quae
TS
quae
Benarkah Nama Betawi Berasal Dari Sebutan Bau Tahi?

source image Satu Jam

Selamat Pagi Gan/Sist!
semangat beraktivitas!

Di dalam thread kali ini, penulis akan membahas asal-usul nama Betawi yang santernya sih katanya berasal dari sebutan Bau Tah* emoticon-Shutup

OK! Selamat Membaca!


Berawal dari salah satu Kaskuser yang berkomentar di salah satu thread saya mengenai semakin panasnya kawasan LCS dan akhirnya saya memutuskan untuk menulis sebuah skenario seperti ini, Skenario Terburuk, Pecahnya Perang Dunia III!

Spoiler for tehe:

Di bawah ini adalah beberapa percakapan kami mengenai sejarah dan asal-usul kata Betawi yang sepertinya memang berasal dari kata “Bau Tahi” mohon maaf bila ini jorok tapi sekotor-kotornya sejarah masa lalu kita tetap punya kewajiban untuk mengingat dan menggenggamnya erat-erat.

Masih ingat dengan kalimat legendaris yang keluar dari mulut Sang Proklamator? Gan/Sist di sini masih pada ingat tidak? Ok saya ingatkan lagi bagi mereka yang telah lupa, kata-katanya seperti ini. Jas Merah, “jangan sekali-kali melupakan sejarah” kurang lebih seperti itu. Sejarah adalah salah satu tonggak dari budaya, sementara budaya adalah harga diri bangsa. Dengan kata lain negara yang menolak sejarah kelam ataupun kotornya sama saja dengan negara tersebut membuang harga dirinya.

Nah maka dari itu sudah sepatutnya pemerintah secara resmi meminta maaf atas tragedi pembantaian jutaan orang paska peristiwa G30SPKI, kita menyebutnya sekarang dengan Peristiwa Pembantaian PKI tapi kurasa itu tidak etis dan tidak beradab. Komnas HAM saja hanya memperhatikan golongan tertentu, apalagi Komnas Anak!

Jika Pemerintah Negara Indonsia ingin Indonsia maju terbebas dari gonjang-ganjing politik, hukum, sejarah masa lalu sudah sepatutnya Pemerintah Negara Indonsia MOVE ON dari hal-hal tersebut. Move On bukan berarti melupakan, menghapus keberadaannya dan itu salah menurut saya pribadi. Move On itu adalah keadaan dimana kita telah benar-benar mampu berdamai dengan masa lalu dan itu artinya Move On sama dengan kita berdamai dengan masa lalu. Siapa nih yang gagal Move On?

Sekarang kita catat saja siapa yang suka berkoar-koar tentang PKI di depan media. Selama PKI masih bisa untuk dikambinghitamkan kenapa tidak? Itulah mindset kita! Jadi sekarang siapa yang PKI?

Waduh penulis jadi ndlewer kemana-mana, mohon maaf ya jadi lama dan panjang. Di bawah ini adalah percakapan penulis dengan Kaskusers yang penulis sebutkan di atas.

Spoiler for riwayat obrolan:

Ok sekarang kita akan masuk ke pembahasan lengkapnya. Saya mengambil referensi materi ini dari situs SejarahJakarta.com mohon untuk disimak baik-baik. Terima kasih banyak atas pengertiannya.


source image Sejarah Jakarta

Quote:

Setelah membaca ini, Gan/Sist lebih setuju yang mana? Lisan atau tulisan? Kalau menurut penulis pribadi ini perlu dilakukan kajian sejarah agar tidak terjadi simpang siur yang berlarut-larut.

Kita tahu bahwa tidak semua sejarah lisan (babad, syair, folklor, dll) bersifat objektif, jadi jika hanya menggunakan satu sumber yakni syair perang Cirebon penulis rasa masih kurang dan terkesan masih prematur. Jadi penulis pun kemudian mencari referensi lain.

Quote:


Beberapa pendapat lain mengenai asal-usul kata Betawi, seperti berikut.

1. Nama Tanaman


Cassia glauca.(SHUTTERSTOCK)
Quote:


2. Pitawi


Candi Batujaya, Karawang (Wikipedia)
Quote:


3. Giwang


Giwang Emas (BukaLapak)
Quote:


4. Batavia


Batavia 1780 (Wikipedia)
Quote:

Dari beberapa uraian di atas Gan/Sist lebih setuju yang mana? Jangan bilang yang Bau Tah* emoticon-Shutup

Kalau penulis pribadi mempunyai dua pendapat yakni kalau bukan Batavia ya Bau Tah* karena pada dasarnya bunyi suaranya hampir sama dengan kata Betawi. Ingat ya, di Indonesia menamai suatu wilayah dengan nama tertentu itu karena telah terjadi suatu peristiwa atau pun hal-hal aneh lainnya.

Contoh sederhana, seperti asal-usul nama Kota Semarang berasal dari sebutan Asem Arang-arang, kalau tidak salah adalah Sunan Pandanaran yang menamai daerah tersebut dengan nama Semarang karena beliau heran kenapa pohon asem di situ tumbuhnya saling berjauhan atau yang dalam bahasa jawa disebut dengan arang-arang.

Oke cukup sekian thread kali ini, bila ada kata yang menyinggung mohon dimaafkan ya karena itu sengaja, eh becanda maksudnya. Tapi rasanya tidak ada di dalam thread kali ini.

emoticon-I Love IndonesiaMARI BERDISKUSI!emoticon-I Love Indonesia


TERIMA KASIH!
buat siapa saja yang sudah mampir ke thread ini.


REFERENSI
Sejarah Jakarta | Kompas | Jejak Tapak
Otak Penulis


Thread ini disponsori oleh :
Diubah oleh quae 06-08-2020 08:32
vegasigitpindramamothraliakbarrr
raliakbarrr dan 36 lainnya memberi reputasi
33
8.4K
349
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.