bakal meluncur gan emoticon-Bingung (S)



Quote:Original Posted By otakgakdipake
DAH, JANGAN BERPERANG HANYA KARENA NAMA LAUTAN/REBUT LAUTAN.GANTI SAJA NAMANYA JADI LAUTAN ASIA.


sebenernya sah2 aja gan mau disebut apa pun juga, yang jadi pembeda hanya batas garis ZEE tiap negara saja emoticon-Big Grin

masalah garis batas saja bisa sampe begini emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By pitung81
Belum ada misil atau senjata lain yg bisa mengcounter AGM ini kah?


dari beberapa sumber belum ada gan, mohon koreksinya kalo salah. kemungkinan sistem S 400 Rusia bisa nyegat rudal ini, cmiiw.



Quote:Original Posted By PriaBertopeng
Klo Indonesia bawa apa gan ke laut natuna utara?


cuma mengandalkan radar vera-ng, kemungkinan bakal bawa kapal penyapu ranjau, sama rudal rhan juga kalo misalnya sudah selesai. hanya opini ane emoticon-Nyepi




Quote:Original Posted By santuyman22
kenapa kirim pesannya ga lewat wa aja sih, apa karena china ga pake wa kali yak 😁


karena kalo di WA biasanya centang biru saja gan emoticon-Hammer (S)



Quote:Original Posted By kwh88
Ini beda lagi sama B52 ya gan? Kalau beda versi berarti pembom Us banyak banget silumat, b52 dn ini


beda gan, seingat ane ada 3 varian (cmiiw). dan pakai huruf B semua, tapi B1-B rencananya akan segera pensiun 10 tahun lagi.



Quote:Original Posted By theplacemaker
Untung masih 'pesan singkat' bukan 'pesan panjang tanpa akhir'


kalo pesan panjang, capek ngetiknya gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By tatikartini
Astaghfirullah ... emoticon-Cendol Gan


ada apa ya ukhti ?
profile-picture
santuyman22 memberi reputasi
1 0
1
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 16:27
tidak ada pemenang dalam perang tapi perang kadang tak terhindarkan

ada duit disana pengusaha perang suka perang

yang susah rakyatnya
0 0
0
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 16:37
apakah data itu akurat gan...rudal tidak terdeteksi system pertahanan canggih S400???setau saya yg digunakan di suriah s300
0 0
0
AGM-158 JASSM, 'Pesan' Dari Trump yang Dibawa Pesawat B1-B Lancer Untuk Xi Jinping
08-08-2020 17:02
nah, silahkan berhitung wahai kaum yang hobi teriak2 perangi amerika...

emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia